Musim mudik seperti ini, semua orang pasti sudah merencanakan perjalanan panjang untuk pulang ke kampung halaman dan kembali lagi sebelum kantor atau sekolah dimulai. Salah satu transportasi paling cepat dan nyaman adalah pesawat terbang. Ya meski memang harganya sangat mahal, tapi kalau setahun sekali ya worth it nggak sih?! Nah satu hal yang mungkin harus diperhatikan dalam perjalanan pesawat adalah pemilihan makanan.

Faktanya tidak semua makanan bakal terasa enak lho kalau dimakan beribu-ribu kaki di atas langit. Menariknya, indera pengecap atau lidah manusia ternyata bekerja dengan cara yang sedikit berbeda, dibandingkan ketika kaki kita menginjak tanah. Biar kamu tahu makanan-makanan apa saja yang sebaiknya dimakan atau justru dihindari ketika berada di pesawat terbang, Hipwee News & Feature buat ulasan khususnya nih. Yuk meluncur!

1. Jangan pesan makanan manis ketika terbang di pesawat. Hidangan penutup seperti es krim atau jus buah kadar manisnya seolah berkurang, begitu pun dengan minuman bersoda

Intinnya bising dan getaran di pesawat bisa merusak pencecap rasa manis di lidah, jadi nggak berasa padahal sama aja aslinya. (Christine Rondeau on Flickr via Eatnorth.com) via eatnorth.com

Dilansir dari BBC, masalah tentang rasa manis yang berkurang saat berada di ketinggian dalam pesawat itu benar adanya. Sebenarnya nggak berkurang atau hilang, melainkan kalah dengan sensor rasa gurih. Dan ternyata penyebabnya bukan ketinggian, tapi getaran yang membuat saraf pengecap lebih hiperaktif merasakan rasa gurih umami.

2. Pilih menu olahan daging, sate atau steak bisa kamu pilih biar menambah selera makanmu plus bikin kamu nggak lemes saat di pesawat

Daging selain bikin kenyang juga mengandung zat besi yang bisa balikin tenaga lho… (Crystal Serenity’s Menu via cruisecritic.com) via cruisecritic.com

Advertisement

Makanan yang disajikan di pesawat memang beragam dan kadang nggak bisa ditebak. Kalau bisa memilih, kalian harus pilih makanan olahan daging semacam sate atau steak daging. Dikarenakan daging memiliki rasa gurih alami karena kandungan glutamatnya, maka rasa daging malah akan terasa lebih lezat dan umami saat di pesawat.

3. Selain daging sapi atau ayam, kamu juga bisa milih makanan olahan ikan. Dari ikan asap sampai sarden saus tomat, cocok untuk dimakan di dalam pesawat

Gurih dan asin dari ikan asap bisa jadi pilihan tingkatkan selera makan di pesawat. (Dollhouse Miniature via Pinterest.com) via pinterest.com

Kalian juga bisa memesan atau mempersiapkan sendiri makanan dari rumah. Olahan menu ikan sarden atau ikan asap akan semakin terasa saat berada dalam ketinggian di pesawat. Rasa umami pada daging sarden sudah umum di ketahui sejak lama di Jepang. Jangan ragukan rasa gurih atau umami dari bangsa ikan ya…

4. Spageti dengan saus bolognese bisa kamu pilih buat hidangan di pesawat. Tomat dalam saus bolognese terasa semakin gurih jika dimakan di atas langit

Saus bolognese yang terbuat dari tomat bisa bikin rasa spageti semakin gurih dan tentu lezat. ( egseah via flickr.com) via flickr.com

Mie khas Italia ini bisa jadi pilihan buat kalian supaya terhindar dari rasa hambar menyantap makanan di pesawat. Tapi ada syaratnya, kalian harus gunakan saus tomat seperti bolognese. Tomat, terutama tomat yang matang mengandung rasa umami yang alami karena glutamat di dalamnya.

5. Junk food seperti pizza dengan topping berasa gurih seperti keju atau jamur, justru bisa jadi pilihan yang lumayan untuk perjalanan pesawatmu

Glutamat pada jamur mampu bangkitkan selera makan lho… ( vkeong via pinterest.com) via pinterest.com

Kamu hobi banget menyantap hidangan junk food dan nggak mau melewatkan sensasinya di pesawat? Baiknya kamu pilih pizza atau apa pun jenis makanan junk food yang punya rasa gurih di dalmnya. Nah contohnya, kamu bisa pesan atau siapin pizza dengan topping keju atau jamur.

6 Kamu yang gak suka makanan berat, juga bisa pilih menu hidangan ringan seperti crispy mushroom atau onion rings. Kalian pasti tau banget kalo dua cemilan itu emang asli gurih

Pilih penyedap MSG atau yang alami kayak gini nih… (stevendepolo via filckr.com) via flickr.com

Kalian yang nggak mau menyantap sajian makanan berat di pesawat bisa siapin sendiri atau pesan makanan ringan seperti onian rings. Kalian para vegetarian juga bisa memilih menu-menu seperti jamur. Jamur dan sayuran seperti bawang diyakini mengandung glutamat yang menambah rasa gurih setelah diolah. Jadi jangan takut nyesel karena selera makanmu hilang

7. Jangan pilih minuman bersoda yang manis-manis, mending pilih minuman dengan varian rasa matcha atau teh hijau dijamin nggak hambar

Bukan hanya manis ternyata teh hijau juga umami, salah satu rasa yang bikin makanan enaaaak. (Kirinohana via flickr.com) via flickr.com

Karena mungkin saking ngantuk atau lesu kadang kalian pilih minuman bersoda saat berada dalam pesawat. Mending kalian stop deh mengkonsumsi minuman bersoda di pesawat, selain hambar juga kayaknya bikin nggak enak di perut. Kalian bisa pilih minuman teh hijau, atau makanan dengan varian rasa matcha karena dijamin semakin berasa nikmatnya saat berada di dalam pesawat.

Kalau kamu tetep kekeuh kepengen menikmati makanan selain menu di atas, kamu perlu pake penyumbat telinga biar nggak hambar deh. Penyumbat telinga bisa mengurangi kebisingan dan getaran di gendang telinga sehingga mekanisme saraf yang bertugas mencecap rasa nggak terganggu. Jika kerja saraf tersebut normal makan semua rasa akan kembali normal, rasa manis pun terasa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya