6 Starter Pack Anak Hadapi New Normal Selama Pandemi. Buibu, Wajib Siapkan ini!

persiapan anak new normal

Selama pandemi, ada begitu banyak penyesuaian yang harus kita para orang tua lakukan. Bukan kita saja, anak-anak pun mengalami begitu banyak perubahan demi beradaptasi dengan keadaan yang baru saat ini. Melalui masa-masa karantina memang tak mudah dan kini perlahan kita akan mulai menghadapi masa transisi menuju ‘new normal‘ yang lebih ribet, karena kita dituntut beraktivitas ‘normal’ dengan protokol kesehatan baru, yaitu menjaga kebersihan ekstra dimanapun kita berada, wajib memakai masker dan harus senantiasa menjaga jarak aman dengan orang lain.

Advertisement

Untuk para orang tua, melakukan aktivitas ‘new normal‘ mungkin relatif lebih mudah dibandingkan dengan anak-anak. Pasalnya, sulit untuk anak-anak untuk dapat beraktivitas bebas menggunakan masker dan menjaga kebersihan ekstra karena masih suka penasaran dengan berbagai hal dan menyentuh beragam benda. Untuk itu, para ayah dan ibu bertugas terus sabar mengedukasi dan menyiapkan beberapa hal yang bisa membantu anak-anak tetap aman selama pandemi. Apa saja yang perlu ibu dan ayah siapkan? Cek daftarnya berikut ini yuk!

1. Masker jadi benda wajib di masa-masa pandemi. Nah, untuk anak-anak bisa jadi agak tricky nih supaya si kecil betah memakainya

Credit: todaysparent via www.todaysparent.com

Masker kini adalah syarat mutlak bagi siapa saja yang pergi keluar rumah, sehat maupun sedang sakit. Ada beberapa hal yang wajib orang tua perhatikan saat memilih dan memakaikan masker untuk anak. Usahakan menggunakan masker yang bisa dicuci dan digunakan berkali-kali, serta terbuat dari bahan yang nyaman.

Pastikan maskernya terbuat dari minimal 3 lapis kain sebagai proteksi standar. Bahkan kini ada lo Moms masker anak yang bisa disisipkan layer tisu tambahan. Soal ini, Hipwee Young Mom sudah kupas tuntas di sini. Motif lucu bisa jadi pertimbangan agar anak senang memakainya, namun ini bukanlah aspek utama.

Advertisement

Pemakaian masker juga wajib diperhatikan sesuai usia, Moms. Pasalnya, Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat telah memaparkan bahaya penggunaan masker pada anak di bawah 2 tahun sehingga opsi masker mungkin bisa diganti dengan face shield. Paling aman sih, anak di bawah 2 tahun sebaiknya tinggal di rumah saja dengan aman selama pandemi jika tak ada keperluan mendesak.

2. Menggunakan face shield juga bisa menambah proteksi ekstra untuk si kecil. Bisa jadi opsi juga untuk anak-anak di bawah 2 tahun yang masih riskan dan sulit pakai masker

Credit: Time Mag via time.com

Menggunakan face shield bisa jadi opsi aman untuk beraktivitas di luar rumah, meski memang sebaiknya dilengkapi dengan masker juga. Ini bisa jadi opsi yang lebih aman untuk anak di bawah 2 tahun yang dikhawatirkan dapat kesulitan bernafas jika dipakaikan masker.

3. Hand sanitizer atau sabun cuci tangan wajib banget dibawa kemanapun anak-anak pergi. Nggak boleh ketinggalan!

Credit: mommynearest via www.mommynearest.com

Pilih hand sanitizer dengan kandungan alkohol standar 70% dan mengandung pelembab yang mencegah kulit jadi kering. Sabun cuci tangan yang disimpan di wadah kontainer kecil juga perlu dibawa, sebagai tindakan preventif kalau-kalau di tempat cuci tangan umum sabun yang disediakan sudah habis.

Advertisement

4. Semprotan anti bakteri dan anti virus untuk menyemprot area-area yang terpaksa harus disentuh di tempat umum

Credit: hgtv via www.hgtv.com

Ini bisa jadi opsi ekstra untuk mencegah penularan dari benda-benda yang tersentuh si kecil. Jika terpaksa mengajak si kecil ke tempat-tempat umum, semprotan anti virus bisa jadi proteksi ekstra untuk melindungi keluarga. Harganya biasanya relatif sedikit lebih mahal tapi buat yang punya anak-anak wajib nih punya!

5. Tisu basah anti bakteri yang digunakan untuk mengelap tangan, area tubuh anak atau benda-benda yang harus disentuh

Credit: thenational via www.thenational.ae

Kalau biasanya ibu nggak begitu picky soal tisu basah, kali ini usahakan memilih tisu basah dengan kandungan anti bakteri untuk digunakan selama bepergian. Hati-hati juga soal penggunaannya, jangan digunakan bila tak begitu mendesak atau bisa langsung cuci tangan karena limbah tisu basah ini cukup susah terurai, Moms 🙁

6. Tisu kering juga wajib jadi bawaan selama pergi keluar rumah, untuk mengelap tangan yang basah sehabis dicuci di tempat umum

Credit: fun-japan via www.fun-japan.jp

Kalau tisu kering, wajib dibawa untuk mengelap area yang basah seperti permukaan benda atau tangan yang habis dicuci bersih di tempat cuci tangan publik.

7. Tempat makan sendiri. Lebih aman membawa bekal makan dan minum sendiri dari rumah daripada membeli dari luar

Credit: lajollamom via lajollamom.com

Jika terpaksa pergi keluar rumah dalam waktu agak lama, membawa makanan dan minuman dari rumah wajib dilakukan agar si kecil bisa tetap makan-minum dengan nyaman meski di jalan. Nggak perlu repot-repot cari jajan di luar~

Jadi, barang-barang ekstra apa yang sudah ayah dan ibu siapkan dan bawa selama masa pandemi ini saat mengajak si kecil? Yuk bagikan ceritamu di kolom komentar, siapa tahu bisa jadi inspspirasi buat para momfriends di sini 🙂 Stay safe and sane ya, Moms!

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE