Suka makan buah? Mungkin selama ini kamu punya cara masing-masing untuk menikmati buah-buah berikut ini, tapi tahu nggak sih kalau ternyata ada hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan agar manfaat buah yang kamu konsumsi bisa lebih maksimal. Nggak cuma dari cara pemilihannya, pengolahannya harus tepat agar nutrisinya nggak terbuang sia-sia.

Daripada terus salah kaprah terus, mending cek dulu nih ulasan Hipwee News & Feature tentang kesalahan yang sering kali terjadi saat mengonsumsi buah-buahan ini. Yuk pelajari biar manfaat penting dari buah nggak terlewatkan olehmu!

1. Pisang berbintik-bintik hitam ternyata manfaat lebih besar daripada pisang yang setengah matang atau kuning mulus. Meski penampilannya kurang menggugah, manfaatnya luar biasa lho

Makin berbintik-bintik ternyata makin bagus lho! via www.trueactivist.com

Advertisement

Jangan keburu memandang rendah pisang yang tak berpenampilan kinclong, karena ternyata nih menurut penelitian para ahli di Jepang, semakin banyak bintik hitam yang terlihat di kulit pisang maka semakin kaya kandungan zat Tumor Necrosis Factor (TNF) yang berfungsi melawan tumor dalam pisang tersebut. Jadi selain kandungan gizinya lebih banyak, zat anti tumornya pun lebih tokcer pada pisang yang benar-benar matang. Pastikan pisang yang kamu makan benar-benar matang dan berbintik-bintik hitam mulai dari sekarang ya~

2. Jangan buru-buru mengupas buah kiwi favoritmu, kulitnya pun ternyata mengandung banyak nutrisi yang sayang kalau terbuang!

Ternyata kulit si kiwi juga banyak gizinya via simple.wikipedia.org

Meski terlihat nggak menarik untuk dimakan, jangan buru-buru mengupas dan membuang kulit buah kiwi dulu guys. Pasalnya dilansir dari eatthis.com, kulitnya punya banyak nutrisi penting yang sayang kalau tak dikonsumsi. Menurut Lisa Moskovitz, R.D., pendiri dari The NY Nutrition Group kulit buah kiwi mengandung serat penurun kolesterol, antioksidan dan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Alih-alih dikupas, sebaiknya cuci bersih aja buah kiwi dan makan beserta kulitnya kalau mau dapat manfaat maksimal dari buah ini.

3. Jangan cuma daging buahnya, konsumsi juga kulit buah apel biar nutrisinya nggak terbuang percuma. Yang penting cucinya harus benar-benar bersih ya!

Jangan buang dulu kulit apelmu! via www.livestrong.com

Sudah jadi rahasia umum kalau pisang kulit buah apel mengandung banyak nutrisi penting yang nggak kalah banyak dari nutrisi di daging buahnya. Kulit apel kaya akan flavonoid, fitokimia, antioksidan, serat dan masih banyak lagi kandungan bermanfaat yang sayang kamu lewatkan. Kalau kamu ragu makan buah apel beserta kulitnya dikarenakan alasan lapisan pestisida dan lilin yang terdapat di kulitnya, kamu bisa cuci dan rendam buah apel di air garam selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih di air mengalir.

4. Sering dibuang, ternyata manfaat manfaat biji semangka juga ada banyak dan sayang kalau tak dimanfaatkan lho

Garam konon bakal bikin semangkamu lebih enak! via www.heirloomedcollection.com

Advertisement

Nggak banyak yang tahu, bahwa biji semangka yang selama ini dibuang begitu saja ternyata kaya kandungan magnesium, zinc, protein dan zat besi yang baik untuk tubuhmu. Alih-alih dibuang, coba deh ikut konsumsi juga bersama buah biar nutrisinya bisa kamu nikmati juga. Jangan lupa dikunyah ya, jangan telan begitu saja. Selain itu, membubuhkan garam di atas semangkamu mungkin akan terdengar agak janggal tapi ternyata garam mampu memberikan rasa yang lebih enak pada buah semangkamu lho!

5. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari buah stroberi, memakannya utuh jauh lebih dianjurkan daripada memakannya dalam bentuk potongan

Kandungan vitamin dalam stroberi konon justru bakal hilang kalau dipotong-potong via littlechoicesmatter.com

Mungkin banyak yang sudah melakukan kesalahan ini sebelumnya, tapi ketahuilah bahwa stroberi yang dipotong akan menyebabkan buah tersebut akan mengekspos mereka pada cahaya matahari dan oksigen sehingga justru mengurangi kadar vitamin C-nya. Cara terbaik mengonsumsi buah ini adalah memakannya utuh, sekali hap. Yang penting ingat cuci bersih buah stroberimu sebelum dimakan ya!

6. Sebisa mungkin, konsumsi buah mentimun bersama dengan kulitnya kalau kamu ingin mendapat manfaat maksimal dari buah ini

Kulitnya juga dimakan ya~ via www.onehundreddollarsamonth.com

Kalau selama ini kamu selalu mengupas bersih buah mentimun, artinya kamu sudah membuang banyak kesempatan mengonsumsi kandungan terbaik dari buah ini yaitu serat dan vitamin A-nya. Buat yang sedang diet menurunkan berat badan, mengonsumsi mentimun dengan kulit juga akan membantu prosesnya lebih cepat lho!

7. Tak kalah dari isinya, kulit buah jeruk juga ternyata kaya nutrisi yang sangat sayang kalau dilewatkan lho! Meski rasanya memang nggak seenak isinya sih

Kulit jeruk jangan dibuang, bisa disajikan jadi topping dulu via www.livescience.com

Dibanding isinya, kulit jeruk memang nggak memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi begitu saja. Tapi ternyata kandungan zat flavonoid yang mampu melawan penyakit justru terkandung paling banyak di kulitnya lho! Jadi selain mengonsumsi daging dan sarinya, kamu bisa keringkan kulit buah jeruk lalu diparut untuk dijadikan topping makananmu, misalnya topping roti selai atau masakan asam manis.

Nah, setelah udah tahu bagaimana memaksimalkan manfaat buah-buah ini, semoga teman-teman nggak salah kaprah lagi ya! Buat yang selama ini masih malas makan buah, yuk lebih rajin makan buah dan sayur biar badan jadi lebih sehat dan fit. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya