Bangkit Bersama UMKM dan Driver di Masa Pandemi, Gojek Telah Kucurkan Sekitar Rp1 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Mitra

Gojek penuhi kebutuhan mitra

Selama masa pandemi, semua orang sama-sama berjuang untuk bertahan dalam keadaan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Banyak dari mereka yang harus kehilangan pekerjaan, hingga kehilangan orang-orang tersayang. Namun, semua kesulitan tersebut tak menyurutkan orang-orang untuk saling bantu, seperti dilakukan para mitra Gojek. Yup, mereka yang mau tidak mau harus berada di jalanan dengan segala risiko, justru turut membantu menyokong hidup kita semua dalam mengakses makanan sampai obat-obatan.

Advertisement

Mengapresiasi hal tersebut, Gojek dengan berbagai inisiatif kemudian memberikan dukungan kepada mitra driver dan mitra UMKM untuk bertahan, tumbuh, dan bangkit bersama. Platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara ini telah mengucurkan sekitar Rp1 triliun untuk membantu mitra. Gojek juga memberikan apresiasi kepada mitra yang menjadi pejuang pandemi dalam ajang penghargaan Mitra Juara Gojek.

Di tengah masa-masa sulit, Gojek terus menjalankan berbagai inisiatif bantuan kepada mitra agar dapat #BangkitBersama

Pembicara dalam acara Ngobrol Bareng Gojek 2021 | dok. Gojek

Dalam acara Ngobrol Bareng Gojek 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (5/11), hadir Chief Transport Officer Gojek, Raditya Wibowo, Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra, dan VP Corporate Affairs Gojek, Michael Say. Mereka membicarakan mengenai berbagai inisiatif yang telah dilakukan Gojek untuk membantu pelaku UMKM dan driver tetap bertahan dan tumbuh di tengah pandemi.

Menyusul kesadaran masyarakat tentang kebersihan, misalnya, Gojek memulai inisiatif yang berkaitan dengan hal itu kepada para mitranya. Mereka membagikan aset digital hingga perangkat fisik yang bisa menunjang protokol kesehatan. Chief Food Officer Gojek Catherine Hindra menyampaikan pihaknya juga turut membangun komunitas terutama untuk para mitra yang baru bergabung di tengah masa pandemi.

Advertisement

“Pada awalnya, kita banyak mengerjakan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang tentang hygene. Kedua, kita juga membangun komunitas, terutama untuk mitra baru karena banyak mitra yang bertumbuhan karena kehilangan pekerjaan.” kata Catherine dalam acara virtual Ngobrol Bareng Gojek, Jumat (5/11).

Catherine melanjutkan, Gojek juga telah memperkuat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dengan materi edukasi terbaru, hingga akhirnya GoFood terus bertumbuh menjadi layanan dengan satu juta mitra UMKM di seluruh Indonesia.

Advertisement

Di lain bentuk, para driver juga dilibatkan dalam Program Kesejahteraan Mitra Driver yang terdiri atas tiga program utama, meliputi bantuan kebutuhan pokok, berupa sembako hingga voucher belanja. Kedua, mereka juga diberikan bantuan penyediaan layanan dan perlengkapan kesehatan, mulai dari masker, handsanitizer, sampai fasilitas vaksinasi.

“Ada pembagian masker, hand sanitizer, serta edukasi dan sosialisasi vaksin. Harapan kami, driver menjadi contoh masyarakat untuk mau divaksin. Itu menjadi prioritas utama, ada pos vaksin juga,” terang Chief Transport Officer Gojek Raditya Wibowo.

Tak berhenti di sana, Gojek juga telah memfasilitasi vaksinasi untuk ratusan ribu mitra driver di lebih dari 130 kota/kabupaten melalui kerja sama dengan pemerintah maupun swasta. Mereka juga memberikan bantuan pengganti pendapatan kepada mitra driver yang nonaktif sementara saat pandemi.

Untuk keempat kalinya, Gojek kembali menggelar ajang Mitra Juara Gojek untuk para pejuang pandemi

Pak Ubay, Mitra Juara Gojek 2021 yang inspiratif | dok. Gojek

Untuk menularkan optimisme kepada para mitra, tahun ini Gojek kembali menggelar ajang tahunan Mitra Juara Gojek dengan tema “Pejuang Pandemi”. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penghargaan Mitra Juara Gojek tahun ini diberikan khusus kepada mereka yang menginspirasi lingkungan untuk meringankan beban pandemi.

“Tahun ini adalah tahun keempat kami memberikan penghargaan kepada mitra yang terus menginspirasi. Upaya para mitra yang menunjukkan ketangguhan mereka telah menjadi penyemangat bagi kami untuk selalu mendukung mitra di ekosistem agar bertahan dan pulih di masa pandemi sekaligus tetap berinovasi untuk membantu mitra dan konsumen dalam mempermudah hidup mereka,” kata Kevin.

Gelar mitra juara Gojek diberikan kepada 24 mitra di seluruh layanan Gojek, termasuk di Singapura dan Vietnam. Profil Mitra Juara Gojek yang terpilih oleh Gojekers untuk mendapatkan apresiasi berupa uang tunai senilai Rp 25.000.000 adalah Jubaeroni.

Mitra yang akrab disapa Ubay ini merupakan driver GoRide yang menjadi pahlawan bagi masyarakat Pontianak di tengah pandemi. Karena tingginya kebutuhan akan tabung oksigen saat itu, Ubay rela mengantre dan mengisikan oksigen kepada orang-orang yang membutuhkan tanpa memungut biaya.

Dalam dua bulan, beliau sudah mengantarkan lebih dari 200 tabung oksigen kepada mereka yang membutuhkan. Ubay juga tidak pernah menolak orderan yang berupa kebutuhan pokok dan obat-obatan meskipun di saat cuaca tidak mendukung.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE