Ada banyak banget anak Indonesia yang berbakat dan terkenal di manca negara karena karya mereka yang luar biasa. Agnes Monica misalnya.

Namun, nggak cuma Agnes saja yang bisa bikin kamu bangga. Meskipun jauh dari spotlight ala dunia selebriti, 4 anak Indonesia di bawah ini juga menggunakan bakat dan karya mereka untuk memperkenalkan Indonesia ke mata dunia. Kita lihat yuk, siapa saja figur-figur inspiratif ini!

1. Di bidang stand up comedy kita punya Pandji yang wit-nya nggak perlu diragukan lagi

 

Siapa sih yang nggak kenal sama Pandji? Pria yang satu ini amat akrab dengan candaan khas Indonesia yang cerdas dan nggak cheesy. Dengan stand up comedy nya Pandji sudah mengobarkan semangat anak muda Indonesia untuk berkarya. Banyak materinya yang gak hanya menginspirasi, tapi juga menggerakkan kita untuk maju dan memperbaiki Indonesia agar terus lebih baik lagi!

2. Maria Tri Sulistyarini punya Papermoon puppet. Boneka kertas yang memainkan kisah soal sejarah Indonesia

Ria Papermoon adalah seorang wanita kreatif yang telah menciptakan teater boneka “Papermoon Puppet Theatre” yang telah mendunia. Perempuan yang memiliki nama asli Maria Tri Sulistyani ini mendirikan Papermoon Puppet Theatre sejak tahun 2006. Papermoon Puppet Show sendiri adalah sebuah pertunjukan boneka yang bisa disaksikan oleh penonton dewasa yang mengangkat kisah-kisah Indonesia.

Cerita-cerita yang diangkat pun cerita ringan, dan tema yang diangkat adalah cerita sejarah di tahun 1965. Pertunjukan boneka ini mendapat apresiasi yang luar biasa di sejumlah negara loh, seperti Malaysia, Singapura, India, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

 

3. Tidak hanya Mocca yang gaungnya terdengar di Asia, White Shoes and The Couples Company bahkan sampai ke Amerika dan Eropa

Band yang berdiri tahun 2002 ini sanggup menembus pasar Amerika. Bahkan, album perdana mereka dirilis oleh Minty Fresh, label asal Chicago. Bahkan, mereka pernah menyambangi negeri Paman Sam ini dua kali pada tahun 2008, untuk CMJ Music Marathon dan SXSW Music Festival. Tidak sampai di Amerika saja, mereka juga pernah mengadakan tur Eropa di tahun 2012 di Perancis dan Belanda. Kita mesti bangga karena bahasa Indonesia bisa didengarkan dan dinikmati oleh masyarakat luar negeri lewat lagu-lagu mereka.

4. Ada yang tahu Nusantara Ranger dan komiknya? Mereka memperkenalkan Indonesia lewat komik dengan bumbu cerita khas Indonesia

Merasa prihatin karena anak muda Indonesia tidak punya role model lokal yang bisa dibanggakan, Shania dan Tamalia akhirnya mencetuskan ide untuk membuat komik yang dekat dengan cerita pahlawan Indonesia.

Cerita yang terinspirasi dari kisah pahlawan di berbagai daerah Indonesia ini kemudian mereka tuangkan dalam bentuk komik yang kini bisa kamu nikmati secara gratis di web nusantararanger.com

Dari cita-cita menciptakan pahlawan lokal yang tak kalah okenya dari One Piece atau Power Ranger kini komik Nusantara Ranger sudah mulai bisa dinikmati secara online oleh penikmat komik di mancanegara.

Untuk berkarya, kamu gak perlu harus menjadi sehebat mereka kok. Yang penting adalah niat dan usahanya! Seperti mereka ini yang udah ikutan Aksi Nasional Tinju Tinja dan menyumbangkan karya mereka untuk melawan buang air besar sembarangan di Indonesia, di galeri ini!

Gak ngerti kenapa buang air besar sembarangan (BABS) itu berbahaya? Dibaca dulu di sini.

Kamu bisa berkolaborasi untuk UNICEF dan Indonesia dengan bikin video. Sekadar menyumbangkan idemu lewat tulisan juga boleh. Sharing foto-foto keindahan Indonesia yang perlu dijaga dan tak boleh dirusak oleh bahaya BABS.. Oke juga! Bikin poster menyebarkan soal bahaya BABS untuk dipajang di sekolah dan puskesmas? Monggo!

Yang penting adalah setiap aksimu, seberapapun besar dan kecilnya, akan membantu banget dalam usaha Indonesia melawan ancaman BABS yang sudah terlalu lama menyerang Indonesia! Udah waktunya kita merdeka dari BABS, yuk bekerja sama!