Hewan raksasa sebesar manusia

Biasanya ukuran cumi-cumi tidak melebihi ukuran tiga jari manusia. Namun, di Pulau Tawi-tawi, Filipina, ada seorang nelayan menangkap seekor cumi-cumi raksasa yang panjangnya melebihi tinggi manusia dewasa. Cumi-cumi tersebut diunggah dalam bentuk video pada akun Facebook Kevin Guevara pada 6 April 2018, dan menjadi viral di dunia maya.

Kemunculan cumi-cumi raksasa bukan hanya terjadi di Filipina. Dilansir dari BBC pada Perang Dunia ke 2 ada seorang nelayan, J.D. Starkey, yang pernah melihat cumi-cumi raksasa dengan panjangnya mencapai 53 meter di pantai Pulau Maladewa. Hingga masih ukuran maksimal seekor cumi-cumi memang masih menjadi misteri dan terus diteliti oleh para ahli.

Advertisement

FYI, ternyata selain cumi-cumi ada juga lho hewan lain yang memiliki ukuran di atas normal. Hipwe News & Feature sudah merangkumnya untuk kita simak bareng!

1. Architeuthis dux atau cumi-cumi raksasa pernah diketahui manusia pada tahun 1639 di perairan Eropa. Baru untuk pertama kalinya pada tahun 2004 seorang ahli bilogi asal Jepang berhasil mengabadikan cumi-cumi raksasa berupa foto

Cumi-cumi raksasa yang berhasil dipotret pertama kali oleh ahli biologi Jepang via www.dw.com

Sampai saat ini cumi-cumi merupakan hewan misterius yang belum terungkap tentang pertumbuhannya. Cumi-cumi besar yang pernah ada diyakini muncul pada tahun 1639 di perairan Eropa. Baru pada tahun 2004 lah cumi-cumi raksasa berhasil ditemukan sekaligus diabadikan dalam foto oleh ahli biologi asal Jepang, Tsunemi Kubodera.

2. Hewan menggemaskan seperti kucing pun juga ada yang berukuran raksasa, guys. Tingginya pun hampir mencapai orang dewasa

Hercules, kucing terbesar menurut Guiness World Record via walyou.com

Hercules, kucing terbesar menurut Guiness World RecordIni dia kucing terbesar di dunia menurut Guiness Record pada tahun 2007. Sang pemilik memberinya nama Hercules karena ukurann tubuhnya yang bongsor karena merupakan kucing hasil kawin silang antara harimau dan singa. Dan, sampai saat ini penyandang rekor kucing terbesar masih dipegang oleh Hercules.

3. Mungkin kita nggak akan percaya bahwa ayam raksasa itu memang ada. Nyatanya Ayam Brahma asal Shanghai China ini tingginya bisa mencapai satu meter, lho.

Ayam Brahma asal Shanghai China via ayamtempur.com

Advertisement

Ayam Brahma sebenarnya sudah ada sejak abad 18. Ayam raksasa asal Shanghai China ini memiliki tinggi rata-rata mencapai satu meter lebih. Ayam brahma termasuk ayam ternak karena daging dan telurnya yang besar. Sayangnya, seiring kemajuan industri makanan ayam Brahma kalah populer oleh ayam boiler.

4. Hewan menggemaskan lainnya yang punya ukuran raksasa adalah kelinci. Bentuknya yang bongsor menajadi pusat perhatian bagi pencinta hewan

Darius, Kelinci raksasa di dunia via zase.mk

Darius, kelinci raksasa ini panjang mencapai 120 centimeter dengan bobot sebesar 19 kilogram. Karena ukurannya yang besar membuat Darius tercatat dalam Guiness World Record sebagai kelinci terbesar di dunia. Dalam sehari Darius bisa menghabiskan 12 wortel dalam sehari dan 4 ribu wortel dalam setahun.

5. Hewan penurut seperti anjing juga bisa tumbuh tinggi bahkan melebihi tinggi orang dewasa seperti yang dipelihara oleh Claire Stoneman di Inggris ini

Freddy, anjing tertinggi di dunia via life.trubus.id

Tercengang. Itulah yang akan kamu alami ketika melihat anjing asal Inggris beranama Freddy yang memiliki tinggi badan mencapai 2,3 meter. Dengan bobot mencapai 92 kilogram, Claire sang pemelihara harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya makan Freddy yaitu sebesar 12.500 poundsterling atau setara dengan Rp225 juta per tahunnya.

6. Ikan tuna yang hobi berimigrasi ini memiliki panjang yang bervariasi. Di Indonesia sendiri ikan tuna raksasa seperti ini juga pernah tertangkap di perairan Sulawesi, guys.

Lebih tinggi daripada orang dewasa via www.onthewater.com

Ikan tuna terkenal sebagai penjelajah samudera, karenanya tak jarang mereka banyak ditemui di perairan berbagai dunia. Seorang nelayan di Bone, Sulawesi Selatan, pernah menangkap ikan tuna raksasa dengan panjang mencapai 180 centimeter dengan bobot 110 kilogram. Dibutuhkan waktu 3-4 jam untuk menangkap ikan tuna tersebut.

Kesimpulannya pertumbuhan mahluk hidup akan terus terjadi selama mahluk itu bernyawa. Berbeda dengan manusia yang memiliki batas pertumbuhan tubuh yakni pada usia 21 tahun, selebihnya akan tumbuh dengan lambat. Pertumbuhan hewan-hewan yang diduga memiliki faktor indeterminate growth ini hanya terbatas lingkungan aja. Tapi kalau habitat aslinya tidak terganggu seperti di laut dalam, hewan-hewan ini bisa terus tumbuh jadi raksasa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya