5 Cara Mengolah Daun Seledri untuk Kolesterol Agar Gizinya Nggak Hilang

Kalau bosan minum rebusan seledri, bisa dibikin jadi beberapa olahan lezat ini

Daun seledri menjadi salah satu sayuran hijau yang digunakan sebagai pelengkap masakan. Biasanya daun seledri dipotong kecil-kecil, kemudian dijadikan taburan masakan. Nggak hanya mempercantik tampilan, seledri juga bisa menambah cita rasa masakan. Cara mengolah daun seledri pun bisa dikreasikan menjadi berbagai makanan yang lezat dan sehat.

Advertisement

Apalagi kandungan gizi seledri yang cukup tinggi membuat sayur ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Melansir dari Halodoc, seledri terbukti bisa menurunkan asam urat, hipertensi, dan kolesterol, bermanfaat untuk kesehatan ginjal, dan diet. Seledri nggak hanya ditambahkan pada makanan saja, lo. Berikut cara mengolah seledri yang benar, sepaya kandungan gizinya nggak hilang.

1. Merebus daun seledri untuk menurunkan kolesterol dan hipertensi

Cara mengolah daun seledri

merebus daun seledri | credit by depositphoto

Jika kamu ingin memanfaatkan daun seledri untuk menurunkan kolesterol dan hipertensi, cara mengolah seledri yang tepat adalah dengan cara direbus. Proses perebusan ini bertujuan untuk mendapatkan sari dari seledri, sehingga yang dikonsumsi adalah air sisa perebusannya. Berikut cara merebus seledri yang tepat:

  • Cuci bersih seledri kira-kira seberat 1 ons
  • Panaskan 200 ml air hingga mendidih, kemudian masukkan seledri
  • Tutup panci dan tunggu sampai 5 menit, setelah itu matikan api
  • Saring air rebusan seledri untuk memisahkan dari ampasnya
Advertisement

Air rebusan seledri bisa dikonsumsi setelah dingin. Supaya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan perasan lemon, madu, daun mint atau bahan lain yang bisa menambah cita rasanya, sesuai seleramu. Sementara itu, ampas seledri sisa rebusan juga bisa dimanfaatkan untuk tambahan masakan misalnya nasi goreng, tumisan, sup dan sebagainya.

2. Membuat rebusan batang seledri untuk membersihkan ginjal

Cara mengolah daun seledri

Batang seledri | Credit by Tashka2000 on Depositphoto

Batang seledri memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang cukup tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan ginjal, salah satunya membantu sistem penyaringan pada organ ginjal supaya lebih lancar. Sehingga, cara mengolah seledri untuk membersihkan ginjal bisa lebih banyak memanfaatkan batangnya. Berikut cara mengolahnya:

Advertisement
  • Cuci seledri dan pisahkan bagian tangkai daun dan batangnya
  • Jika batangnya besar-besar seperti jari, maka belah jadi dua
  • Rebus sekitar 2 ons batang seledri selama 10 menit
  • Setelah matang dan api dimatikan, diamkan hingga dingin
  • Saring air rebusan dan ampas batangnya menggunakan saringan

Supaya bisa mendapatkan manfaat yang maksimal untuk kesehatan ginjal, air rebusan batang seledri lebih baik dikonsumsi tanpa tambahan apa pun. Tenang, tetap enak kok, apalagi kalau diminum saat sudah dingin.

3. Cara membuat jus seledri yang enak, baik untuk diet dan efektif menurunkan asam urat

Cara mengolah daun seledri

Jus seledri | Credit by Vanillaechoes on Depositphoto

Selain direbus, seledri juga bisa diolah menjadi jus. Bahkan, jus seledri juga sangat baik untuk program diet, lo. Cara membuat jus seledri yang enak juga cukup mudah. Kamu bisa menambahkan sayur atau buah lain sesuai selera, misalnya pir, apel, pisang, wortel, dan yoghurt, tanpa tambahan air supaya mengenyangkan.

Jika ingin memanfaatkan seledri untuk menurunkan asam urat, maka buat jus seledri dengan tambahan lemon, madu, dan es batu supaya lebih segar. Kamu hanya perlu membuat jus seperti pada umumnya dengan bantuan blender. Cukup 1-2 ons seledri gabungan daun dan batang untuk 1 porsi jus seledri.

4. Memanfaatkan batang seledri jadi camilan yang enak dan sehat

Cara mengolah daun seledri

Stuffed celery | Credit by Odelinde on Depositphoto

Camilan biasanya identik dengan gorengan, tapi perlu diingat jika sayuran yang digoreng bisa merusak kandungan gizinya. Sehingga camilan dari seledri lebih baik nggak digoreng. Berikut cara mengolah batang seledri menjadi camilan.

  • Pilih batang seledri yang besar, minimal selebar satu jari
  • Potong kira-kira sepanjang 5-8 cm
  • Olesi bagian tengah batang seledri dengan selai kacang atau krim keju, kemudian taburi kismis atau meses

Cara mengolah seledri seperti ini disebut juga dengan hidangan stuffed celery. Kamu bisa mengkreasikan aneka topping sesuai selera. Olahan seledri seperti ini jelas lebih sehat dan kandungan gizinya tetap terjaga, rasanya juga enak, lo.

5. Mengolah seledri menjadi lalapan yang lezat

Cara mengolah daun seledri

Seledri | Credit by AntonMatyukha on Depositphoto

Selain sebagai taburan dalam masakan, kamu juga bisa mengonsumsi seledri sebagai lalapan atau cara mengonsumsi sayuran mentah bersama sambal. Aroma wangi dan gurih dan seledri bisa menambah selera makan. Lalapan seledri akan lebih nikmat jika disantap bersama sambal jenis apa pun. Berikut cara mengolah seledri menjadi lalapan sambal:

  • Cuci seledri hingga bersih, kemudian potong kasar
  • Masukkan ke dalam cobek atau wadah berisi sambal kesukaanmu, bisa sambal bawang, tomat, terasi, atau bisa juga sambal matah
  • Aduk sambal dan seledri sambil ditekan-tekan supaya aroma seledri keluar
  • Aduk rata, dan lalapan seledri bisa disantap dengan nasi hangat

Beberapa cara mengolah seledri di atas bisa kamu coba untuk mendapatkan manfaat seledri yang maksimal. Seledri yang direbus dan disantap langsung tanpa proses pemanasan akan membuat kandungan gizinya tetap terjaga. Usahakan hindari proses menggoreng, jika ingin mendapat manfaat seledri untuk kesehatan. Terbukti kan, kalau daun seledri enak diolah jadi apa saja. Gimana, mudah, kan? Cobain, yuk!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE