Mati Listrik Massal Se-Jabodetabek, Bandung, dan Banten. Penumpang MRT dan KRL Terpaksa Dievakuasi

Mati Listrik Massal Jabodetabek

Bagaimana jadinya bila kita kembali ke masa di mana listrik belum ada? Khusus hari ini, warga Jabodetabek mengalami hal itu. Listrik padam secara massal sampai lebih dari dua jam. Wah, kebayang nggak paniknya?

Advertisement

Pemadaman listrik awalnya terjadi di area Jabodetabek, namun kemudian meluas hingga ke beberapa area di Jawa Barat, dan Banten. Nggak heran bila kemudian netizen heboh mencuit di media sosial. Sebenarnya, apa sih yang terjadi sampai listrik black out (padam) berjam-jam? Yuk simak selengkapnya di sini.

1. Mati listrik masal terjadi di kawasan jabodetabek sejak Minggu siang. Bukan hanya listrik rumahan, bahkan lampu lalu lintas pun ikut padam

mati listrik via olalavee.wordpress.com

Mati listrik massal di area Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi terjadi pada hari Minggu (04/08/2019). Mati listrik ini terjadi sejak sekitar pukul 11.48 dan sampai berita ini ditulis, listrik belum kembali menyala. Selain berdampak pada padamnya lampu dan alat listrik rumah tangga, beberapa lampu lalu lintas di Jakarta juga mati lo. Wah, ngeri juga ya membayangkan lalu lintas kacau karena lampu pengaturnya tidak menyala,

2. Jaringan telepon terganggu. Perjalanan KRL, LRT, dan MRT sementara berhenti, penumpang pun harus dievakuasi

penumpang MRT dievakuasi via mediaindonesia.com

Bukan hanya lampu lalu lintas, transportasi umum yang memanfaatkan tenaga listrik seperti KRL, LRT, dan MRT pun berhenti beroperasi sementara. Dilansir dari CNN Indonesia, terdapat 4 MRT yang sempat tertahan di bawah tanah ketika listrik padam. Para penumpang pun terpaksa dievakuasi untuk keluar dari rangkaian dengan aman. Selain itu, gangguan juga terjadi pada jaringan telekomunikasi. Banyak warganet yang mengeluhkan susahnya melakukan komunikasi, padahal sinyal telepon dalam kondisi penuh.

Advertisement

3. Selain Jabodetabek, pemadaman listrik juga merambat ke daerah-daerah lain. Wah, ada apa sih sebenarnya?

penjelasan dari PLN via www.instagram.com

Jabodetabek tidak sendirian. Mati listrik massal juga terjadi di Bandung, dan beberapa area di Jawa Barat dan Bandung. Menjelang sore hari, pemadaman listrik meluas hingga ke sejumlah daerah di Jawa Tengah. Menurut PLN, padamnya listrik hari ini terjadi karena gangguan pada pembangkit, yang mengakibatkan trip secara bersamaan.

“PLN memohon maaf atas pemadaman yang terjadi akibat gangguan yang terjadi pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV,” ujar Made melalui keterangan tertulis. “Hal ini mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa,” lanjutnya, seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Hingga saat ini, PLN masih terus berusaha melakukan perbaikan. Beberapa gardu listrik sudah bisa dinyalakan. Akan tetapi belum bisa dipastikan sampai berapa lama lagi listrik bisa pulih sepenuhnya.

Advertisement

5. Netizen beramai cuitkan soal mati listrik di Twitter. Tagar #matilampu pun sempat trending dunia

jadi trending topik via twitter.com

Lampu mati, transportasi terhenti, dan jaringan komunikasi pun terganggu, wajar jika kemudian netizen panik dan heboh. Mereka pun beramai-ramai mencuit dengan tagar #matilampu di Twitter. Ada yang menyampaikan kritik pada PLN, tapi ada juga yang membuat jokes  untuk mencairkan suasana. Bahkan banyak juga nih warganet dari luar Jabodetabek yang “meledek”, karena akhirnya warga Jabodetabek bisa merasakan apa yang dirasakan oleh mereka sehari-hari, yaitu mati listrik selama berjam-jam.

Hingga artikel ini dinaikkan, listrik belum kembali normal. Yuk, kita doakan semoga PLN bisa segera mengatasi gangguan ini, dan kita bisa ngetwit tanpa was-was kehabisan baterai lagi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE