Ajak Anak Muda Lebih Peduli Gizi, Hipwee Jalankan Campaign Hari Gizi Nasional

Hipwee melihat kepedulian gizi di kalangan anak muda perlu ditingkatkan

Setiap tanggal 25 Januari sejak tahun 1960 masyarakat Indonesia secara resmi memperingati Hari Gizi Nasional (HGN). Tahun ini merupakan peringatan yang ke-62. Setiap peringatan HGN mengusung tema yang berbeda. Pada tahun ini, Kementerian Kesehatan mengusung tema “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”.

Terlepas dari tema yang diusung setiap tahunnya, tujuan dari peringatan HGN adalah meningkatkan kepedulian bersama dalam rangka membangun sumber daya manusia yang berkualitas, melalui asupan gizi seimbang. Untuk itu, Hipwee pun ingin mengambil peran tersebut melalui “Campaign Hari Gizi Nasional”.

Hipwee ingin membangun kepedulian gizi anak muda secara lebih aktif

makan makanan sehat

Ilustrasi makan makanan sehat | Photo by Nathan Cowley from Pexels

Hipwee menjalankan “Campaign Hari Gizi Nasional” untuk memperingati sekaligus menyukseskan tujuan utama HGN, yaitu membangun kepedulian banyak orang khususnya anak muda terkait gizi seimbang, demi menciptakan sumber daya manusia berkualitas. 

Campaign ini berjalan mulai tanggal 24-26 Januari 2022, dengan aktivasi berupa produksi konten interaktif seputar gizi dan makanan sehat menggunakan perspektif yang lebih relevan dengan anak muda di website dan media sosial. 

Dalam campaign ini Hipwee turut menggandeng gerakan Meatless Monday untuk berkolaborasi, dan juga mengajak anak muda yang tergabung dalam Hipwee Creator Community untuk membuat konten bertema serupa demi membangun kepedulian secara lebih aktif.

Hipwee melihat urgensi untuk meningkatkan kepedulian terhadap asupan gizi seimbang di kalangan anak muda

Isi piring gizi seimbang

Ilustrasi pembagian isi piring bergizi seimbang | Ilustrasi oleh Hipwee

Seperti diketahui, anak muda milenial dan Gen Z saat ini berada di usia produktif. Pada fase ini, nggak sedikit dari mereka yang menjadikan karier atau studi sebagai prioritas utama, sampai-sampai urusan menjaga kesehatan dan memastikan asupan gizi terlupakan. 

Jargon “belum kerja kalau belum tipes” atau glorifikasi kerja overtime yang marak ditemukan di media sosial jadi beberapa bukti kalau aspek lain di luar pekerjaan bagi sebagian anak muda bisa dianggap tidak sejalan dengan tujuannya.  

Campaign ini ingin memicu perubahan perilaku anak muda di usia di mana prioritas seperti studi atau karier jadi utama, sehingga menjaga kesehatan atau nutrisi sering dinomorduakan. (Hipwee) ingin anak muda lebih peduli terhadap asupan gizi mereka,” terang Editor in Chief Hipwee Hardiana Noviantari. 

Selain itu, pemahaman yang keliru terkait konsumsi makanan sehat sebagai salah satu cara memenuhi asupan gizi juga telah mempengaruhi pandangan sebagian besar anak muda. Nggak sedikit yang beranggapan bahwa makanan sehat itu selalu mahal dan merepotkan.  

Untuk itu, Hipwee melalui campaign ini juga ingin menjembatani kesadaran terhadap gizi pada anak muda dengan konten-konten inspiratif dan dapat meluruskan anggapan keliru seputar asupan gizi seimbang yang diamini sebagai kebenaran. 

Campaign ini juga ingin menunjukkan bahwa makanan sehat itu nggak selalu mahal seperti asumsi kebanyakan orang,” lanjut Hardiana. 

Sehat sampai tua adalah hak, memenuhi asupan gizi seimbang sejak dini adalah kewajiban

makan makanan sehat

Ilustrasi makan makanan sehat | Photo by Pablo Merchán Montes on Unsplash

Melalui “Campaign Hari Gizi Nasional” ini, Hipwee berharap para anak muda tetap bisa memprioritaskan studi dan karier untuk tujuan hidup yang didambakan, dengan tidak melupakan kesehatan dan asupan gizi seimbang sebagai yang utama. 

Sebab, semua orang termasuk kamu berhak untuk menikmati kehidupan yang didambakan dalam kondisi sehat. Namun, untuk itu ada kewajiban yang harus kamu tunaikan, yaitu mengupayakan gaya hidup sehat dan memenuhi asupan gizi seimbang.

“Jangan tunggu tua untuk mulai makan makanan sehat. Cari dan temukan makanan sehat versimu,” pungkas Hardiana.

Nah, buat kamu yang sampai saat ini sudah memastikan asupan gizi seimbang, mari terus dipertahankan. Bagi yang belum, yuk tengok konten-konten yang Hipwee sajikan dalam campaign ini di website maupun media sosial. Semoga menginspirasi untuk bisa lebih peduli dengan asupan gizi, ya!

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor