Begini Penampakan 230 Emoji Baru di Tahun 2019. Orangutan yang Asli Indonesia pun Kini Ada Emojinya

Emoji baru 2019

Di era internet, emoji sudah berkembang jadi bahasa internasional yang dipahami hampir semua orang. Jadi Word of The Year-nya Oxford Dictionaries pada tahun 2015, emoji merupakan kata terpopuler dan paling banyak dibahas sedunia pada tahun itu. Hanya beberapa tahun sejak dikenalkan dalam sistem operasi iOS pada tahun 2011 dan Android pada tahun 2013, emoji dengan cepat jadi bahasa dunia yang tiap harinya dipakai miliaran orang di dunia.

Advertisement

Tahukah kamu kalau tiap tahun tuh pasti ada emoji baru? Tahun 2019 ini pun tidak ada bedanya, emoji-emoji anyar baru aja diperkenalkan ke khalayak luas. Nah buat yang pengin tambah lebih fasih berbahasa emoji, kayaknya wajib tahu deh info di bawah ini. Cari tahu juga bagaimana kamu pun bisa mengusulkan emoji baru untuk tahun depan Guys.

Ada 230 emoji baru yang diperkenalkan tahun 2019 ini. Update bakal dimulai pada bulan April dan akan terus dilakukan hingga akhir tahun

Emoji-emoji baru yang akan kamu lihat sepanjang tahun 2019 ini via blog.emojipedia.org

Meski memakai tiap hari, banyak orang yang sebenarnya masih tidak sadar kalau emoji itu selalu diperbaharui tiap tahunnya. Menurut Emojipedia, emoji baru tahun 2019 yang disebut Emoji 12.0 ini totalnya terdiri dari 230 karakter. Karakter barunya sendiri sih cuma berjumlah 59,  75 jika variasi gender dihitung, dan 230 kalau kamu turut menghitung variasi warna kulit juga.

Tapi kamu belum bisa langsung memakainya hari ini, update baru akan dimulai pada bulan April mendatang dan terus akan ditambah hingga akhir tahun. Sabar ya, dipelajari aja dulu karakter-karakter barunya biar lihai besok memakainya.

Advertisement

Tiap tahun pun beda-beda lo tema update-nya. Tahun 2019 ini tema besarnya adalah inklusivitas alias merangkul semua kelompok, termasuk mereka yang difabel

Perubahan tema emoji dari tahun ke tahun via blog.emojipedia.org

Tahun 2019 ini tema besar yang diusung dalam pembaharuan emoji ini adalah inklusivitas untuk merangkul semua kelompok yang selama ini mungkin masih jadi minoritas yang terpinggirkan. Ada karakter orang yang memakai kursi roda, orang yang memakai tongkat berjalan, orang yang menggunakan bahasa isyarat, dan alat bantu pendengaran. Kalau karakter orangutan sih bisa jadi dipilih untuk meningkatkan kepedulian orang terhadap hewan langka ini.

Tiap tahunnya, ternyata tema yang diusung beda-beda. Bisa dilihat sendiri dari gambar perbandingan di atas, tahun 2015 itu ditandai dengan penambahan perbedaan warna kulit, sedangkan tahun 2016 berkutat seputar peran perempuan, tahun 2017 memecahkan stereotip gender dengan adanya cewek berambut pendek, dan tahun 2018 mulai diperkenalkan variasi rambut yang bermacam-macam.

Terus siapa ya yang merumuskan emoji baru yang akan dikeluarkan tiap tahunnya? Ternyata semua diatur oleh perusahaan teknologi bernama Unicode Consortium, kamu juga bisa ikut usul lo

Begini nih form kalau kamu pengin ikut usul emoji baru via unicode.org

Advertisement

Dunia per-emoji-an ini ternyata berpusat kepada perusahaan teknologi bernama Unicode Consortium. Perusahaan Silicon Valley ini tiap tahunnya akan menerima subsmisi atau masukan proposal dari siapa pun terkait emoji baru apa yang harusnya dibikin tahun depan. Jadi kamu pun bisa ikutan kalau mengisi form di laman resminya. Semua submisi itu nantinya akan diseleksi dan dipilih oleh Unicode Consortium. Biasanya tiap tahun bakal ada 50-100 karakter baru yang dipilih.

Nah tema besar tahun ini yakni inklusivitas kabarnya diusulkan oleh Apple. Jadi memang suara ‘pemain besar’ juga ternyata sangat berpengaruh ya. Terus siapa ya kira-kira yang mengusulkan emoji orangutan? Mungkin orang Indonesia kali ya…

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE