Dampak yang terjadi setelah nonton drama Korea memang bervariasi bentuknya. Ada yang baper bahkan sampai menitikkan air mata, ada juga yang jadi sampai sebal setengah mati sama salah satu pemain gara-gara peran yang dia mainkan begitu jahat. Beda lagi dengan efek penasaran yang begitu besar sama makanan-makanan yang wara-wiri di drama Korea. Efek yang satu ini emang laten banget — niatnya cuma pengin nonton drakor, eh jadi lapar di tengah-tengah jalan.

Nah makanan yang sering buat para sobat drakor ini penasaran ini salah satu jenisnya adalah jajanan yang sering dijual di pojangmacha atau penjual pinggir jalan. Seringnya sobat drakor ini (mungkin termasuk kamu) kenalnya hanya tteopokki. Padahal jajanan Korea itu ada banyaaak sekali jenisnya. Apalagi yang sering nongol di drama Korea. Nah biar nggak cuma tahu tteopoki aja, nih Hipwee kasih tahu nama-nama jajanan ala Korea yang sering buatmu ngiler di tengah-tengah nonton drama~

1. Sering dijual sebelahan sama tteopokki, eomuk seriiiing banget muncul di scene ngemil orang-orang di drama Korea. Nah eomuk atau odeng adalah bakso ikan yang disajikan dengan ditusuk dan dinikmati dengan kuah kaldu teri. Tapi bisa juga dimakan dengan saus dan tanpa kuah

Kuah-kuah anget gini emang paling enak dinikmati pas musim hujan~ via www.his-travel.co.id

2. Nah kalau Hot Bar atau Hoba beda lagi. Hoba merupakan jajajan yang digoreng dan dibalut adonan eomuk. Isinya beragam ada sosis, sayuran, atau udang

Ngiler nggak kamu lihat ini? via enacademic.com

3. Nah lain lagi dengan twigim. Kalau Twigim merupakan tempuranya Korea. Biasanya terbuat dari sayuran atau seafood yang dibungkus dengan adonan tepung. Kalau pas nonton drama Korea dan ada adegan makan twigim, hm…kriuknya nggak nahan!

Gorengan ala Korea via blog.bnbhero.com

4. Kalau Tteogebi Hot Dog atau yang biasa kita sebut Hottang (hotdog kentang) udah tahu kan? Itu lho sosis yang dibalut adonan roti lalu luarnya ada topping kentang goreng, gula atau ada juga yang polosan. Nah Hottang ini paling enak dimakan dengan saus dan mustard nih. Rasanya juara!

Pengen nggak kamu? – Photo by Travelvui via www.his-travel.co.id

5. Mau yang anget-anget? Mandu jawabannya! Nah mandu ini adalah pangsit isinya Korea. Jajanan ini biasanya berisi cacahan daging atau kimchi. Cara menikmatinya bisa dalam dua cara yaitu dikukus dan digoreng, tergantung selera~

Tuh, Minguk aja lahap bener makan mandunya~ via kavenyou.com

6. Jajanan tradisional Korea juga nggak kalah sering lho muncul di dalam drama. Salah satu contohnya adalah pancake atau yang biasa disebut jeon. Isinya bisa berbagai macam, tapi yang paling hits itu kimchi jeon

Kimchi jeon biasanya dimakan langsung panas-panas via joilynnlum.blogspot.com

7. Nah kalau jajanan berbentuk ikan ini pada tahu kan? Yup, jajanan ini namanya bungeoppang. Roti berbentuk ikan ini biasanya berisi kacang merah, ubi atau kacang-kacangan

Bentuknya ikan tapi isinya ubi dan kacang-kacangan via i.ytimg.com

8. Hotteok beda lagi dengan Hottang ya? Kalau Hotteok ini merupakan panekuk Korea yang berisi kacang-kacangan. Jajanan ini biasanya dijual di pasar tradisional atau kios di pinggi jalan

Cara buatnya ditekan-tekan kayak gini nih~ via www.letsplayplanet.com

9. Sundae atau sosis darah ini juga sering banget muncul di drama. Jajanan satu ini merupakan sosis yang diisi beras ketan dan darah sapi atau babi. “Cetakan” untuk membuat sundae ini biasanya menggunakan usus sapi

Sundae ini kalau di drama biasanya dinikmati dengan dua cara, pakai kuah atau dimakan langsung via www.letsplayplanet.com

10. Terakhir ada dakgangjeong atau ayam goreng tepung yang dipotong kecil-kecil lalu diberi saus dan ditaburi biji wijen. Hm…warna yang mengkilap dari sausnya terlihat begitu menggoda ya?

Pilihan sausnya ada bermacam-macam tapi yang paling sering sih yang pedas manis via media.timeout.com

Advertisement

Setelah baca ini, sekarang kamu nggak cuman tahu tteopoki aja kan? Jajanan korea tersebut juga mulai banyak dijual lho di Indonesia. Semoga pas kamu diberi kesempatan buat jalan-jalan ke Korea Selatan nanti, kamu bisa langsung mencicipi jajanan yang selama ini hanya bisa dinikmati kriuk dan lezatnya lewat drama Korea. Berangan dulu aja, siapa tahu suatu saat nanti kesampaian sendiri. Hwaiting!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya