Sebagai negara dengan kondisi air keran yang tidak bisa langsung diminum, Indonesia memang jadi lahan basah bagi para produsen produk air mineral. Bagaimana tidak, lha kebutuhan air saja merupakan kebutuhan dasar manusia. Mulai dari air mineral dengan tambahan berbagai vitamin atau perasa, sampai tentu saja produk-produk seperti Kangen Water yang disebut punya khasiat ajaib dan menyembuhkan, laris di pasaran. Kangen Water adalah salah satu produk air mineral yang bisa dibilang cukup elit megingat harganya yang diatas rata-rata air mineral kemasan lain.

Dari klaim bisa mengurangi obesitas hingga membuang toksin yang berbahaya dari tubuh, membuat Kangen Water populer sejak pertengahan tahun 2014. Terutama di kalangan lansia dan ibu rumah tangga yang sering dapat promosi lewat iklan atau arisan. Namun baru-baru ini, sebagaimana dilansir dari Tempo, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberi teguran keras dan menginstruksikan sebuah perusahaan produsen Kangen Water untuk menarik brosurnya yang mengklaim produknya sebagai alat kesehatan serta telah diakui negara. Klaim khasiat kesehatan Kangen Water yang sudah terlanjur banyak dipercayai masyarakat, tampaknya perlu dievaluasi ulang. Yuk simak info selengkapnya Hipwee News & Feature!

Kementerian Kesehatan kini larang klaim bahwa Kangen Water itu bisa menyembuhkan penyakit atau disebut alat bantu medis

Begini surat edarannya via kumparan.com

Advertisement

Pada 10 November lalu, masih dilansir dari Tempo, Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat berita acara pemeriksaan terhadap PT Enagic Indonesia sebagai produsen Kangen Water. Hasilnya, Kemenkes meminta penarikan semua brosur  perusahaan tersebut yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water-nya ‘telah diakui negara’ dan mampu menyembuhkan penyakit. Karena belum ada penelitian pasti terkait air alkali yang bisa menyembuhkan penyakit dan menyehatkan. Alat untuk memproduksi Kangen Water juga tidak boleh dibilang sebagai medical device.

Klaim bahwa Kangen Water atau air hasil mesin ioniasasi ini bisa menyembuhkan atau menyehatkan juga dilarang. Khasiat ‘ajaib’ Kangen Water seperti mengurangi obesitas, meningkatkan imunitas, sampai membantu detoksifikasi racun, seringkali terlalu dilebih-lebihkan hingga justru cenderung sarat hoax dan menyesatkan.

Realitanya, belum ada penelitian yang bisa membuktikan klaim kesehatan produk-produk air mineral beralkali seperti Kangen Water

Yakin kalau air alkali lebih sehat? via ameenbrooks.com

Mengapa Kangen Water dengan percaya diri mengklaim bahwa produk air hasil purifikasi mesinnya adalah yang paling sehat? Hal itu sebenarnya karena mesin purifikasi Kangen Water mampu mengubah pH air. Semakin air itu memiliki pH tinggi dalam batas tertentu, ada rumor bahwa air tersebut makin baik. Sebaliknya, semakin pHnya rendah atau semakin asam, maka air mineral makin bahaya untuk dikonsumi. Sebenarnya air dengan pH netral saja, yaitu pH 7 sudah cukup. Sedangkan air alkali yang dimaksud adalah diatas pH 7.

Advertisement

Bukan cuma isapan jempol lho, Healthy Line baru-baru ini juga mengungkapkan bahwa banyak ahli yang sebenarnya masih meragukan khasiat air alkali. Tidak ada penelitian yang benar-benar bisa dipercaya untuk menunjang iklan-iklan produk air mineral seperti Kangen Water. Di mana sebagian besar produsen mengklaim air alkali bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Jadi selama ini kita hanya termakan iklan dong ya?!

Di balik embel-embel klaim bisa menyehatkan, ada bisnis yang lagi-lagi tujuannya uang. Jadi harus bijak-bijak jadi konsumer ya guys

Bisnis besar yang menjangkau berbagai lini masyarakat via agenkangenwaterdenpasar.blogspot.co.id

Sebagai kebutuhan yang teramat hakiki, kebutuhan akan air memang sering dimanfaatkan jadi peluang bisnis menggiurkan. Apalagi di Indonesia di mana pemerintah kita belum bisa mendistribusikan airnya yang bisa layak minum. Rumor soal air alkali yang lebih sehat ini pun dimanfaatkan sebagai startegi pemasaran produk air mineral untuk membedakannya dengan air mineral konvensional lainnya. Nyatanya, memang belum ada penelitian yang benar-benar bisa dipercaya untuk membuktikan khasiat air alkali. Mayo Clinic di Amerika bahkan lebih menyarankan air mineral biasa daripada air alkali karena kita sama sekali belum tahu efek samping dari air yang memiliki tingkat pH tinggi tersebut.

Peduli dengan kesehatan bukanlah hal yang salah. Justru hal tersebut sangat baik. Tapi kepedulian itu tentunya harus dibarengi dengan kecermatan. Jangan mudah tergiur dengan strategi marketing atau iklan-iklan heboh yang kadang justru belum terbukti. Kita lebih baik skeptis dan mempercayakan hal ini pada kementrian kesehatan atau lembaga serupa yang punya legitimasi di bidang yang sama. Daripada percaya manfaat Kangen Water, boleh nggak ya kalau cari manfaatnya kangen mantan aja? 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya