Niatnya Surprise Ulang Tahun, Balon Gas yang Dibawa Malah Tersambar Api Lilin dan Meledak. Ngeri!

Kejutan gagal

Pernah nggak kamu memberi kejutan ulang tahun pada teman, pacar, atau keluarga? Rasanya seru banget saat melihat kegembiraan di wajah mereka. Nggak heran kalau hingga kini masih banyak orang yang membuat kejutan ulang tahun lengkap dengan kue dan berbagai kado. Selain itu, terkadang mereka membeli sejumlah balon untuk memeriahkan suasana.

Advertisement

Namun, banyak orang yang belum tahu kalau balon ulang tahun bisa berisi gas yang berbahaya kalau kita nggak berhati-hatai. Bahkan bisa sampai meledak dan menyebabkan orang di sekitarnya terluka! Kejadian nahas itu baru aja dialami seorang pengguna TikTok. Berikut selengkapnya~

Sekelompok anak muda membuat kejutan ulang tahun untuk teman. Tetapi, balon yang mereka bawa tersambar api dari lilin kue sehingga meledak!

@kevingunawn❗️JADIIN PELAJARAN YA GUYS❗️ ##Lazada99 ##fyp ##fypシ ##fypdong ##foryou ##foryoupage ##abcxyz ##xyzbca ##viral ##anjay♬ original sound – SADBYYOURSIDE

Pada Rabu (2/9), seorang pengguna TikTok bernama @kevingunawn membagikan video yang mengagetkan. Tampak dia dan sejumlah orang lain menyiapkan kejutan ulang tahun untuk teman mereka. Ada yang membawa sebuah kue lengkap dengan lilin, ada juga yang membawa balon dalam berbagai warna dan bentuk. Satu per satu, sekelompok anak muda ini menaiki tangga dan mengetuk pintu kamar orang yang berulang tahun.

Setelah pintu dibuka, mereka masuk beriringan dengan gembira. Saat itulah terjadi ledakan api yang cukup besar! Ternyata, balon-balon mereka tersangkut di atas pintu sehingga bertabrakan dengan kue yang dihiasi lilin menyala. Pengunggah video TikTok ini menduga, balon tersebut berisi helium dan meledak karena terpicu api. Akibatnya orang-orang di sekitar sana terluka cukup parah. Seram banget! Meskipun niatnya baik, sayang sekali momen membahagiakan ini berubah jadi insiden yang memakan korban karena kurang waspada.

Dari kejadian itu, kita perlu lebih berhati-hati saat memilih dan menempatkan balon. Perhatikan pula gas yang digunakan, apakah helium atau hidrogen

Balon ulang tahun / Credit: Photo by Gaelle Marcel on Unsplash via unsplash.com

Kita boleh kok memberi kejutan ulang tahun pada orang lain. Tetapi kalau mau membeli dan membawa balon, sebaiknya lebih berhati-hati. Pastikan dulu jenis gas yang digunakan oleh sang penjual. Biasanya, gas yang digunakan untuk mengisi balon adalah helium dan hidrogen. Keduanya tampak sama dan nggak bisa dibedakan dari luar, padahal bisa menimbulkan efek yang sangat berbeda.

Advertisement

Dilansir dari The Wonders of Physics, balon yang berisi helium cenderung lebih aman. Seandainya ada korek api yang dinyalakan di dekatnya, balon helium hanya akan meletus. Bagaimana dengan balon berisi hidrogen? Jenis gas ini lebih berbahaya karena mudah terbakar. Seandainya ada api di dekatnya, balon hidroken akan langsung meledak.

Sayangnya, banyak penjual balon yang menggunakan hidrogen karena harganya lebih murah dibandingkan helium. Jadi sebaiknya kita pastikan terlebih dulu jenis gas yang digunakan. Selain itu, sebaiknya letakkan balon-balon di tempat yang aman. Sebisa mungkin jauhkan dari sumber api agar nggak terjadi ledakan.

Kalau ingin lebih aman, kita bisa menghindari penggunaan balon. Sebuah kue sudah cukup untuk membuat kejutan ulang tahun

Kue ulang tahun / Credit: Photo by Phinehas Adams on Unsplash via unsplash.com

Kalau khawatir terjadi ledakan, lebih baik kita nggak perlu menyiapkan balon saat acara ulang tahun. Gunakan aja properti yang lain, misalnya topi-topi dari kertas atau terompet yang bisa mengeluarkan hiasan kalau talinya ditarik. Tetapi sebetulnya kue ulang tahun aja sudah cukup kok. Yang terpenting adalah kehadiran orang-orang tersayang pada momen ulang tahun itu.

Sekalipun tanpa balon, pasti orang yang menerima kejutan akan tetap senang. Kita semua juga terhindar dari bahaya. Jadi nggak perlu aneh-aneh, jangan sampai momen yang membahagiakan ini berubah jadi insiden yang pahit.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE