Jika kamu pernah kebetulan bertemu atau menonton tayangan tentang seorang warga Korea yang sedang mengungkapkan usianya, mungkin kamu nggak akan terlalu merasa aneh saat mendengarnya. Tapi coba deh, telusuri tahun kelahirannya, bisa jadi kamu akan menemukan keganjilan dengan hasil hitungannya yang berbeda dengan yang biasa kita ketahui. Misalnya nih, si doi bilang usianya 28 tahun, padahal doi kelahiran tahun 1992.

Eh, kok bisa? Maksudnya gimana nih?

Advertisement

Jadi ternyata nih, Guys, sejak ratusan tahun lalu Korea punya sistem perhitungan usia yang berbeda dengan yang secara internasional kita ketahui. Kelahiran tahun 2000 ya harusnya sekarang sudah berusia 18 tahun, ‘kan? Nah, di Korea perhitungannya bisa jadi lebih 1-2 tahun. Sebelum kamu keburu pusing, simak yuk ulasan Hipwee News and Feature kali ini!

1. Beda dengan perhitungan usia di kebanyakan negara lainnya, hanya di Korea kamu akan menemukan sistem usia yang selisihnya 1-2 tahun dari usia yang umumnya kita ketahui

Keluarga Korea via www.mrvacation.com

2. Pada mulanya, sistem usia seperti ini juga dianut oleh Tiongkok, Jepang dan Vietnam. Seiring waktu, ketig negara tersebut mulai meninggalkan sistem lama dan hanya Korea yang masih bertahan hingga sekarang

Konon tradisi ini dari Tiongkok lho via www.thoughtco.com

3. Jadi kalau di negara kita kamu berusia 25 tahun, di Korea bisa jadi usiamu adalah 26 atau 27 tahun tergantung kamu lahir pada bulan apa

Di Korea, beda~ via www.entwinedstudio.com

3. Nah, sistem perhitungannya seperti ini nih. Saat kamu pertama lahir ke dunia, maka kamu otomatis akan berusia 1 tahun. Biasanya usia begitu baru dihitung beberapa hari atau minggu saja ‘kan?

Pasalnya, di Korea, masa-masa kamu di kandungan itu sudah dianggap ‘setahun’ usia. Jadi pas lahir langsung mendapat predikat usia 1 tahun.

4. Lucunya, kalau kamu lahir di bulan tertentu, misalnya mendekati perayaan Tahun Baru Korea atau biasa dikenal dengan Sollal, maka meskipun kamu masih beberapa bulan, usiamu otomatis akan bertambah setahun lagi

Perayaan Tahun Baru Lunar di Korea via www.korea.net

5. Bingung? Jadi gini lho. Saat kamu pertama lahir, kamu otomatis sudah berusia 1 tahun. Nah, jika beberapa bulan kemudian masuk tahun baru Korea atau Sollal, maka usiamu akan bertambah lagi setahun

Gini caranya~ via www.hipwee.com

Padahal secara umum, kamu bisa saja baru berusia 4-5 bulan menurut usia internasional.

6. Penghitungan usia yang umum kita ketahui disebut sebagai usia Amerika atau Miguk Nai ‘미국나이’ sedangkan sistem perhitungan usia Korea disebut usia Korea atau Hanguk Nai ‘한국 나이’

Beda dari negara lainnya via www.odt.co.nz

7. Setelah lahir, usia seseorang di Korea nggak bertambah di hari ulang tahunnya sendiri, tapi justru di setiap hari Tahun Baru Korea atau Sollal. Unik ya?

8. Yang kadang suka bikin heran, banyak lho ternyata penduduk Korea yang nggak ngeh kalau perhitungan usia di negara lain itu beda. Ternyata banyak yang nggak paham juga soal usia Amerika ini

Banyak yang tahu lho soal usia Korea dan Amerika ini via seedwrites.blogspot.com

9. Meski banyak pihak yang nggak merasa keberatan dengan sistem penghitungan usia ini, ternyata ada juga lho yang mengeluhkan kekurangan usia ini, misalnya saat harus melamar pekerjaan

Wawancara kerja via www.koreatimesus.com

Advertisement

Seseorang bisa jadi nggak bisa melamar pekerjaan tertentu karena batas persyaratan usia hanya sampai 30 tahun saja, sehingga seseorang yang berusia 30 tahun Korea nggak bisa melamar. Padahal secara internasional usianya baru 28 tahun.

10. FYI, penghitungan usia jadi sangat penting dan bertanya tentang usia pada pertemuan pertama nggak dianggap tabu lho. Hal ini penting karena ada hierarki sosial dimana seseorang yang berusia lebih tua wajib dihormati

Usia itu penting banget di Korea, terutama dalam dunia studi dan bekerja via dareasia.com

Ternyata perhitungan usia di Korea agak rumit juga ya, hehe. Jadi jangan buru-buru menganggap seorang Korea itu berusia lebih tua dibanding kamu saat dia bilang usianya sekian-sekian ya, karena bisa jadi usia si doi malah sepantaran kamu. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya, Guys! Ya, biar kamu nggak lagi asal bilang oppa eonni aja gitu, sama siapa aja~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya