5 Ledakan Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Dunia. Sampai Memakan Ribuan Korban Jiwa!

ledakan terdahsyat di dunia

Kita baru saja digemparkan dengan sebuah kabar tentang adanya ledakan yang terjadi di Beirut, Lebanon pada hari Selasa, 4 Agustus 2020 kemarin. Dilansir dari Kompas, ledakan ini terjadi di kawasan pelabuhan di sebuah gedung penyimpanan atau gudang. Pun, kawasan di sekitarnya merupakan gedung-gedung dan banyak kendaraan sedang berlalu lalang ketika peristiwa terjadi yang menyebabkan berjatuhannya puluhan korban jiwa dan ribuan lainnya mengalami luka-luka.

Advertisement

Ledakan dahsyat ternyata tak hanya terjadi semalam, ada beberapa ledakan lainnya yang pernah terjadi di dunia yang tak kalah menyeramkan dengan penyebab dan dampak yang berbeda-beda. Kita simak yuk di mana saja!

1. Ledakan di Beirut kemarin terjadi dengan dahsyat diduga karena ada bahan amonium nitrat yang disimpan di sana

Ledakan Beirut/ Credit: Middle East Eye via www.middleeasteye.net

Dilansir dari The Guardian, Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab menyatakan bahwa ledakan tersebut terjadi karena adanya 2.700 ton amonium nitrat yang merupakan senyawa yang biasanya digunakan untuk membuat pupuk dan juga komponen ledakan pertambangan. Jumlah korban yang sampai ribuan membuat rumah sakit yang sebelumnya sudah harus menangani pasien virus Corona mengalami over kapasitas karena insiden ini. Kebutuhan akan donor darah serta disel untuk menyalakan listrik juga masih diperlukan. Perdana menteri mendeklarasikan hari berduka nasional untuk para korban.

2. Masih terjadi di dekat pelabuhan, Ledakan Halifax yang terjadi di tahun 1917 menjadi salah satu ledakan yang tercatat sejarah

Halifax/ Credit: Unknown author / Public domain via commons.wikimedia.org

Pada tahun tersebut Perang Dunia I sedang berlangsung sehingga sebuah kapal kargo Perancis membawa bahan peledak. Dilansir dari Live Science, kapal ini bertabrakan dengan sebuah kapal Belgia di Pelabuhan Halifax, Kanada. Ledakan ini setara dengan 3 kiloton TNT yang menyebabkan terjadinya tsunami sampai 18 meter. Kerusakan terjadi sampai sekitar 2 km dari lokasi dan menyebabkan korban sejumlah 2.000 orang meninggal serta 9.000 lainnya mengalami luka-luka. Ledakan ini bahkan dianggap sebagai sebuah ledakan terbesar yang terjadi secara sengaja.

3. Salah satu ledakan yang mungkin paling populer adalah ledakan Chernobyl yang disebabkan karena nuklir

Chernobil/ Credit: Mond / CC BY-SA (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0) via commons.wikimedia.org

Ledakan ini terjadi pada 26 April 1986 pada sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di Uni Soviet. Dilansir dari Kompas, ledakan ini dinobatkan sebagai ledakan paling buruk sepanjang sejarah bahkan radiasinya 400 kali lipat lebih banyak dari bom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. Kurang lebih ada 600.000 korban yang terkena radiasi tingkat tinggi dan 350.000 orang lainnya harus mengungsi karena tempat tinggalnya terkontaminasi.

4. Indonesia ternyata juga menjadi salah satu penyumbang ledakan terbesar melalui ledakan gunung Tambora yang terjadi pada 1815

Tambora/ Credit:Jialiang Gao (peace-on-earth.org) / CC BY-SA (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0) via commons.wikimedia.org

Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa pernah mengalami letusan pada tahun 1815 dengan kekuatan ledakan hingga 1000 megaton TNT dengan 140 milyar ton magma yang menyebabkan korban jiwa sebanyak 71.000 orang. Saking dahsyatnya ledakan ini bahkan terjadi perubahan iklim ekstrem di beberapa bagian dunia yang ujungnya menyebabkan ratusan ribu orang meninggal karena paceklik.

5. Sebuah ledakan misterius terjadi di hutan dekat Sungai Tunguska di Rusia, penyebabnya diduga karena sebuah asteroid

Advertisement

Tunguska/ Credit: Leonid Kulik, the expedition to the Tunguska event / Public domain via commons.wikimedia.org

Tanggal 30 Juni 1908 dicatat sebagai ledakan asteroid terbesar sepanjang sejarah. Dilansir dari laman Earth Sky, ledakan ini mampu meratakan sebanyak 80 juta pepohonan di area seluas 2.150 km². Para saksi mengatakan bahwa mereka melihat sebuah bola api besar yang hampir seterang matahari bergerak di langit diikuti kilat dan suara meriam. Menurut para ilmuwan, asteroid yang menyebabkan ledakan ini memiliki ukuran sebesar 20 meter dan seberat 185.000 metrik ton.

Ledakan demi ledakan yang dahsyat ternyata bisa terjadi di mana saja dengan penyebab apa saja, baik karena faktor teknis maupun faktor alam. Yang kedua ini yang seringnya sulit untuk ditebak dan juga tak bisa untuk ditolak. Semoga tidak ada kejadian seperti ini kembali terulang ya 🙁

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE