Nggak hanya sebagai hiburan pelengkap dan media berkomunikasi saja, kini media sosial sudah bisa dibilang sebagai sebuah bagian hidup kita. Mulai dari bangun pagi hingga sebelum tidur, media sosial populer nggak pernah sepi pengunjung. Selain menawarkan berbagai kemudahan buat pengguna, media sosial juga seolah jadi lapak berbagai bisnis online yang ingin memasarkan produk dan berkepentingan dengan audiens di dalamnya.

Jika suatu hambatan terjadi pada media sosial beberapa waktu saja, sebenarnya sudah menimbulkan banyak kerugian bagi investor. Belum lagi, berbagai kepentingan dan keperluan pengguna media sosial jadi terganggu. Facebook dan Instagram sebagai media sosial raksasa yang paling banyak digunakan ternyata juga masih mengalami permasalahan ini. Hampir seharian kemarin di beberapa lokasi, Facebook dan Instagram sempat mengalami down atau terhambat operasionalnya. Nah, biar jelas, baca uraian Hipwee News & Feature berikut ini ya!

Hampir seharian, sebagian besar pengguna Facebook dan Instagram mengalami kendala akses konten. Padahal sinyal dan kuota penuh, tapi kok loading aja, apa kamu mengalami?

Peta laporan kendala Facebook dan Instagram. via mashable.com

Advertisement

Pada 20/11 kemarin, hampir seharian pengguna Facebook dan Instagram mengaku kesusahan mengakses konten. Terkadang, beberapa unggahan baru bahkan nggak bisa dibuka, linimasa juga nggak berubah. Tentu hal ini menimbulkan keresahan tersendiri bagi pengguna dan mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis di media sosial. Bukan hanya kamu saja, ternyata hampir seluruh dunia juga mengalaminya kok.

Meski nggak secara keseluruhan pengguna mengalami kendala, tapi laporan soal kendala akses ini melonjak. Bahkan sempat jadi trending di twitter

Peringatan eror. via mashable.com

Bisa jadi awalnya kamu merasa kesulitan akses Facebook dan Instagram yang kamu hadapi hanyalah permasalahan jaringan belaka. Nyatanya, dikuti melalui Mashable, tagar #FacebookDown dan #InstagramDown semat jadi trending di Twitter. Artinya, permasalahan yang kamu hadapi kemarin bukan soal jaringan semata. Tapi memang ada kendala serius yang dihadapi oleh hampir semua orang pengguna di seluruh dunia.

Bahkan menurut  DownDetector, kebanyakan pengguna yang mengalami hambatan dalam akses paling banyak berlokasi di Amerika Serikat dan Eropa walaupun ada juga laporan gangguan dari wilayah Asia serta Amerika Latin. Banyak juga pengguna yang akhirnya membagikan tangakapan layar Facebook mereka yang berisi tulisan “Sorry, something went wrong. We’re working on it and we’ll get it fixed as soon as we can.”

Pihak pengembang aplikasi kemudian memberikan penjelasan dan meminta maaf soal kendala ini. Mulai hari ini mereka berjanji memberikan performa 100%

Bisa beroperasi kembali. via www.entrepreneur.com

Advertisement

Pengembang Facebook yang juga membawahi Instagram, mengatakan pada Mashable kalau sampai sekarang pihaknya masih menyelidiki penyebab terhambatnya server. Dimungkin hal ini terjadi karena konfigurasi server dan mengakibatkan permasalahan pada berbagai aplikasi secara global. Permasalahan ini kemudian berusaha diatasi dan mereka berjanji untuk memberikan 100% performa kepada setiap pengguna. Selain memberikan penjelasan tentang terganggunya server, pihak Facebook juga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dialami oleh banyak pengguna.

Terkadang mungkin kamu merasa kesulitan untuk akses media sosialmu. Kalau mengalami hal ini, cobalah laporkan kendala ini langsung ke pihak pengembang, atau buatlah tagar di Twitter dan lihat bagaimana orang lain juga mengalami hal yang sama denganmu. Kalau sampai laporan dan bikin unggahan twitter, ternyata nggak ada yang mengalami hal serupa mungkin kamu patut sedih, karena tandanya kuotamu sudah habis. 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya