‘HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021’ Digelar untuk Perkaya Kemampuan Penyelesaian Masalah Pelajar Tingkat SMA

Design thinking

Setiap masalah butuh penyelesaian, dan caranya bisa beragam tergantung apa atau siapa yang mengalami masalah tersebut. Namun, ada satu proses penyelesaian masalah yang terbilang jitu, tetapi sayangnya masih cukup asing khususnya bagi anak muda. Proses tersebut dinamakan design thinking

Advertisement

Design thinking menyediakan pendekatan penyelesaian masalah berbasis inovasi dengan proses berpikir yang sistematis, menyeluruh dan mengedepankan rasa empati. Secara sederhana, dengan design thinking kita diajak menggunakan sudut pandang orang yang terdampak masalah untuk mencari solusi.

Ada banyak manfaat lain yang bisa dipetik dengan menguasai design thinking sejak muda. Menyadari itu, HiLo Teen pun menginisiasi program kompetisi bertajuk “HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021” yang dikhususkan bagi pelajar SMA dan sederajat.

HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 punya misi yang sama dengan agenda pemerintah dalam mempersiapkan SDM unggul

Head of Marketing Nutrifood Susana | dok. Tangkapan layar/Zoom

Head of Marketing Nutrifood, Susana, menjelaskan program kompetisi Hilo Teen Design Thinking Marathon 2021 digelar untuk melatih dan mempersiapkan para pelajar SMA menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang relevan dengan perkembangan industri ke depannya. Adapun yang akan diperlombakan dalam program ini berupa kampanye inspiratif dari kelompok peserta dengan pendekatan design thinking.

Advertisement

“Program ini bertujuan untuk mengajak siswa berlatih berpikir sitematis, analytical skill, kreatif, dan mengedepankan empati atau melihat serta menyelesaikan masalah dari mereka yang terdampak masalah,” kata Susana dalam konferensi pers virtual HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021, Selasa (24/8).

Selain diajak berkompetisi, kelompok peserta juga akan mendapatkan pelatihan terkait design thinking. Susana mengatakan program yang akan dimulai tanggal 25 Agustus hingga 19 Oktober 2021 ini menargetkan ribuan peserta yang berasal dari ratusan SMA dan sederajat di seluruh Indonesia.

Advertisement

Dalam pelaksanaannya, HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 bekerja sama dengan Singapore Tourism Board dan didukung oleh Pahamify, sebuah aplikasi belajar online. HiLo Teen dan dua kolaborator masing-masing menghadirkan topik berbeda untuk bisa dipilih dan dielaborasi oleh calon peserta dalam program kompetisi, yakni Healthy Lifestyle, Re-Imagining Travel in the Future, dan Positive Learning Attitude.

“Dalam program ini kita akan minta para peserta membuat inspiring campaign untuk remaja dengan pendekatan design thinking dari tiga topik yang memiliki relevansi dengan pelajar SMA saat ini,” lanjut Susana.

Rangkaian program HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021

| dok. Tangkapan layar/Zoom

Program HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 akan berjalan sejak tanggal 25 Agustus, diawali dengan Self Learning Workshop pada aplikasi Pahamify. Pada sesi yang bisa diakses hingga tanggal 19 Oktober ini, peserta akan mendapat pemaparan terkait isu-isu terkini dalam konteks gaya hidup sehat, pariwisata dan pendidikan hingga kesempatan belajar dan mengaplikasikan proses design thinking.

Setelah tahap Self Learning Workshop, sebanyak 20 kelompok peserta terpilih akan mendapatkan mentoring. Kegiatan yang diperkirakan berlangsung pada minggu kedua Oktober ini akan menghadirkan mentor terbaik untuk kelompok peserta, dan inspiring campaign yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok akan dipublikasikan di media sosial HiLo Teen.

Dari tahap mentoring akan dipilih 10 kelompok peserta untuk maju ke tahap Grand Final yang diperkirakan berlangsung pada minggu pertama November. Pada tahap ini para grand finalist akan melakukan live pitching terkait inspiring campaign yang telah dibuat. HiLo Teen menyatakan telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp250 juta untuk 20 peserta teratas.

Tak hanya berkesempatan mendapat hadiah berupa uang tunai, Area Director Indonesia Singapore Tourism Board Mohammed Firhan Abdul Salam mengatakan akan ada kemungkinan ide-ide dari para finalis HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 dipilih untuk diikutsertakan dalam kompetisi global.

“Jika nanti masukan dari segmen anak muda ini benar-benar game changer, dan mereka menujukkan potensi dalam menghadirkan solusi, kami nggak menutup kemungkinan untuk mengajukan ide yang bagus tersebut ke tahap (kompetisi) yang lebih tinggi,” ujar Firhan.

Syarat dan cara mendaftar HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021

| dok. Tangkapan layar/Zoom

Pendaftaran program ini akan dibuka mulai tanggal 25 Agustus hingga 19 Oktober 2021. Pelajar SMA dan sederajat dapat mengikuti program ini secara gratis tanpa syarat lainnya. Susana menekankan peserta diminta membentuk tim berjumlah empat orang dari sekolah yang sama, tetapi sebisa mungkin memiliki latar belakang yang berbeda-beda agar makin memperkaya proses kerja sama.

“Satu sekolah boleh mendaftarkan lebih dari satu kelompok. Nggak ada syarat khusus selain peserta harus merupakan siswa atau siswi SMA dan sederajat,” terang Susana.

Sementara untuk cara mendaftarnya, calon peserta pertama harus mengunduh aplikasi Pahamify melalui Play Store maupun App Store. Kemudian meregistrasikan akun dan mengunjungi halaman HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 pada kolom “What’s On”. Setelah itu peserta dapat mengikuti semua materi Self Learning Workshop sembari mempersiapkan inspiring campaign sesuai topik pilihan. Jika sudah selesai, daftarkan kelompok dan unggah worksheet design thinking.

Buat kamu pelajar SMA dan sederajat yang tertarik menjajal kemampuan diri dengan design thingking, bisa segera kumpulkan anggota kelompok dan daftarkan diri. Uang tunai senilai Rp85 juta akan menanti podium satu, berturut setelahnya Rp60 juta untuk posisi kedua dan Rp45 juta untuk juara ketiga. Informasi lebih lanjut mengenai program ini bisa didapat di laman resmi HiLo Teen.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE