5 Hal Misterius Istri Kim Jong-un yang Masih Jadi Tanda Tanya. Tidak Ada yang Tahu Identitas Aslinya

Fakta istri Kim Jong-un

Isu soal meninggalnya Kim Jong Un terus menjadi perbincangan sampai detik ini. Tapi, sampai detik ini juga kabar tersebut belum dikonfirmasi kebenarannya oleh pihak Korea Utara. Ada sih beberapa pihak yang menyangkal kematian Kim, termasuk Donald Trump. Sebagian lagi bilang kalau Kim memang sedang dalam kondisi sakit keras. Yang mana yang benar, sulit dipastikan, apalagi mengingat kalau Korut itu negara yang serba tertutup.

Advertisement

Nggak baru sekali ini aja Korut bikin sedunia penasaran. Banyak seluk beluk kehidupan pemerintah Korut yang mungkin belum banyak diketahui publik, termasuk istri dari Kim Jong Un, bernama Ri Sol-ju. Wanita yang dinikahi Kim pada 2009 itu selalu tampil menawan dan bersikap ramah. Namun sama seperti Kim, identitas Ri nggak banyak diketahui publik. Berikut ini beberapa hal misterius tentang dirinya.

1. Nggak banyak yang diketahui publik tentang istri Kim Jong-un yang bernama Ri Sol-ju, termasuk umurnya. Identitasnya memang sengaja dirahasiakan demi keamanan

Kecantikan Ri Sol-ju via edition.cnn.com

Sebagian orang menduga kalau ā€œRi Sol-juā€ bukanlah nama aslinya, melainkan nama baru yang diperoleh setelah menikah dengan Kim. Wanita ini diperkirakan lahir antara tahun 1985 hingga 1989, berarti sekarang umurnya 30-an tahun. Latar belakang keluarga Ri juga nggak diketahui dengan pasti. Diperkirakan dia berasal dari kalangan elite di Korea Utara. Pasalnya, Ri mempunyai hubungan dengan Ri Pyong-chol yang merupakan pemimpin angkatan udara sekaligus penasihat dekat Kim Jong-un.

Dilansir dari CNN, Ri adalah lulusan Kim II Sung University. Dia juga belajar seni vokal di China dan pernah tampil sebagai penyanyi di Unhansu Orchestra. Pada 2005, Ri mengunjungi Korea Selatan saat berlangsungnya Asian Athletics Championships di Incheon. Dia menjadi salah salah satu cheerleader yang memberi semangat selama pertandingan. Selain info-info tersebut, nggak banyak yang diketahui publik tentang kehidupan Ri sebelum menjadi pendamping Kim Jong-un.

Advertisement

2. Ri Sol-ju mulai diperkenalkan sebagai istri Kim Jong-un pada 2012. Namun nggak ada yang tahu kapan tepatnya mereka menikah

Pasangan serasi via www.indozone.id

Sebagian orang menduga Kim dan Ri menikah pada 2009 seperti dilansir dari BBC. Sebab, ayah Kim yang bernama Kim Jong Il terburu-buru mempersiapkan pernikahan anaknya setelah menderita stroke pada 2008. Tetapi identitas Ri nggak diungkapkan ke publik walaupun dia sudah beberapa kali muncul mendampingi Kim. Barulah pada 2012, media Korea Utara mengumumkan bahwa Ri adalah istri Kim. Fenomena ini berbeda dengan pemimpin terdahulu, Kim Jong Il, yang nggak pernah memperkenalkan istrinya di depan umum.

3. Biasanya Ri Sol-ju menemani Kim Jong-un di depan publik, tetapi ada kalanya dia menghilang cukup lama. Orang-orang menduga dia menyembunyikan kehamilannya

Berdampingan di depan publik via edition.cnn.com

Ri cukup sering terlihat mendampingi suaminya dalam berbagai acara, mulai dari kunjungan ke luar negeri sampai saat Kim melakukan uji coba misil. Namun, ada kalanya Ri menghilang dari sorotan publik dalam waktu yang cukup lama. Contohnya pada 2017, dia nggak terlihat selama beberapa bulan sampai orang-orang mengkhawatirkan kesehatannya. Tetapi kemudian dia muncul kembali. Sebagian orang menduga kalau sebetulnya saat itu Ri menyembunyikan kehamilan dan persalinan anaknya.

4. Identitas dan jumlah pasti anak Ri Sol-ju nggak diketahui. Namun, diperkirakan dia mempunyai tiga anak dari Kim Jong-un

Advertisement

Kim dan Ri menggendong pasien di rumah sakit via kepek.444.hu

Menurut badan intelijen Korea Selatan, pasangan ini diperkirakan mempunyai tiga anak. Anak pertama mereka adalah laki-laki, lahir pada 2010. Sedangkan anak kedua adalah perempuan yang lahir pada 2013. Hal tersebut dikonfirmasi oleh pemain basket NBA Dennis Rodman yang pernah datang ke Korea Utara. Teman dekat Kim Jong-un ini berkata kalau dia pernah menggendong anak kedua mereka yang bernama Ju-ae pada 2013. Lalu pada 2017, lahirlah anak ketiga Ri dan Kim yang berjenis kelamin perempuan.

Sebagai calon penerus Kim, identitas ketiga anaknya memang sengaja disembunyikan demi keamanan. Hal yang sama juga dialami oleh sang ayah. Sebelum menjabat sebagai pemimpin Korea Utara, sangat sedikit informasi yang diketahui tentang Kim. Bahkan foto-fotonya baru dirilis ke publik pada 2010, sesaat sebelum dia diserahi jabatan dan diperkenalkan pada rakyat Korea Utara. Misterius banget ya keluarga ini~

5. Sebagai Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol-ju selalu tampil menawan. Dia suka membawa barang-barang bermerek yang memancing kritikan publik

Ri Sol-ju membawa tas Dior via baomoi.me

Biasanya Ri terlihat memakai setelan feminin sepanjang lutut. Gayanya dinilai anggun dan nggak terlalu konservatif. Ri juga menyukai aksesoris yang mewah. Dia pernah terlihat membawa tas tangan bermerek Chanel dan Dior yang sangat mahal. Akibatnya dia mendapat kritik dari dunia internasional, mengingat masih banyak rakyat Korea Utara yang hidup miskin dan kelaparan.

Sejauh ini, itulah hal yang diketahui tentang Ri Sol-ju, istri Kim Jong-un sekaligus Ibu Negara Korea Utara. Hingga kini, sosoknya masih dianggap misterius dan berbagai berita tentangnya masih simpang-siur. Namun satu hal yang perlu kita akui, Ri Sol-ju adalah wanita yang hebat karena berani bersanding dengan Kim Jong-un!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

An amateur writer.

CLOSE