Berapa Gaji Presiden? Yuk Intip Gaji Pokok & Tunjangannya

Dengan tugas dan tanggung jawabnya, wajar kalau presiden punya gaji besar

Dengan tugas dan tanggung jawabnya yang besar, wajar jika presiden memiliki gaji yang juga besar.”

Advertisement

Sebagai orang dengan jabatan paling tinggi di negeri ini, banyak yang mengira bahwa gaji presiden itu sangat besar. Namun di sisi lain, Kaesang Pangarep, putra Presiden Jokowi justru mengatakan gaji bapaknya itu kecil. 

Tentu kamu jadi bertanya-tanya bukan, mana yang benar? Daripada bingung mengira-ngira sendiri, yuk kita bongkar faktanya!

Dasar hukum gaji presiden diatur oleh Undang-Undang

Dasar Hukum Gaji Presiden | Credit: Pixabay

Meskipun secara administratif presiden itu bukan PNS (Pegawai Negeri Sipil), namun gajinya tetap ditentukan oleh perundangan-undangan. 

Advertisement

Untuk masa jabatan 2019-2024 yang saat ini sedang berlangsung, setidaknya ada tiga dasar hukum yang berlaku:

  • Gaji Pokok: UU Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 75 Tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tinggi Negara  
Advertisement
  • Tunjangan: Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 68 Tahun 2001
  • Dana Operasional: Peraturan Menteri (Permen) Keuangan Nomor 106/PMK.05/2008

Karena diatur oleh berbagai aturan negara, maka jika kamu bertanya siapa yang memberi gaji presiden, maka tentunya lembaga negara dengan sumber APBN. 

Besaran gaji presiden

Jumlah gaji presiden

Jumlah gaji presiden | Credit: Pixabay

Jadi, berapa gaji presiden jika acuannya adalah berbagai peraturan berlaku?

Untuk gaji pokok, jumlahnya adalah 6x lipat dari gaji pokok tertinggi pejabat di Indonesia. Jabatan yang masuk dalam kategori ini adalah Ketua MPR, DPR, Dewan Pertimbangan Agung, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Mahkamah Agung. 

Sebagai informasi, pejabat-pejabat tersebut memiliki gaji pokok Rp5.040.000 per-bulan. Jadi, total gaji pokok presiden adalah 6 kali Rp5.040.000, yakni Rp30.240.000. Sementara itu, mengenai tunjangan presiden perbulannya yakni Rp32.500.000. Jumlah ini juga menjadi yang terbesar di antara pejabat-pejabat lainnya.

Di luar itu, presiden juga masih mendapatkan dana taktis untuk mendukung operasionalnya ketika menjalankan kewajiban. Nominal operasional ini berbeda-beda tergantung jenis kegiatan dan tugas kerja yang presiden jalankan.  Hanya saja, peruntukannya hanya untuk urusan dinas (bukan pribadi).

Jumlah bersih gaji presiden sekitar enam puluh juta

Dengan demikian, take home pay yang murni presiden bawa pulang setiap bulannya adalah Rp62.740.000, yakni gabungan gaji pokok dan tunjangan. Jumlah tersebut sudah benar-benar bersih, karena seluruh kegiatan dan tugas kerja sehari-hari sudah sepenuhnya terpenuhi oleh dana taktis dan fasilitas dinas. 

Jadi, gaji presiden itu kecil atau besar? Sebenarnya ini relatif ya, tergantung latar belakang kamu yang menjawabnya. Tapi yang jelas, itu sebanding dengan tugas dan tanggung jawabnya. Kalau sudah tahu besaran gajinya, apakah kamu masih bercita-cita menjadi seorang presiden, SoHip? 

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE