Jangan bosan dulu bicara soal Korea Utara. Negara komunis yang dipimpin Kim Jong Un ini seolah nggak kehabisan bahan buat dibahas bareng. Mulai dari hal-hal yang dilarang di sana, sampai hal seserius nuklirnya. Semua selalu berhasil bikin kita makin penasaran buat mengulik negara ini lebih dalam. Apalagi Korut ‘kan dikenal sebagai negara yang paling tertutup. Bahkan pemerintahnya benar-benar menyeleksi siapa aja yang diizinkan masuk ke sana.

Meski nggak semua bisa dan pernah pergi ke Korut, saat ini sih mulai banyak orang yang mendokumentasikan perjalanannya ke sana. Dari cerita mereka bisa disimpulkan kalau Korut ini negara yang miris. Jangan bandingkan sama negara AS yang liberal, atau negara kita yang demokratis. Soalnya jelas jauh beda. Masih ingat nggak kita dulu pernah bahas tentara Korut yang kabur dan di perutnya banyak ditemukan cacing pita karena diduga makanannya dikonsumsi nggak higienis.

Advertisement

Terlepas dari itu semua, ternyata 7+ hal di Korut ini justru jadi bukti kalau ternyata mereka bisa kekinian juga lho. Simak bareng Hipwee News & Feature yuk~

1. Kita mulai bahas dari olahraga yang ternyata dianggap penting bagi Korut. Februari mendatang mereka bahkan akan mengirim 140 delegasinya ke olimpiade musim dingin di Korsel

Kontingen Korut saat olimpiade via www.khmertalking.com

Kalau dari Washington Post, olahraga sejak dulu dianggap Korut sebagai ajang membuat warganya lebih sehat, menciptakan tenaga kerja aktif, dan memperkuat kemiliteran. Kepedulian Korut dalam bidang olahraga juga dibuktikan dengan partisipasinya dalam beberapa kompetisi dunia, seperti yang terakhir kemarin di olimpiade musim panas Rio de Janeiro 2016 lalu. Beberapa atletnya bahkan termasuk disegani di dunia, seperti tim sepak bola wanitanya. Yang terdekat ini, Korut akan mengirim 140 delegasi yang terdiri dari atlet, suporter, penari, sampai jurnalis untuk olimpiade musim dingin di Pyeongchang, Korsel, Februari besok. Korut juga kabarnya bakal mengirimkan grup band pop untuk tampil di olimpiade tersebut! Wah, kita tunggu aja ya.

2. Nggak cuma di bidang olahraga, ternyata stasiun kereta bawah tanah di Korut jauh dari kata miris lho! Mewah banget malah

Staisun metro Korut via www.businessinsider.com

Jangan bayangkan stasiun Korut kotor dan nggak terawat ya. Meskipun dibilang terbelakang, stasiun di negara ini justru jauh dari kata mengenaskan lho. Interiornya bisa dibilang mewah malah. Ya meskipun di setiap sudutnya tetap ada unsur propagandanya, tapi kita tetap nggak bisa menampik kalau stasiun di sana cukup terawat. Saat ini ada 16 stasiun kereta bawah tanah yang ada di Korut.

3. Kalau soal nuklir nggak usah ditanya lah ya. Mungkin bisa dibilang senjata Korut satu itu selevel sama punya AS

Senjata nuklir Korut via www.breitbart.com

Advertisement

Korut sudah dikenal sering ‘coba-coba’ misilnya sejak pemerintahan kakek dari Kim Jong Un. Dari situ bisa dikatakan kalau kemampuan Korut bereksperimen dalam hal senjata nuklirnya nggak perlu diragukan lagi. Tapi di pemerintahan Kim Jong Un ini Korut terhitung lebih sering melakukan percobaan misil lho, dibanding di pemerintahan-pemerintahan sebelumnya. Dari 2011-2017 aja udah 84 kali Korut meluncurkan misil. Sebagai negara terisolasi, Korut tetap mempertahankan eksistensinya di bidang persenjataan.

4. Kalau di pikiran kita namanya negara terisolir ya nggak melek teknologi, tapi Korut ini malah punya hacker-hacker andalan yang tak kalah hebat! Belajarnya darimana ya?

Hacker Korut nggak bisa dipandang sebelah mata via abcnews.go.com

Hacker-hacker di Korut terkenal karena kemampuannya yang brilian, salah satunya mencuri ratusan data rahasia militer dari Korsel, termasuk data strategi perang masa depan Korsel-Amerika Serikat melawan Korut! Bahkan menurut mantan ahli komputer Korut, Jang Se-yul, Korut telah merencanakan serangan siber besar-besar sejak 1990! Ternyata para hacker ini dikirim ke luar negeri untuk jadi programmer lepas. Padahal tujuannya untuk membongkar informasi terkait kemananan nasional negara lain. Gila ya…

5. Obsesi Korut pada hal-hal tertentu ternyata juga dipengaruhi oleh pengalaman pemimpinnya, Kim Jong Un. Pernah sekolah di Swiss, ia dikabarkan suka burger dan pizza

Gerai burger di Korut via m.blog.naver.com

Jangan berpikir kalau orang-orang Korut nggak bisa merasakan enaknya burger dan pizza. Bahkan gerai-gerai makanan itu cukup mudah ditemukan di Pyongyang. Pun dengan bioskop dan bar. Bahkan Pyongyang punya Internasional Cinema yang mengadakan festival film setiap tahun. Cuma mungkin nggak sembarang film yang bisa diputar di sana. Bisa jadi ya cuma film-film propaganda aja.

6. Kim Jong Un juga tergila-gila sama basket lho. Bisa dibilang ia fans terberatnya Michael Jordan!

Kim Jong Un dan Dennis Rodman via www.thesun.co.uk

Sejak saat sekolah dulu, Kim Jong Un udah tergila-gila sama basket. Ia jadi fans beratnya Michael Jordan. Kabarnya ia nggak tertarik di pelajaran akademik, tapi justru lebih suka basket dan sepakbola. Kecintaannya pada basket bisa dilihat dari jalinan persahabatannya dengan mantan pemain NBA, Dennis Rodman asal AS. Mereka beberapa kali bertemu bahkan sampai karaoke bareng.

7. Selain itu, sisi kekinian Korut lainnya bisa dilihat dari seni pertunjukan yang diadakan di sana. Sekali bikin acara, hebohnya luar biasa lho, bahkan bisa melibatkan puluhan ribu performers!

Acara Mass Games 2012 di Korut via all-that-is-interesting.com

Konser-konser internnasional aja kalah lho kalau dibandingkan betapa totalitas Korut tiap bikin pertunjukan. Mulai dari dekorasi, performers, sampai konsep acara, semua dipersiapkan dengan sangat matang dan mewah. Dalam sekali pertunjukan aja bisa melibatkan puluhan sampai ratusan ribu peserta yang tampil! Udah macam pembukaan pesta olahraga dunia aja ya!

8. Dari teknologi bukan cuma hacker aja lho yang kekinian, Kim Jong Un juga kabarnya pakai produk MacBook besutan Apple!

Kim Jong Un pakai MacBook Pro? via www.merdeka.com

Dari foto-foto yang beredar, beberapa kali Kim Jong Un tertangkap kamera sedang mengoperasikan komputer atau laptop berbentuk mirip punya Apple. Bahkan produk itu sudah jadi pilihan sejak masa pemerintahan Kim Jong Il. Tapi nggak tahu ya itu beneran produk Apple atau cuma tiruan belaka. Yang jelas kalau dari foto kelihatan banget itu kayak MacBook.

Hmm, tapi melihat begitu cepatnya zaman berkembang, mau se-idealis apapun buat nggak mengikuti arusnya kayaknya malah bakal bikin susah deh. Bayangin aja kita tetap harus berusaha bahagia dengan kecepatan internet pas-pasan padahal di dunia luar sudah pakai koneksi kecepatan tinggi. Jelas bikin stres!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya