Apakah kamu percaya dengan aji mumpung? Percaya boleh, tapi sebenarnya di balik ketenaran selebriti yang mungkin sekilas terkesan hanya viral dan mencari sensasi, pasti ada ‘ilmu’-nya. Ada manajer, ada produser, dan proses rumit dibalik tenarnya nama mereka. Contoh paling mudah adalah Vicky Prasetyo. Siapa yang bisa melupakan bagaimana gaya borjunya ketika melamar Zaskia Gothic. Dengan Bahasa Inggris belepotan dan fakta bahwa ternyata dia bukanlah orang kaya bergelimang harta seperti yang dicitrakannya, membuat orang-orang jadi geram. Tapi kok sekarang Vicky justru malang melintang di televisi dan tenar bak selebriti ya?

Tenang, ada jawaban dari semua pertanyaan. Yang jelas, mereka yang terkenal bukanlah orang yang selalu disukai. Lalu nyatanya, soal bagaimana orang terkenal disukai publik terkadang hanya soal waktu. Inilah yang menurut istilah jawa disebut witing tresno jalaran saka kulino atau seka karena terbiasa. Daripada tebak-tebak buah manggis mendingan kamu simak siapa saja dan bagaimana bisa deretan bintang ini tenar lewat kontroversi, dan sensasi ya? Semua sudah dirangkum oleh Hipwee News & Feature.

Vicky Prasetyo, si penyair yang playboy. Meski banyak yang protes dan bilang ‘stop make stupid people famous’ nyatanya yang pintar-pintar memang nggak pernah bisa semenarik itu di mata publik

ngat nggak istilah twenty nine my age? via www.kapanlagi.com

Advertisement

Terkenal lewat kontroversi tunangannya yang gagal dengan Zaskia Gothic, Vicky Prasetyo kembali jadi sorotan setelah mengguncang stasiun televisi dengan adegan romantisnya berenang di lautan demi Angel Lelga. Singkat cerita mereka berdua kemudian mengadakan acara pernikahan ala  negeri dongeng. Banyak yang menyindir, banyak pula yang terhibur. Terlepas dari itu semua, acara pernikahan Vicky-Angel yang dibroadcast stasiun tivi lokal bisa berhasil dan disaksikan jutaan pasang mata. Nama Vicky pun makin tenar, makin mengalir pula cuannya. Kalau sudah terkenal begini, sayang banget untuk nggak diteruskan mejeng di acara-acara televisi. Sekali talkshow saja bisa jutaan rupiah lho honornya.

Nikita Mirzani, namanya mulai dikenal semenjak terlibat skandal dengan mantan pacarnya. Kini jadi idaman kaum pria

Kini Nikita justru lebih sukses dari sang mantan pacar via indowarta.com

Mengawali karir sebagai seorang model, nama Nikita Mirzani melambung sejak skandalnya dengan vokalis band The Potter. Semenjak saat itu ibu beranak dua ini pun banjir tawaran, mulai iklan hingga talkshow dan film layar lebar. Nikita pun lekat dengan image seksi karena seringkali memamerkan tato di tubuhnya dan mengenakan pakaian minim. Kini Nikita pun dikenal luas layaknya artis papan atas dan tentunya jadi idaman pria karena keseksiannya.

Mendiang Julia Perez juga memanfaatkan namanya yang terlanjur tenar untuk terus bersinar. Strategi ini toh sah-sah saja

Di akhir hidupnya Julia Perez dikenal sebagai idola sekaligus kawan yang baik via www.mirror.co.uk

Mengawali karir hiburan sebagai model majalah FHM dan MAXIM di Prancis, nama Julia Peres tiba-tiba tenar di Indonesia. Tentunya selain karena hubungan romantisnya dengan Demian Perez yang sempat jadi buah bibir masyarakat. Seiring berjalannya waktu, banyak tawaran yang membawa nama Jupe dikenal luas. Diantaranya menjadi host acara komedi, menyanyi dangdut, hingga berakting di layar lebar.

Masih ingat Norman Kamaru? Sempat berusaha mempertahankan ketenaran dan rela copot jabatan, nyatanya kurang beruntung

Nggak semua skenario viral melahirkan bintang yang ketenarannya berlangsung lama via mojok.co

Advertisement

Pada medio 2011 Briptu Norman Kamaru asal Gorontalo mendadak jadi selebritis sejak video lipsyncnya viral di media sosial. Seringnya Norman tampil di layar kaca justru membuat profesinya sebagai polisi terganggu. Ia pun memutuskan untuk fokus di dunia hiburan. Nyatanya memanfaatkan nama tenar untuk jadi selebritis memang tak selalu semudah kelihatannya. Karir Norman Kamaru redup setelah ia tak lagi berseragam, perlahan ia namanya pun hilang dari dunia hiburan.

Viralnya video seorang istri yang minta diajak ke mall, menjadikan nama ‘Mpok Alpa’ makin tenar dilanjutkan ke dapur rekaman dangdut

Mungkin secara nggak langsung Nina Mpok Alpa sudah menyampaikan keresahan para istri di Indonesia via www.youtube.com

Belum lama ini seorang perempuan yang curhat di media sosial jadi buah bibir warganet. Pasalnya dalam video tersebut ia melontarkan gumaman khas betawi tentang keresahannya yang nggak pernah diajak ke mall walau sudah dandan menor. Bahkan perempuan yang kemudian disebut Mpok Alpa ini menyebutkan ia sudah bahagia walau diajak ke ‘Alpa’ alias Alfamart. Statemen ini langsung disambut baik oleh Alfamart untuk memberikannya voucher belanja. Namun dibalik semua itu, ternyata Mpok Alpa yang punya nama asli Nina ini merupakan seorang penyanyi dangdut. Mumpung tenar, ia pun diorbitkan untuk rekaman lagu dangdut dengan lirik yang hampir serupa dengan keresahannya di video. Apakah ngetopnya Mpok Alpa akan berlangsung lama? Kita simak aja guys.

Awalnya Syahrini penyanyi biasa. Setelah banyak dibicarakan karena hubungan asmaranya dengan Anang dan cara ngomongnya yang ‘seperti itu…’ sekarang namanya makin tenar

Syahrini juga lekat dengan image sosialita karena gaya hidup mewahnya via news.liputan6.com

Sebelum berduet dengan Anang Hermansyah, nama Syahrini sebenarnya dikenal sebagai seorang penyanyi solo nan seksi. Hubungannya dengan Anang Hermansyah yang kemudian gagal justru mengorbitkan namanya jadi penyanyi nyentrik yang terkenal dengan celoteh genitnya. Mulai dari ‘seperti itu…’, ‘maju mundur cantik’, hingga ‘sesuatu’. Awalnya gaya lenjeh Syahrini ini tak banyak disukai dan justru bikin sebagian orang tak menyukainya. Tapi bukankah nggak perlu jadi disukai untuk jadi terkenal? Hingga kini Syahrini justru jadi artis papan atas dengan bayaran yang cukup mahal dan terkenal dengan gaya hidup super mewah. Citra yang melekat pada Syahrini membuat orang-orang juga menyebutnya sebagai Princess Syahrini.

Ternyata nggak hanya di Indonesia kok. Fenomena ini bahkan sudah umum di Barat lewat terkenalnya Kim Kardashian

Awalnya hanya dikenal sebagai asisten dan teman Paris Hilton, kini jadi salah satu bintang reality show paling terkenal di dunia via www.self.com

Banyak orang heran. Siapa sih Kim Kardashian kok jadi setenar itu. Beda dengan Tom Cruise, atau Beyonce yang punya ‘karya’, orang-orang tau Kim Kardashian justru lewat sosial media. Belajar dari gaya kesuksesan Kim Kardashian sebagai orang yang paling banyak difollow di instagram, seorang sosiologis Chris Rojek mengatakan kepada The Guardian:

“Ketenaran bisa diraih dari tiga hal yaitu dari keturunan, dari pencapaian, dan dari yang didapatkan (ascribe). Sementara alasan pertama dan kedua bisa masuk akal, alasan ketiga justru sulit digambarkan dan dipertanyakan.”

Menjadi tenar memang bisa karena keturunan, karena prestasi atau karena sensasi. Meski begitu kita nggak bisa menyalahkan bagimana cara seseorang bisa menjadi tenar. Ketenaran bisa mendatangkan kesuksesan manakala seseorang bisa memanage citra dirinya jadi lebih baik. Tenar karena sensasi bukanlah suatu kebetulan, bisa jadi seseorang memanfaatkan momen dan melesat jadi bintang. Lagi-lagi semua ada ilmunya kok. Manajemen Citra juga salah satu mata kuliah di beberapa jurusan lho!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya