Cerita di Balik Pilihan Karier Amanda, Lulusan S2 yang Berjualan Tahu di Pinggir Jalan

Lulusan S2 Jualan Tahu

Apa sih yang membuat orang-orang tertarik membeli makanan di suatu tempat? Ada banyak alasan. Mungkin karena rasa makanannya enak, tempatnya bersih, atau harganya terjangkau. Bisa juga karena penjualnya berwajah cantik. Itulah yang menggambarkan seorang penjual tahu di Jakarta. Baru-baru ini, dia menjadi viral setelah wajah cantiknya tersorot ketika menggoreng tahu di kios pinggir jalan.

Advertisement

Sosoknya yang mirip model membuat warganet penasaran. Mereka pun datang berbondong-bodong untuk membeli tahu yang dia jual. Bahkan perempuan itu diwawancara oleh sejumlah media yang penasaran pada kisahnya. Yuk baca selengkapnya~

Baru-baru ini, seorang penjual tahu menjadi viral karena mempunyai wajah yang cantik. Dia bernama Amanda Nurani, perempuan berusia 26 tahun

Amanda sedang menggoreng tahu via kumparan.com

Sejumlah foto Amanda saat berjualan menjadi perbincangan hangat di media sosial. Tampak dia sedang menggoreng puluhan tahu sekaligus di wajah besar berisi minyak panas. Dia menjual tahu kriuk di dekat stasiun MRT Haji Nawi, Cipete, Jakarta Selatan. Bisnis kuliner franchise (membuka cabang dari bisnis lain yang sudah ada) ini dilakoninya sejak 11 Januari 2020.

Sebetulnya Amanda bukanlah karyawan di sana, melainkan pemiliknya. Namun sejak bisnisnya dibuka, Amanda memutuskan ikut menggoreng tahu. Dia juga mengikuti training seperti karyawan pada umumnya. Amanda bertekad untuk menguasai seluk-beluk bisnisnya agar bisa mengajari para karyawan. Kini dia sudah ahli memasak tahu yang lezat; mulai dari mengaduk bumbu, memasukkan tahu dan merendamnya dalam bumbu, hingga melapisinya dengan tepung dan menggorengnya sampai renyah.

Advertisement

Ternyata Amanda merupakan lulusan S2, tetapi dia tak malu berjualan tahu. Sebab membuka bisnis sendiri adalah cita-citanya sejak dulu

Kecantikan wajah Amanda via www.instagram.com

Dilansir dari Detik, Amanda adalah lulusan S2 Jurusan Manajemen Bisnis di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak dulu dia sangat ingin membuka bisnis sendiri. Apalagi setelah dia menikah dengan lelaki yang dipacarinya selama sembilan tahun. Suatu hari, mereka mencoba dagangan yang dijual oleh franchise Tahu Go. Ternyata tahu itu sangat disukai oleh Amanda dan keluarganya. Lantas dia dan suaminya membuka cabang bisnis tersebut di daerah Fatmawati.

Awalnya, orang tua Amanda tak setuju kalau sang anak yang lulusan S2 berjualan tahu. Namun Amanda berhasil meyakinkan mereka dengan usaha kerasnya. Apalagi ilmu yang diperolehnya di kampus bisa diterapkan langsung di bisnis tersebut. Amanda berpendapat, sebetulnya berjualan apa pun tak masalah asal dilakukan dengan bersungguh-sungguh. Keren juga ya pola pikirnya! Perlu dicontoh nih. Di saat sebagian orang tak mau bekerja kalau bukan di tempat yang bergengsi, Amanda justru tak malu memulai kariernya dari bisnis kecil.

Setelah kisahnya viral, omzet penjualan tahu Amanda meningkat. Dia pun bersyukur dan akan terus menjalankan usahanya

Bisnis tahu kriuk yang dijalankan Amanda via lifestyle.okezone.com

Kepopuleran Amanda membawa berkah bagi bisnisnya. Banyak orang penasaran yang datang langsung ke kiosnya untuk membeli tahu. Sebelumnya, jumlah tahu yang dijual per hari adalah 1.000 buah. Namun setelah kisahnya viral, Amanda bisa menjual 2.600 tahu per hari! Omzetnya pun meningkat, dari yang tadinya Rp1,6 juta menjadi Rp4 juta sehari. Hal tersebut sangat disyukuri Amanda. Dia mengaku seperti kejatuhan durian runtuh, sebab tak menduga kalau kisahnya bakal viral. Amanda pun berniat untuk terus menjalankan bisnisnya. Suatu saat, dia juga ingin membuka bisnis dengan merek sendiri.

Selain menuai pujian dan kekaguman, kisah Amanda mendapat respons berbeda dari sejumlah warganet. Mereka menyinggung beauty privilege yang dimiliki oleh Amanda

Komentar dari warganet via twitter.com

Sejumlah warganet berpendapat kalau Amanda mempunyai beauty privilege, yaitu keuntungan yang diperolehnya karena berwajah cantik. Seandainya dia berwajah biasa-biasa saja, mungkin kisahnya tak akan viral dan jualannya tak selaris sekarang. Barangkali hal itu memang ada benarnya. Namun, kita juga tak boleh mengesampingkan usaha Amanda untuk membangun bisnisnya dari awal. Tentu dia telah mengorbankan banyak waktu dan tenaga untuk melakukan hal tersebut.

Sosok Amanda bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak muda zaman sekarang. Tak perlu malu untuk mencari uang, lakukanlah apa saja asalkan nggak merugikan orang lain. Kalau kita sabar dan terus berusaha, kesuksesan bakal datang menghampiri cepat atau lambat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE