Bantu Pemerintah Atasi COVID-19, Kemkominfo Sampaikan Dukungan Platform Digital untuk Gerakan Social Distancing

Social Distancing

Sejak jumlah kasus virus Corona di Indonesia terus meningkat, pemerintah mengimbau masyarakat untuk patuh menjaga jarak aman atau social distancing demi mencegah penularan. Implementasinya bisa dengan mengurangi interaksi publik dengan tetap di rumah aja, meliburkan sekolah, serta memberlakukan kerja dari rumah seperti yang kantor Hipwee juga terapkan sejak 17 Maret 2020.

Advertisement

Karena produktivitas masyarakat harus tetap terjaga sekalipun sedang social distancing, dalam hal ini pemerintah didukung oleh platform digital seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Bukalapak, Halodoc, dan Ruangguru yang menghadirkan fasilitas sesuai bidang layanan masing-masing agar gerakan bekerja, belajar, dan bahkan beribadah dari rumah bisa terlaksana dengan nyaman.

Platform digital Tanah Air dukung pemerintah lawan Corona lewat fasilitas layanan mereka

Konferensi Pers OnlineDukungan Platform Digital Memudahkan Proses Social Distancing dari Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo (Foto: dok. kominfo.go.id) via www.youtube.com

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar setiap orang mengambil peran dalam melawan penyebaran virus Corona, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan apresiasi kepada platform digital yang telah membantu pemerintah mengatasi persoalan yang muncul akibat Covid-19. Dengan itu ia mengimbau masyarakat agar bisa memanfaatkan layanan yang telah dihadirkan platform digital tersebut secara maksimal.

“Industri digital di bidang layanannya masing-masing telah membantu pemerintah mengatasi permasalahan-permasalahan pandemi COVID-19. Saya tegaskan bahwa perusahaan digital yang beroperasi di Indonesia tersebut mempunyai komitmen untuk memastikan pelayanan yang tetap prima dan baik bagi masyarakat,” ucap Menteri Jhonny dalam Konferensi Pers Online Dukungan Platform Digital Memudahkan Proses Social Distancing dari Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Senin (23/03/2020).

Advertisement

Adapun dukungan fasilitas dari platform digital untuk social distancing, adalah seperti Gojek dan Grab yang telah menerapkan contactless delivery untuk jasa pengiriman mereka, Halodoc yang menyiapkan lebih dari 20.000 dokter untuk memudahkan konsultasi via aplikasi, Ruangguru yang luncurkan sekolah online untuk siswa sekolah, serta Bukalapak dan Tokopedia yang terus memantau ketersediaan barang khususnya untuk produk kesehatan dan kebersihan.

Kemkominfo minta platform jual beli sikapi pedagang yang jual barang dengan harga nggak wajar

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate (Foto: dok. kominfo.go.id) via kominfo.go.id

Jhonny mengatakan bentuk kerja sama pemerintah dengan platform digital lebih kepada diskusi koordinasi langkah-langkah ketimbang secara langsung membuat program layanan. Untuk itu, dalam kesempatan ini ia meminta kepada para operator selular yang sebelumnya sudah memberikan layanan gratis panggilan call center, WhatsApp dan SMS blast operasional dari ChatBot WhatsApp Covid19.go.id, untuk terus memastikan ketersediaan layanan internet yang memadai. Ia juga mengimbau platform jual beli seperti Tokopedia dan Bukalapak, menjamin barang di platform mereka dijual dengan harga wajar.

Advertisement

Karena kita mendorong kegiatan belanja dari rumah, konsultasi dari rumah, dan belajar dari rumah. Saya memastikan perusahaan digital tersebut bisa menjaga ketersedian produk-produk yang dibutuhkan masyarakat, dan memastikan bahwa harga tetap di dalam jangkauan masyarakat. Dalam hal ini ada komitmen dari platform digital untuk memblokir apabila terdapat akun atau merchant yang menggunakan kesempatan untuk menaikkan harga,” jelas Jhonny.

Co-founder and Vice-Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison (Foto: dok. kominfo.go.id) via www.youtube.com

Menyambung permintaan Menteri Jhonny tersebut, CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengatakan sudah melakukan tindakan terhadap pelapak yang mengambil keuntungan nggak wajar dalam kondisi darurat saat ini. Sementara Co-founder and Vice-Chairman Tokopedia Leontinus A. Edison, mengatakan langkah pro-aktif mereka sejak Januari lalu sudah memblokir lebih dari puluhan ribu akun penjual Tokopedia yang menetapkan harga nggak wajar khusus untuk produk kesehatan dan kebersihan.

“Untuk produk-produk kesehatan dan kebersihaan, sampai dengan hari ini sudah puluhan ribu yang berhasil kami blokir. Kami akan terus menyempurnakan sistem blokir otomatis ini, dan juga berharap partisipasi dari pengguna semua untuk menggunakan fitur laporkan di aplikasi Tokopedia jika menemukan produk yang dijual dengan harga tidak wajar,” ucap Leontinus.

Kemkominfo imbau masyarakat untuk bijak gunakan internet

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate (Foto: dok. kominfo.go.id) via www.youtube.com

Selain mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan layanan yang disediakan platform digital, Kemkominfo juga mengimbau agar masyarakat bisa bijak menggunakan internet sebagai ruang digital. Selain menjadi lahan subur bagi perkembangan hoaks, Jhonny mengatakan penggunaan ruang digital yang nggak bertanggung jawab bisa mempengaruhi kualitas jaringan internet bersama dan membatasi penyaluran informasi penting.

“Bagi semua yang menggunakan ruang digital, dengan segala hormat kami minta untuk jangan digunakan secara ilegal. Baik itu menonton film melalui situs ilegal menggunakan VPN, apalagi menyebarkan hoaks. Selain ilegal, hal itu akan menyedot bandwith dan akan mengganggu keseluruhan traffic internet. Jangan sampai karena penggunaan yang tidak dibutuhkan, ketersediaan jaringan terganggu,” tutup Jhonny.

Karena pemerintah dan berbagai mitra strategis sudah bersinergi dalam melawan penyebaran virus Corona, saatnya kita sebagai masyarakat juga mengambil peran penting yakni dengan patuh menerapkan social distancing dan imbauan lain dari pemangku kebijakan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

CLOSE