Salurkan Donasi Rp 22 M, Dettol dan Harpic Bantu #MelindungiGardaDepan Lawan Covid-19

Dettol dan Harpic #MelindungiGardaDepan

Sampai hari ini, pandemi Covid-19 masih jadi lawan bersama. Meski protokol kesehatan seperti karantina mandiri mulai dilonggarkan menyambut periode new normal, komitmen untuk mencegah penyebaran virus pun masih harus dipertahankan. Salah satunya seperti mendukung tenaga kesehatan yang bertugas di garda depan, baik lewat bantuan moril maupun materil.

Advertisement

Dalam mendukung komitmen tersebut, Harpic dan Dettol yang merupakan merek pembersih dan antiseptik ikut ambil bagian. Melalui inisiatif #MelindungiGardaDepan, dua merek yang berada di bawah perusahaan Reckitt Benckiser (RB) Indonesia ini menyalurkan donasi untuk rumah sakit rujukan Covid-19 dan para tenaga kesehatan, serta juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kebiasaan mencuci tangan dan sanitasi. Berbagai inisiatif komitmen melawan Covid-19 tersebut diwujudkan dengan total dana Rp22 miliar .

Donasi dengan total sejumlah Rp22 miliar merupakan bentuk penghargaan kepada para tenaga kesehatan

Penyerahan simbolis donasi oleh CSR Director Reckitt Benckiser (RB) Indonesia, Dr. Helena Rahayu Wonoadi (kiri) (Foto: dok. Reckitt Benckiser Indonesia) via www.rb.com

Nggak hanya dalam konteks pandemi Covid-19, inisiatif #MelindungiGardaDepan punya agenda yang sejalan dengan misi global RB yakni meningkatkan akses kesehatan, kebersihan, dan nutrisi untuk semua kalangan. Pada Februari lalu sebelum virus Corona mewabah di Indonesia, RB bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah menggalakkan edukasi sanitasi dan kebiasaan mencuci tangan. CSR Director Reckitt Benckiser (RB) Indonesia, Dr. Helena Rahayu Wonoadi, mengatakan inisiatif kali ini lebih kepada bentuk penghargaan kepada seluruh tenaga kesehatan yang membuat segala upaya menjadi mungkin.

“Di Reckitt Benckiser kami ingin menunjukkan penghargaan kami kepada dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya yang membuat segala upaya menjadi mungkin, menunjukkan komitmen, dan dedikasi mereka untuk negeri. Kami ingin dapat berkontribusi sekecil apapun, untuk memerangi pandemi ini bersama mereka,” kata Dr. Helena dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima Jumat (5/6/2020).

Advertisement

Donasi yang disalurkan berupa set lengkap APD, tablet multivitamin, dan produk pembersih

Penyerahan donasi ke Rumah Sakit Marinir Cilandak (Foto: dok. Reckitt Benckiser Indonesia) via www.rb.com

Dengan total dana Rp22 miliar , Harpic dan Dettol berhasil menyalurkan donasi sejumlah 15.000 set lengkap APD, 1.150.000 tablet multivitamin, dan paket produk kebersihan berupa Dettol antiseptik cair dan cairan pembersih Harpic. Semua donasi tersebut disalurkan kepada 125 rumah sakit rujukan Covid-19 di Indonesia dengan bantuan kolaborasi bersama IDI, Kementerian Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana agar kebutuhan para tenaga kesehatan bisa dipastikan terpenuhi.

Karena dedikasi para tenaga kesehatan di garda depan harus diimbangi kesadaran hidup bersih masyarakat, inisiatif #MelindungiGardaDepan juga melakukan penyampaian kampanye layanan masyarakat yang mencakup edukasi pentingnya mencuci tangan, menjaga kebersihan dan mematuhi pembatasan sosial di masa pandemi. Berbagai informasi layanan publik telah diluncurkan Harpic dan Dettol untuk mendukung komunikasi kesehatan masyarakat, yang diharapkan bisa mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam mengambil tindakan pencegahan untuk berpartisipasi mendukung kerja para tenaga kesehatan di garda depan.

Reckitt Benckiser ajak keluarga Indonesia untuk terus jaga kebersihan

Advertisement

Penyerahan donasi ke RS. Dr Sutoyo (Foto: dok. Reckitt Benckiser Indonesia) via www.rb.com

Pandemi Covid-19 ini telah mengubah banyak hal, termasuk kebiasaan dalam memerhatikan kebersihan diri jadi lebih baik. Dr. Helena menambahkan, kebiasaan baik tersebut harus dipertahankan seterusnya sampai di kemudian hari karena kesehatan bisa diraih dengan mulai menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

“Keluarga Indonesia harus menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar mereka dengan mencuci tangan secara berkala menggunakan sabun antiseptik. Rumah dan sekitarnya juga harus didisinfeksi secara menyeluruh,” tutup Dr. Helena.

Lebih lanjut, inisiatif donasi yang dilakukan Harpic dan Dettol ini merupakan aksi nyata dari Purpose and Fight RB dalam melindungi, menyembuhkan, dan memelihara serta mewujudkan dunia yang bersih dan lebih sehat. Perjuangan kolektif RB dalam melawan Covid-19 juga merupakan fokus utama dari kampanye Fight for Access Fund RB yang baru diluncurkan Maret 2020 lalu.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

CLOSE