Suka cita menyambut datangnya pergantian tahun nggak boleh membuatmu lengah akan apa yang akan terjadi di tahun depan. Meski mau tak mau masa depan harus dihadapi, renungkanlah sejenak tentang apa yang sedang terjadi pada dunia di sekitarmu dan bagaimana kamu harus pasang kuda-kuda buat menghadapinya.

Berikut ini Hipwee News & Feature akan menyajikan data-data relevan terkait dengan prediksi kekhawatiran masyarakat dunia di tahun 2018. Dilansir dari Futurism dan berbagai sumber lainnya, semoga isu-isu ini nggak akan jadi ancaman yang benar-benar serius ya. Bukannya menakut-nakuti, tapi kami mengajak peka terhadap isu di sekitarmu. Yuk simak!

1. Mis-informasi dari internet dan penyebaran hoax makin sulit terkontrol

Hati-hati di internet via mronline.org

Advertisement

Hingga kini belum ada patokan jitu yang bisa menjamin keabsahan suatu data di internet. Meskipun nggak semua data internet hoaks dan bertujuan menebar kebohongan, tapi tidak ada yang tahu seberapa akurat data tersebut. Kalau sudah begini, provokasi dan apa yang disebut dengan ‘netizen sumbu pendek’ pasti makin mudah berapi-api. Peperangan sudah tidak lagi menggunakan senjata, namun hanya bermodalkan paket data. Hati-hati, jangan mudah terpancing dan emosi di dunia maya ya guys.

Lebih jauh lagi Futurism memprediksikan bahwa akan ada komersialisasi terhadap aliran informasi yang sepenuhnya bisa dikontrol oleh provider dan pemerintah. Lagi-lagi, nggak ada yang bisa menjamin kalau apa yang diblok dan diizinkan oleh pemerintah punya informasi yang valid.

2. Tahu bitcoin ‘kan? Uang digital ini terus mengalami peningkatan dan diprediksi bikin kacau perekonomian dunia

Jadi mata uang termahal via economist.com

Hingga artikel ini ditulis, nilai tukar bitcoin fantastis banget. Satu bitcoin saja sudah setara dengan USD $60,000 lho. Kalau dijadikan rupiah bisa sampai Rp813 miliar lebih. Punya satu bitcoin saja bisa kaya raya. Sayangnya, terobosan ini dinilai bisa mengancam perekonomian negara karena inflasi dan aliran dana digital yang tidak terkontrol. Bank Indonesia bahkan sudah melarang penggunaan bitcoin untuk transaksi dalam negeri. Founder bitcoin dikabarkan sudah menjual bitcoinnya karena merasa uang ini akan makin menggila setahun ke depan. Wow!

3. Ancaman teroris memang nggak pernah bisa bikin orang tidur nyenyak. ISIS bahkan jadi hal yang paling ditakuti orang pada tahun 2017

Teror mengatasnamakan agama via nationalinterest.org

Advertisement

Berdasarkan survei Pew Research Centre, orang-orang di sedunia padatahun 2017 paling takut dengan serangan ISIS. Kelompok teroris bersenjata ini memang mengaku bertanggung jawab atas banyaknya serangan teror, penembakan, dan pengeboman di berbagai negara. Bahkan beberapa warga negara Indonesia banyak yang terlibat dengan kelompok ini.

4. Media sosial akan berbasis live streaming dan video. Layaknya unggahan stories atau real time status

Makin banyak orang ‘hasu konten’ via Mashable.com

Perkembangan pengguna media sosial dan akses internet diprediksikan akan mengarah ke basis video pada tahun depan. Menurut survei pada 2017, 80 persen pengguna media sosial sudah mengenal dan memanfaatkan fitur live streaming. Nah, tentunya persentase ini bakal bertambah lagi di tahun depan. Selain itu, iklan di media sosial mungkin akan kamu saksikan lebih intens dari biasanya. Forbes juga meramalkan teknologi augmented reality bakal diproyeksikan buat pengguna sosial media. Sayangnya, makin seringnya frekuensi orang menggunakan media sosial juga mengancam realita sosial yang terjadi di masyarakat. Seperti yang pernah di uraikan oleh Hipwee News & Feature sebelumnya, banyak dampak psikologis seperti FOMO, kesepian, dan kecemasan yang mungkin akan dialami kebanyakan pengguna media sosial.

5. Ransomware yang menyerang di 2017 akan dipelajari para hacker. Mereka siap melancarkan virus-virus baru  

Ancaman dri dunia cyber via TechRepublic.com

Masih ingat hebohnya kasus wannacry yang menyerang di tahun 2017 ‘kan? Hampir seluruh perusahaan dan kantor sampai mematikan total koneksi internetnya karena ancaman pencurian data dari virus wannacry. Untungnya ancaman ini berhasil digagalkan tidak lama setelah beberapa data personal dan data instansi berhasil dijebol hacker. Belajar dari kegagalan masa lalu, niat jahat hacker mungkin saja jadi ancaman yang lebih mematikan di 2018 nanti. Banyak media-media internasional yang bahkan meramalkan terjadinya cyber war tahun depan. Untuk itu selalu lengkapi perangkatmu dengan antivirus dan sebisa mungkin hindari kesalahan klik spamming ketika berselancar di dunia maya.

Ancaman-ancaman ini bisa jadi peringatan dini buat kita untuk nggak sembarangan melangkah di tahun depan. Dari sekian banyak ketakutanmu akan masa-masa jomblo, ada ancaman global yang meski efeknya nggak secara langsung tapi bisa berimbas ke kehidupan kita juga. Nah, sekarang saatnya menunggu datangnya pergantian tahun sambil menikmati kelip kembang api di langit malam.

Ups… tapi jangan lupakan hal ini juga

Ancaman misil Korea Utara dan sikap sporadikal Amerika

Kim Jong Un vs Trump via cnn.com

Supreme leader Kim Jong Un tampaknya sangat ambisius untuk melakukan berbagai uji coba misil di tahun 2017. Dari sekian banyak misil yang diuji, Korea Utara berhasil menerbangkan misil dengan jarak lebih dari 2,600 mil dan terbang melewati Jepang. Tindakan Korea Utara mendapat kecaman dari berbagai pemimpin dunia termasuk Presiden Amerika Donald Trump.

Terlepas dari uji coba misil, belum genap setahun Donald Trump memimpin Amerika, ia dinilai mengambil banyak langkah gegabah. Seperti mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel yang akhirnya menimbulkan konflik baru, hingga aksi saling ejeknya dengan Kim Jong Un yang jadi ketakutan dunia internasional akan berlangsungnya perang kedua negara. Langkah-langkah sporadikal kedua negara ini pun banyak menciptakan ketakutan dan skenario ancaman di tahun 2018.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya