Halodoc Bersama Gojek Hadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Berbasis Drive Thru di Komplek Kemayoran Jakarta

Drive Thru Vaksinasi Covid-19 Halodoc

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia tengah memasuki tahap kedua, dengan prioritas kelompok lansia dan petugas publik. Dalam target yang dikehendaki Presiden Jokowi, selama 12 bulan sejak Januari 2021 sebanyak 181 juta penduduk Indonesia akan menerima vaksin.

Advertisement

Target tersebut bukan mustahil tercapai karena percepatan bisa dilakukan dengan kolaborasi lintas sektor. Hal ini yang diupayakan Halodoc sebagai mitra resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Bersama Gojek, platform telehealth ini menghadirkan pos pelayanan vaksinasi Covid-19 berbasis drive thru di komplek Kemayoran Jakarta Pusat mulai Rabu, (3/3/2021) hingga akhir tahun 2021.

Bertujuan memudahkan masyarakat sejak dari pendaftaran hingga tahapan-tahapan vaksinasi

Peserta vaksinasi lansia ber-KTP DKI Jakarta sedang melakukan pengecekan kondisi kesehatan oleh tim medis sebelum mendapatkan vaksin di Pos Pelayanan Vaksinasi Drive Thru Halodoc, Kemayoran, Jakarta, Rabu (3/3/2021) (dok. Halodoc) via www.hipwee.com

Melalui pos pelayanan vaksinasi Covid-19 berbasis drive thru, Halodoc akan memfasilitasi kemudahan akses pembuatan janji vaksinasi melalui aplikasi, penerbitan sertifikat vaksinasi, hingga tahapan-tahapan vaksinasi yang dapat dilakukan dengan ringkas dari kendaraan.

Advertisement

Sementara Gojek, berperan dalam memberikan akses penjadwalan melalui layanan GoMed yang terintegrasi dengan Halodoc, dan menyediakan armada GoCar secara gratis di area vaksinasi untuk peserta yang datang tanpa kendaraan. Untuk vaksinator dan tim medis yang bertugas, Drive Thru Vaksinasi Covid-19 menggandeng Rumah Sakit Hermina.

Kemudahan yang ditawarkan layanan ini nggak lepas dari pengalaman Halodoc menghadirkan layanan drive thru di 11 kota Indonesia. Selain itu selama satu tahun belakangan, mekanisme drive thru untuk penanganan pandemi juga telah dijalankan Halodoc di komplek Kemayoran, seperti untuk rapid test dan swab test Covid-19.

“Kami akan terus memaksimalkan kemampuan kami dalam membantu percepatan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia, khususnya melalui layanan drive thru Halodoc yang telah menjadi andalan masyarakat selama pandemi,” kata CEO dan Co-Founder Halodoc, Jonathan Sudharta dari lokasi pos pelayanan vaksinasi Covid-19 berbasis drive thru yang disiarkan secara virtual.

Advertisement

Saat ini Drive Thru Vaksinasi Covid-19 diperuntukkan bagi lansia

Sejumlah lansia, termasuk mitra driver Gojek mengikuti proses vaksinasi di Pos Pelayanan Vaksinasi Drive Thru Halodoc, Kemayoran, Jakarta pada Rabu (3/3/2021) (dok. Halodoc) via www.hipwee.com

Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah, pada saat ini Drive Thru Vaksinasi Covid-19 diperuntukkan bagi lansia di atas 60 tahun yang memiliki KTP DKI Jakarta, dengan target hingga ribuan dosis vaksin setiap harinya.

Terdapat total tujuh jalur drive thru dengan rincian dua untuk mobil dan enam untuk sepeda motor. Sebelum menerima vaksin, peserta yang telah mendaftar akan melakukan cek kesehatan meliputi pemeriksaan temperatur, tekanan darah, dan saturasi oksigen.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi menyampaikan apresiasinya terhadap kehadiran Drive Thru Vaksinasi Covid-19. Menurutnya, inisiatif ini akan membuktikan bahwa kolaborasi lintas sektor dapat membantu percepatan program vaksinasi Covid-19.

“Untuk mengejar target vaksinasi, pemerintah tidak bisa sendirian. Harus kerja sama dengan swasta juga. Karena itu saya bilang ini (vaksinasi) bukan program, melainkan gerakan inklusif agar semua pihak dapat berpartisipasi. Mudah-mudahan layanan ini bisa memotivasi seluruh komponen bangsa untuk ikut (percepatan vaksinasi Covid-19),” terang Budi.

Senada dengan Menkes, Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes RI, dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, mengatakan peran pihak swasta sangat signifikan dalam mengejar target vaksinasi 181 juta penduduk dalam dua dosis selama satu tahun.

“Kalau cuma Kemenkes, jajaran kita kan (hanya) punya rumah sakit dan puskesmas. (Dengan itu) mungkin 10 tahun baru selesai (vaksinasinya),” kata Maxi.

(dok. Halodoc) via www.hipwee.com

Oleh karena itu Maxi menegaskan bahwa Drive Thru Vaksinasi Covid-19 akan jadi satu kekuatan baru bagi pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi Covid-19, dan berharap agar inisiatif serupa dapat berlanjut sepanjang tahun sembari direplikasi ke seluruh kota di Indonesia.

“Harapan saya kegiatan ini tidak putus sampai di sini, dan kalau bisa direplikasi ke seluruh kota Indonesia,” imbuhnya.

Merespons hal tersebut, Jonathan mengatakan ekosistem Halodoc akan selalu siap berkontribusi. Apalagi antusiasme masyarakat dengan layanan ini cukup baik, dibuktikan dengan ramainya pendaftar yang masuk pada 30 menit pertama pembukaan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 di aplikasi Halodoc.

“Ekosistem Halodoc akan selalu siap, terlebih mengingat layanan drive thru kami yang telah tersedia di 20 lokasi yang tersebar di 11 kota di Indonesia,” sambung Jonathan.

Nah, untuk dapat mengakses layanan vaksinasi Covid-19 berbasis drive thru, langkah yang harus diikuti cukup mudah. Masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi Halodoc, setelah itu pilih banner “Drive Thru Vaksinasi Covid-19”, lalu pilih lokasi dan waktu vaksinasi yang tersedia serta unggah kartu identitas, kemudian tunggu konfirmasi dari Halodoc. Informasi mengenai vaksinasi ini juga bisa didapat melalui layanan GoMed di aplikasi Gojek.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

I know I glow up

CLOSE