Gojek dan Tokopedia Resmi Merger Jadi GoTo. Kenapa Perusahaan Besar Memilih Bersatu?

gojek tokopedia merger

Dua perusahaan raksasa dalam negeri, Gojek dan Tokopedia sukses bikin heboh se-Indonesia atas merger yang mereka lakukan. Dengan nama GoTo, perusahaan ini mengombinasikan beberapa layanan sekaligus meliputi e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi, dan keuangan.

Advertisement

Dilansir dari Kompas, gabungan valuasi dua perusahaan setelah merger mencapai $22 miliar atau Rp310,2 triliun.

Nggak heran melihat bagaimana kedua perusahaan ini ketika berdiri sendiri pun sudah masuk jajaran unicorn. Malah, mungkin timbul pertanyaan kenapa perusahaan yang sudah sebesar itu harus bergabung menjadi satu. Sebenarnya apa yang mereka cari dari merger ini? Lalu, apa saja yang sebenarnya digabungkan? Simak yuk penjelasan selengkapnya mengenai merger!

Merger adalah proses penggabungan dua perusahaan yang sudah ada sebelumnya, biasanya identik juga dengan istilah akuisisi

Mitra Gojek/ Credit: Gojek official site via www.gojek.com

Dilansir dari Investopedia, merger adalah perjanjian yang dilakukan oleh dua perusahaan menjadi satu perusahaan. Biasanya merger dilakukan oleh dua perusahaan yang memiliki kesetaraan dalam beberapa hal seperti ukuran, konsumen, dan skala operasi. Oleh sebab itulah, dua perusahaan raksasa seperi Gojek dan Tokopedia memilih untuk bersatu. Biasanya merger juga identik dengan istilah akuisisi, bedanya akuisisi dilakukan di mana sebuah perusahaan yang lebih dominan membeli perusahaan lainnya.

Advertisement

Walaupun sama-sama menggabungan perusahaan, ada beberapa jenis merger dalam dunia bisnis yang umum dilakukan

Sign Tokopedia/ Credit: Tokopedia official site via www.tokopedia.com

Ternyata merger tak hanya melakukan penggabungan dua perusahaan saja namun ada beberapa macamnya, yaitu:

  • Conglomerate: Penggabungan dua perusahaan yang memiliki kegiatan bisnis berbeda atau wilayah geografis yang berbeda.
  • Congeneric: Juga dikenal sebagai Product Extension merger, di mana dua perusahaan atau lebih yang bergabung memiliki pasar atau sektor yang sama dengan faktor yang saling melengkapi seperti di bidang teknologi, marketing, proses produksi, dan riset.
  • Market Extension: Dua perusahaan yang bergabung menjual produk yang sama tapi berkompetisi di pasar yang berbeda. Merger dilakukan untuk memperluas target market dan memperbesar basis klien.
  • Horizontal: Terjadi pada perusahaan yang mengoperasikan industri yang sama, masing-masing perusahaan biasanya menawarkan produk atau jasa yang sama.
  • Vertical: Terjadi ketika dua perusahaan beroperasi pada level yang berbeda pada rantai pasokan yang sama untuk mengombinasikan operasi mereka.

Kegiatan bisnis sebesar ini tentunya dilakukan demi tujuan yang ingin dicapai, ada beberapa kemungkinannya

Merger/ Credit: snowing on Freepik via www.freepik.com

Dilansir dari CNN, Peneliti Center of Innovation and Digital Economy Indef Nailul Huda melihat Gojek dan Tokopedia memutuskan menjadi GoTo untuk menjawab tantangan persaingan sektor ekonomi digital. Merger ini sekaligus untuk memperkuat setelah adanya SEA Group dengan e-commerce Shopee dan kolaborasi yang dilakukan antara Grab, OVO, dan Emtek. GoTo memiliki tujuan agar bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara tersebut dengan meningkatkan pangsa pasar dan valuasi mereka.

Selain itu, ada juga beberapa tujuan lain dua perusahaan ketika melakukan merger seperti agar mendapatkan saham, mengurangi biaya operasi, memperluas ke wilayah baru, menyatukan produk yang serupa, menumbuhkan revenue, dan meningkatkan profit.

Walaupun kelihatannya sebuah perusahaan sebesar Gojek atau Tokopedia bisa sukses dengan berdiri sendiri namun merger tetap dilakukan untuk mengembangkan bisnis ke jangkauan yang lebih luas. Semoga perusahaan ini nantinya bisa memberikan manfaat yang juga tak kalah banyak untuk masyarakat ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE