Hadirkan Inovasi Terbaru di Aplikasi GoBiz, Gojek Mudahkan Pelaku UMKM untuk Gabung ke Ekosistem Digital

Aplikasi GoBiz

Untuk menyokong kondisi finansial di masa pandemi ini, banyak orang yang mulai mencoba bisnis kecil-kecilan dari rumah. Hal ini bisa disaksikan dari lingkungan terdekat. Seperti teman-teman yang mulai mempromosikan usahanya melalui media sosial dengan berbagai produk jualan, mulai dari kerajinan tangan, jasa seperti edit foto, atau bahkan kuliner.

Advertisement

Di samping bisa membantu keuangan individu dan keluarga, pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di masa pandemi ini ternyata juga sejalan dengan harapan pemerintah yang menargetkan 10 juta UMKM bergabung ke platform digital hingga akhir 2020. Nah, untuk bisa memenuhi target pemerintah tersebut, Gojek sebagai perusahaan teknologi yang berkomitmen memudahkan kehidupan dengan teknologi, turut menawarkan ekosistem digital miliknya untuk dimanfaatkan pelaku UMKM khususnya di bidang kuliner lewat aplikasi GoBiz.

UMKM dalam ekosistem Gojek terbukti mampu bertahan lebih baik selama pandemi Covid-19

Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung dalam Webinar Inovasi Terbaru Dorong Jutaan UMKM
#MelajuBersamaGojek dengan Super App GoBiz via Zoom, Selasa (15/9/2020) (dok. tangkapan layar) via www.hipwee.com

Meski banyak perusahaan teknologi yang menawarkan ekosistemnya untuk kelangsungan UMKM, Gojek agaknya jadi salah satu yang berhasil. Menurut riset LD FEB UI, UMKM yang berada dalam ekosistem Gojek terbukti mampu bertahan lebih baik selama pandemi ini. Hasil riset tersebut memicu Gojek untuk terus menghadirkan solusi yang komprehensif untuk UMKM di berbagai skala usaha, yang saat ini mereka wujudkan dengan meluncurkan inovasi baru pada aplikasi GoBiz.

Aplikasi yang memudahkan pelaku UMKM dalam pengembangan usaha dan manajemen operasional ini sebenarnya sudah dihadirkan Gojek pada 2018 lalu. Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung, mengatakan sejak dua tahun terakhir, GoBiz telah membantu lebih dari 600 ribu UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan jangkauan terhadap lebih dari 170 juta pengguna Gojek. Ia menjelaskan, dengan kondisi pandemi saat ini yang memicu pertumbuhan pelaku UMKM, Gojek ingin agar para pelaku UMKM tersebut bisa beradaptasi terhadap transformasi digital sesuai harapan pemerintah, dengan memudahkan pelaku UMKM bergabung ke dalam ekosistem Gojek lewat inovasi pendaftaran mandiri via aplikasi GoBiz.

Advertisement

“Berdasarkan riset internal, hampir seluruh mitra usaha, atau lebih dari 90% sangat terbantu dengan ekosistem Gojek. Beberapa solusi yang paling jadi andalan UMKM adalah pengaturan promo sendiri, pembayaran non tunai, dan aplikasi GoBiz. Sekarang agar lebih memudahkan mitra yang ingin bergabung aplikasi GoBiz menghadirkan fitur inovasi daftar mandiri, yang relevan dengan situasi hari ini di mana masyarakat banyak beralih menjadi wirausaha khususnya di usaha kuliner,” kata Novi dalam Webinar Inovasi Terbaru Dorong Jutaan UMKM #MelajuBersamaGojek dengan Super App GoBiz via Zoom, Selasa (15/9/2020).

Dengan fitur “daftar mandiri” di GoBiz, setiap pelaku UMKM khususnya di bidang kuliner bisa mulai berjualan dengan cepat

Ilustrasi proses registrasi daftar mandiri di GoBiz (dok. tangkapan layar) via www.hipwee.com

Adapun sebelumnya aplikasi GoBiz punya tiga kelompok fitur menarik. Seperti promo platform dan pengajuan bantuan modal untuk tujuan pengembangan usaha, efisiensi operasional, dan pembayaran non-tunai demi menjangkau lebih banyak konsumen. Untuk melangkapi hal tersebut, GoBiz kini dilengkapi dengan fitur “Daftar Mandiri”. Fitur yang bertujuan mendigitalisasi pelaku UMKM yang masih manual ini juga akan bermanfaat bagi kamu yang baru memulai usaha seperti di bidang kuliner. Karena dengan hanya melalui aplikasi, kamu bisa mulai jualan di GoFood. Novi menjelaskan lewat daftar mandiri, mitra usaha dalam kurang lebih 10 hari kerja sudah bisa berjualan melalui GoFood.

Advertisement

“Semua produk yang ada dalam ekosistem Gojek punya komitmen yang sama yakni memudahkan kehidupan dengan teknologi. Melalui fitur daftar mandiri di GoBiz, idealnya 10 hari kerja mitra sudah bisa live di aplikasi pelanggan untuk berjualan,” terang Novi.

Ilustrasi proses verifikasi daftar mandiri di GoBiz (dok. tangkapan layar) via www.hipwee.com

Kalau kamu berminat untuk jualan lewat GoFood melalui aplikasi GoBiz, langkah yang diperlukan sangat sederhana. Pertama kamu tinggal unduh aplikasi GoBiz di ponsel Android, lalu pilih satu di antara tiga layanan yang ditawarkan GoBiz. Yakni GoFood, GoPay, dan POS. Kamu juga bisa pilih ketiga-tiganya kalau mau. Setelah itu, kamu harus melakukan registrasi dengan memasukkan data-data yang diminta. Setelah itu kamu akan masuk ke tahap verifikasi demi kenyamanan dan keamanan seluruh pengguna di ekosistem Gojek. Setelah lolos verifikasi, maka kamu akan masuk ke tahap aktivasi. Dari seluruh rangkaian langkah tersebut akan ada follow up dari tim Gojek untuk memastikan data yang kamu masukkan sudah benar.

Nah, khusus untuk kamu yang memilih layanan GoFood, pastikan kamu sudah melengkapi konten usaha meliputi foto makanan dan minuman. Setelah itu ada tahapan tambahan yakni location checking oleh dua mitra driver, untuk memastikan lokasi usaha dan kualitas makanan yang disuguhkan. Jika semua lancar, maka kamu bisa langsung berjualan setelah proses aktivasi. Seluruh rangkaian ini juga bisa kamu pantau melalui aplikasi GoBiz, lho~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE