Erick Thohir Terbitkan Surat Edaran Soal Fasilitas Umum BUMN Gratis

Erick Thohir surat edaran fasilitas umum

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada 22 November lalu mendapati fakta lapangan bahwa fasilitas toilet SPBU Pertamina yang didatanginya tidak gratis. Erick mengatakan toilet merupakan fasilitas umum yang seharusnya gratis digunakan. Menurutnya, pemilik SPBU sudah memperoleh keuntungan dari penjualan bahan bakar minyak (BBM) dan penyewaan toko.

Advertisement

Tak lama setelah viralnya aksi Erick Thohir menyinggung toilet berbayar, Menteri BUMN ini kemudian menerbitkan Surat Edaran Nomor SE-16/MBU/11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN. Dalam surat yang diteken pada 24 November itu, Erick menegaskan bahwa semua fasilitas umum yang berada di bawah pengelolaan BUMN harus dikelola dengan baik dan bisa diakses secara gratis.

Terdapat 3 poin isi surat edaran tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Sosial BUMN

Surat Edaran Nomor SE-16/MBU/11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN memuat tiga poin utama. Poin pertama berbunyi pemberian layanan oleh BUMN yang di dalamnya terdapat fasilitas umum dan fasilitas sosial harus dilakukan perawatan, pemeliharaan, dan pengelolaan yang memadai sehingga memberikan dampak optimal dan tidak membebani masyarakat yang menggunakannya.

Advertisement

Di dalam poin pertama ini, dijelaskan mengenai tidak adanya pungutan bagi masyarakat pengguna fasilitas umum dan fasilitas sosial. Pada poin kedua, fasilitas harus tersedia secara memadai dan terawat dengan baik agar menjadi standar kualitas layanan BUMN. Poin ketiga, dewan komisaris dan dewan pengawas BUMN diminta untuk terus mengawasi pelaksanaan surat edaran ini karena akan menjadi pedoman BUMN untuk meningkatkan layanannya.

Sebelumnya, Erick Thohir meminta fasilitas umum di pom bensin digratiskan

Advertisement

Selain mewanti-wanti untuk menyediakan fasilitas yang terawat dan memadai, Erick juga meminta fasilitas umum dan sosial yang dikelola layanan BUMN harus  gratis. Sebelumnya, Erick melalui video yang diunggah dalam Instagramnya, Senin (22/11/2021) mengatakan kepada Direksi Pertamina bahwa fasilitas umum semacam toilet seharusnya gratis.

Menteri BUMN itu juga mengatakan bahwa masyarakat seharusnya mendapatkan fasilitas tambahan mengingat pemilik sudah mendapatkan keuntungan melalui penjualan BBM dan penyewaan toko. Dia juga meminta seluruh direksi Pertamina kerjasama dengan pom bensin swasta di bawah Pertamina supaya fasilitas toilet bisa digratiskan. Erick  menyampaikan permintaannya ini karena menemui fakta lapangan di SPBU Pertamina di Kecamatan Malasan, Probolinggo. Diketahui di SPBU tersebut, masyarakat yang ingin memakai toilet harus membayar Rp2000 – Rp4000. Dalam keterangan unggahannya, Erick menuliskan bahwa pelayanan terbaik masyarakat adalah kewajiban BUMN.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE