Berlibur ke Korea Selatan sepertinya merupakan impian banyak orang. Termasuk bagi orang Indonesia yang banyak mengidolakan drama dan musik dari negeri ginseng tersebut. Tapi adanya visa mau nggak mau membuat calon wisatawan harus merogoh kocek lebih banyak lagi. Kabar gembira buat yang bermimpi ingin pergi ke sana, tahun depan wisatawan Indonesia tak lagi dibebankan visa.

Pembebasan visa ini dilatarbelakangi gelaran Olimpiade musim dingin yang akan diadakan di Korea Selatan. Selain itu tentu saja ada motif untuk menggenjot angka wisatawan yang bertandang ke Korea Selatan. Tapi ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi jika ingin bebas visa loh. Simak uraian Hipwee News and Feature berikut ya!

Pembebasan visa liburan ada batas waktunya dan khusus bagi wisatawan yang datang dari bandara regional Yangyang saja

Relawan Olipiade musim dingin Korea Selatan via tmpo.co

Advertisement

Korea Selatan memberlakukan bebas visa bagi para wisatawan yang datang dari beberapa negara di Asia Tenggara. Upaya ini buat menyambut gelaran Olimpiade musim dingin yang akan dilaksanakan pada Februari tahun depan di kawasan pegunungan Pyeongchang. Sejauh ini, syarat liburan bebas visa ke Korea Selatan menurut informasi dari CNN adalah datang melalui bandara regional Yangyang di provinsi Gangwon. Sementara waktu berlakunya diperkirakan hingga April mendatang.

“Detail waktu dan teknisnya seperti apa masih harus ditanyakan ke otoritas Korsel,” Ujar Duta Besar RI untuk Korsel, Umar Hadi, saat ditemui tim CNN.

Bagi yang datang melalui Bandara Incheon, tetap bisa bebas visa kok. Caranya dengan manfaatkan transit 72 jam

Kelilingi Korsel bebas visa via www.triphobo.com

Kalaupun nggak datang melalui bandara regional di Yangyang, ternyata tetap bisa jalan-jalan loh. Kamu bisa mendarat di Bandara Incheon dan kemudian memanfaatkan waktu transit 72 jam untuk keliling kota. Lumayan kan, 3 hari untuk mengunjungi Korea Selatan bebas visa. Tapi kalau yang ingin puas berlibur lebih dari 72 jam, memang sepertinya lebih baik datang langsung dari Yangyang. Tempo bahkan menyebutkan kalau hingga kini pemerintah Korsel menyediakan 2.200 kamar untuk wisatawan yang hendak menonton Olimpiade dan sekaligus berkunjung ke tempat wisata. Jadi nggak usah takut bakal kehabisan penginapan guys!

Sektor wisata Korea Selatan memang banyak diminati orang Indonesia. Bisa jadi memang banyak yang penasaran ingin lihat oppa-oppa layaknya di drama

Siapa juga yang nggak mau ke Pulaiu Jeju dan berburu oppa-oppa? via indowarta.com

Advertisement

Jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan setiap tahunnya meningkat. Hal ini disampaikan langsung oleh Umar Hadi. Data di tahun 2016 saja jumlah wisatawan Indonesia ke Korea Selatan mencapai 350 ribu orang. Wah, pantas saja Menteri Kauangan Korsel juga menganggap sektor pariwisata mereka mampu menghidupkan industri dan menciptakan banyak sekali lapangan pekerjaan. Siapa nih yang masih dalam tahapan nabung buat ke Korea Selatan? Kayaknya kamu perlu memanfaatkan momen Olimpiade musim dingin ini buat berangkat.

Meski kayaknya cuma buat sementara aja, tapi seenggaknya momentum ini bisa kamu manfaatkan untuk liburan ke negeri gingseng sekalian nonton olimpiade. Tenang, gelaran Olimpiade musim dingin akan dimulai Februari tahun mendatang. Ada waktu sekitar 3 bulan buat menabung dan merencanakan liburanmu kesana!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya