Bantu Sesama Hadapi Pandemi, Salah Satu Cara Bangkit Bersama dari Kondisi Sulit ini

Collabonation: Jogja Bersatu Bagi Berkah

Hampir dua tahun lamanya pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Dalam rentang waktu yang cukup panjang untuk sebuah krisis ini, banyak hal telah berubah dan berdampak kepada semua orang tanpa terkecuali para seniman. Yup, di masa pandemi ini kerja dan karya kreatif para seniman nggak bisa berjalan maksimal. Bahkan, nggak sedikit seniman, seperti banyak orang di bidang pekerjaan lain, harus alih profesi untuk dapat tetap memenuhi kebutuhan hidup. 

Kendati sampai saat ini masa sulit masih milik sebagian besar orang termasuk para seniman, harapan untuk bangkit dari kondisi tersebut akan selalu ada. Salah satunya dapat dilihat dari bagaimana solidaritas dan semangat persatuan tak pernah pudar dari bangsa Indonesia. Bagaimana dalam kondisi maha sulit, orang-orang bisa tetap membantu mereka yang lebih membutuhkan. Hal inilah yang menjadi alasan IM3 Ooredoo bersama para komunitas sepeda dan musisi menginisiasi Collabonation: Jogja Bersatu Bagi Berkah.

Gerakan sosial yang jadi wujud konsistensi IM3 Ooredoo sebarkan semangat persatuan

Aktivitas Collabonation: Jogja Bersatu Bagi Berkah | dok. IM3 Ooredoo

Collabonation: Jogja Bersatu Bagi Berkah adalah gerakan sosial yang dijalankan IM3 Ooredoo dengan melibatkan band asal Yogyakarta Shaggydog, musisi Iga Massardi, Komunitas Berkah Jaya Bike dari Jakarta, Bike to Share, dan sejumlah komunitas sepeda di Yogyakarta, untuk tujuan mulia yaitu menyalurkan bantuan kepada para seniman Kota Budaya yang terdampak pandemi. 

Gerakan sosial ini merupakan lanjutan semangat persatuan yang telah disebarkan IM3 Ooredoo sejak bulan Agustus lalu, diawali video “Satu Satu” yang dirilis bersama musisi senior Iwan Fals, Konser Kemerdekaan, hingga series “Collabonation Road to Unity”, sebuah dokumenter perjalanan para seniman dan musisi lintas generasi di empat kota Indonesia untuk berkolaborasi dan bertukar cerita terkait kegiatan produktif yang telah dilakukan dalam rangka membantu berbagai pihak yang terdampak pandemi. 

SVP Head of Brand Management & Strategy Indosat Ooredoo Fahroni Arifin mengatakan pergerakan aktif para seniman dan berbagai komunitas, yang salah satunya dapat disaksikan dalam series “Collabonation Road to Unity” Episode Yogyakarta, menjadi alasan mengapa gerakan sosial ini hadir di Yogyakarta. Lebih jauh, ia mengatakan Yogyakarta memang dikenal sebagai kota yang punya semangat nyata terhadap persatuan, terlihat dari setiap kegiatan dan karya-karya yang dihasilkan para senimannya. 

“Semangat persatuan kerap kali muncul dalam setiap kegiatan dan karya yang dihasilkan (seniman dan komunitas di Yogyakarta). Inilah yang menjadi landasan Collabonation hadir di Yogyakarta mendorong dan mengajak setiap lini untuk berkarya kembali,” ujar Roni. 

Collabonation: Jogja Bersatu Bagi Berkah ingin tunjukkan kesempatan dan peluang untuk bangkit bersama kepada komunitas dan para seniman

Aktivitas Collabonation: Jogja Bersatu Bagi Berkah | dok. IM3 Ooredoo

Melalui Collabonation: Jogja Bersatu Bagi Berkah, IM3 Ooredoo sekaligus ingin menunjukkan kesempatan dan peluang bagi komunitas dan para seniman di Yogyakarta untuk bangkit bersama dari kondisi maha sulit. Selain lewat penyaluran bantuan, kesempatan dan peluang tersebut coba ditunjukkan melalui serangkaian aktivitas yang memberikan dampak langsung. 

Dalam hal ini, Shaggydog dan Iga Massardi mengajak para musisi kenamaan Yogyakarta untuk terlibat dalam pertunjukkan musik bertajuk Konser Bersatu Bagi Berkah. Pertunjukkan ini menjadi ajang selebrasi dalam merayakan semangat bersatu untuk bangkit yang dimiliki para seniman dan komunitas Yogyakarta.

Adapun para musisi untuk ‘Konser Bersatu Bagi Berkah’ yang telah diselenggarakan di Jogja National Museum dengan tetap menaati peraturan protokol kesehatan ketat adalah Bagus Dwi Danto, Kukuh Prasetya sang pencipta lagu sukses “Mandung Tanpo Udan”, Yuliono Singsot yang dikenal jenaka lewat lirik semaunya, dan Prontaxan yang selalu berhasil meluluhlantakkan lantai dansa di setiap penampilannya.

Konser Bersatu Bagi Berkah | dok. IM3 Ooredoo

“Melalui Collabonation, IM3 Ooredoo ingin terus membantu menggerakkan masyarakat Yogyakarta agar senantiasa berkarya dan maju bersama,” imbuh Roni.

Lebih jauh, IM3 Ooredoo berharap energi dan semangat yang dihasilkan oleh Collabonation: Jogja Bersatu Bagi Berkah dapat menyebar dan menginspirasi lebih banyak masyarakat di berbagai kota di Indonesia. Karena seperti kita tahu, benih-benih persatuan sudah ada dalam diri setiap orang Indonesia. Yang dibutuhkan kemudian hanyalah stimulus untuk menjadikannya tumbuh subur dan senantiasa terjaga.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui segala hal terkait IM3 Ooredoo Collabonation, informasi lebih lengkap dapat ditemukan di im3ooredoo.com/collabonation dan kanal YouTube IM3 Ooredoo. 

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor