Nggak Cuma Manusia, Peneliti Berhasil Temukan Hewan yang Juga Memiliki Hewan Peliharaan. Unik!

Hewan dengan hewan peliharaan

Bagi manusia, memelihara hewan seperti anjing atau kucing merupakan hal yang biasa. Motif di baliknya pun beragam, ada yang murni karena gemas, ada juga yang karena ingin punya teman pelipur kesepian. Apapun itu, sejatinya memelihara hewan merupakan simbiosis mutualisme alias laku yang saling menguntungkan. Hooman dapat teman, anabul dapat perhatian dan hidup yang nyaman.

Advertisement

Nah, tapi siapa sangka, ternyata memelihara hewan bukan cuma hal yang dilakukan oleh manusia lo. Para peneliti di Australia belum lama ini menemukan kalau ikan longfin damselfish adalah contoh pertama hewan yang memelihara hewan lain. Ikan yang dikenal “bertugas” merawat alga sebagai makanan ini diketahui memelihara udang mysid dengan motif yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Ikan longfin damselfish memelihara udang mysid di area alga dan akan melindungi mereka dari setiap predator

Kawanan udang mysid | Photo by User: (WT-shared) Pbsouthwood at wts wikivoyage, CC BY-SA 3.0 via commons.wikimedia.org

Peneliti dari Universitas Griffith dan Deakin, seperti dilansir dari The Conversation, mengatakan menemukan pemandangan unik ini ketika sedang memperhatikan aktivitas ikan longfin damselfish di terumbu karang lepas pantai Belize, Amerika Tengah. Di sana mereka melihat kalau area alga yang dirawat oleh ikan longfin damselfish turut dipenuhi kawanan udang mysid.

Pemandangan tersebut menarik perhatian mereka karena ikan longfin damselfish umumnya akan mengusir apapun yang mendekati alga yang mereka rawat. Nah, dari pemandangan tersebut mereka menduga kalau kawanan udang mysid tersebut merupakan peliharaan ikan longfin damselfish. Tapi untuk membuktikannya, mereka harus melakukan penelitian lebih lanjut.

Advertisement

Para peneliti melakukan uji lapangan dengan menempatkan kawanan udang mysid di dalam dua kantong bening, yang masing-masingnya diletakkan di dalam serta di luar area di mana alga-alga bertumbuhan. Hasilnya, udang mysid yang ditempatkan di luar area alga tak pelak jadi sasaran mangsa ikan lainnya. Sementara udang mysid yang ditempatkan di area alga dijaga oleh ikan longfin damselfish, dan setiap predator yang mendekat selalu mereka usir.

Ikan longfin damselfish memelihara dan menjaga udang mysid karena kotoran mereka bermanfaat sebagai pupuk pertumbuhan alga

Ilustrasi ikan dan alga | Photo by Derek Keats from Johannesburg, South Africa, CC BY 2.0 via commons.wikimedia.org

Usut punya usut lebih lanjut, ikan longfin damselfish memelihara udang mysid karena kotoran udang tersebut dapat bermanfaat sebagai pupuk pertumbuhan alga-alga. Makanya saat ditemukan oleh para peneliti, kawanan udang mysid ini berada di atas alga yang dirawat ikan longfin damselfish. Nah, sebagai imbalan atas manfaat yang telah udang mysid berikan, ikan longfin damselfish memberikan mereka tempat berlindung yang aman dan turut menjaga dari serangan predator.

Advertisement

Lewat penemuan ini para peneliti juga turut menguji secara pasti manfaat yang diberikan udang mysid kepada ikan longfin damselfish. Diketahui kualitas alga dan kesehatan ikan longfin damselfish memang mengalami peningkatan ketika ada udang mysid.

Proses domestikasi udang mysid oleh ikan longfin damselfish ini mungkin mirip seperti domestikasi kucing oleh manusia. Meski belakangan hubungan antara kucing dan manusia lebih seperti yang majikan adalah kucing, sementara yang jadi bucing alias budak kucing adalah manusia, pada awalnya kucing dipelihara karena terbukti bermanfaat sebagai pengusir hama di kebun dan rumah.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE