Jarang Ada yang Tahu, 6 Barang Kebanggaan Luar Negeri ini Ternyata Diproduksi di Indonesia lo

Barang luar negeri diproduksi Indonesia

Ketertarikan masyarakat Indonesia untuk membeli produk-produk lokal belum sebesar ketertarikan mereka terhadap barang-barang branded dari luar negeri. Sebut saja Nike atau Adidas yang masih sering jadi rujukan orang terutama anak-anak muda saat ingin berburu sneakers. Nggak hanya di dunia fesyen aja, di ranah otomotif pun, beberapa merek kendaraan dari luar negeri masih jadi pemenangnya, seperti Honda, Daihatsu, atau Toyota. Padahal sebenarnya, Indonesia juga punya brand sendiri, nggak cuma Esemka!

Advertisement

Nah, tahukah kamu kalau ternyata banyak barang luar negeri yang sebenarnya diproduksi di Indonesia! Salah satunya yang udah disebut di atas, Nike dan Adidas, yang ternyata dibuat di negara kita. Nggak cuma itu, ada beberapa barang lain yang populer di luar negeri namun diproduksi di sini. Yuk, simak daftarnya bareng Hipwee~

1. Argentina, Somalia dan Nepal mempercayakan pencetakan mata uang mereka pada Perum Peruri di Indonesia

Peso Argentina via ekonomi.kompas.com

Siapa sangka, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dipercaya untuk mencetak mata uang 4 negara. Perusahaan asal Indonesia ini merupakan pencetak uang kertas maupun logam. Produk uang yang dihasilkannya pun sangat berkualitas. Selain mencetak rupiah, ternyata Peruri juga mencetak mata uang negara Argentina, Nepal dan Somalia lo! Kepercayaan ini terbentuk berkat kualitas, teknologi dan netralitas Indonesia sebagai negara. Wah, keren~

2. Meski banyak negara yang memproduksi jersey kesebelasan Manchester United, jersey resmi yang dijadikan souvenir di Old Trafford adalah buatan pabrik di Tangerang. Hah, seriusan??

Jersey Resmi Manchester United via superball.bolasport.com

Produk buatan Indonesia lain yang telah mendunia adalah jersey kesebelasan Manchester United. Kualitas produk industri garmen di Indonesia memang dikenal berkualitas tinggi, nggak heran banyak perusahaan besar yang memproduksi barangnya di sini. Meskipun banyak negara memproduksi jersey Manchester United, namun karena yang versi Indonesia dianggap lebih berkualitas dan spesifikasinya paling bagus, maka produk buatan negeri kitalah yang dipakai jadi suvenir atau merchandise resmi di Old Trafford. Bangga nggak sih…

Advertisement

3. Sebuah pabrik di Sukoharjo ternyata dipercaya untuk memproduksi seragam militer di 31 negara dunia lo!

Seragam Militer via news.okezone.com

Selain pakaian sepak bola, produk asli Indonesia di bidang militer juga laku keras. Sebuah pabrik bernama Sritex di Sukoharjo, Jawa Tengah, jadi pusat produksi seragam militer yang dipakai angkatan bersenjata di 31 negara dunia! Sritex bahkan sudah dipercaya selama puluhan tahun untuk jadi produsen seragam militer, termasuk untuk seragam standar tentara NATO.

Melansir Detik, sang manajer pabrik mengatakan alasan kepercayaan negara-negara untuk membuat seragam militernya di Indonesia karena kualitasnya. Selain itu desain seragam militernya dianggap sesuai dengan selera dan kebutuhan pelanggan luar negeri. Singkatnya Sritex asal Sukoharjo selalu membuat produk-produk berkualitas yang diakui dunia internasional.

4. Salah satu merek minuman wine berkualitas tinggi dan diakui oleh dunia adalah produk yang menggunakan anggur Bali sebagai bahan utamanya. Merk wine ini juga diproduksi langsung di Pulau Dewata

Advertisement

Wine via id.quora.com

Nggak seperti di Indonesia, orang-orang luar negeri sangat akrab dengan minuman fermentasi anggur alias wine. Minuman ini jadi salah satu minuman favorit yang wajib disediakan oleh restoran-restoran ternama di dunia. Sama seperti berbagai olahan minuman lain, wine juga punya kualitas yang berbeda-beda. Tergantung dengan pengolahan dan buah anggur sebagai bahan dasarnya.

Nah, salah satu wine berkualitas tinggi yang telah diakui dunia serta mendapatkan penghargaan, ternyata justru berasal dari Bali. Padahal ada mitos yang mengatakan bahwa Indonesia nggak akan bisa membuat produk wine yang berkualitas. Semua mitos tersebut terpatahkan oleh wine dari Pulau Dewata ini. Anggur asal Bali ini kemudian diolah menggunakan mesin dari Italia. Wuih, keren ya!

5. Merek-merek mobil dan motor asal Jepang selama ini selalu mendominasi jalanan di Indonesia. Padahal beberapa perusahaan negeri Sakura itu justru mempercayakan pembuatan produknya di pabrik Indonesia!

Motor dan Mobil Jepang via www.carmudi.co.id

Bicara tentang kendaraan bermotor di Indonesia, hampir 90 persen masyarakat menggunakan merek-merek kendaraan asal Jepang. Usut punya usut, ternyata motor dan mobil tersebut nggak diproduksi di Jepang langsung, melainkan di Indonesia. Lucu ya, perusahaannya dari Jepang, diproduksi di Indonesia, eh yang beli ya orang-orang Indonesia sendiri 😀

6. Sepatu-sepatu sneakers terkenal seperti Nike dan Adidas ada yang dibuat di Indonesia lo, Guys

Sneakers Nike via economy.okezone.com

Merek sepatu yang terkenal mahal seperti Nike dan Adidas, ternyata ada juga yang dibuat di Indonesia lo. Ternyata brand sekelas mereka, tertarik juga buat memproduksi barang di negara kita. Soalnya memang pabrik-pabrik penghasil pakaian dan sepatu di Indonesia dikenal punya kualitas dan reputasi yang baik. Bisa jadi sepatu Nike atau Adidas yang kamu beli di luar negeri ternyata dibuat di Indonesia, Guys~

Sebenarnya rada miris sih, ketika pabrik-pabrik di Indonesia ini banyak yang mendapat kepercayaan brand ternama buat memproduksi barang-barangnya, kita yang orang Indonesia sendiri justru seringkali meremehkan. Nggak sedikit lo yang masih memandang sebelah mata produk-produk lokal, hanya karena kalah nama sama merek luar negeri, eh langsung nggak tertarik. Semoga dengan mengetahui informasi artikel ini, kita jadi lebih bangga sama produk-produk lokal ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

An amateur writer.

CLOSE