Manusia masih bisa hidup meski tanpa organ-organ ini

Kebayang nggak sih efek yang akan timbul jika salah satu organ dalam tubuh kita nggak berfungsi dengan baik, atau malah dihilangkan? Secara logika, ketahanan fisik tubuh pasti akan menurun. Bahkan, hal tersebut kemungkinan dapat menuntun ke jurang kematian. Ini karena seperti dilansir dari Patreon, tubuh manusia terdiri dari beberapa organ yang saling bekerja sama membentuk sistem yang rumit untuk memastikan segala aspek berjalan dengan seimbang. Mulai dari kadar air, pH darah, oksigen, dan lainnya.

Tapi ternyata, ada beberapa organ yang meski dihilangkan, masih bisa membuat manusia hidup dan beraktivitas layaknya manusia normal lho. Ya meskipun fungsi tubuh secara keseluruhan jadi menurun, tapi fakta ini tetap saja mengejutkan. Soalnya ada organ yang kita pikir, kita nggak bisa hidup tanpanya. Apa aja sih? Yuk simak ulasan Hipwee News & Feature kali ini.

1. Otak. Ya, otak! Mungkin kamu nggak akan mengira organ ini masuk dalam daftar. Tapi nyatanya manusia masih bisa hidup meski dengan 1/2 bagian otak saja!

Otak manusia via www.scmp.com

Advertisement

Semua orang tahu kalau otak adalah pusat dari segala aktivitas manusia. Bisa dibilang otak ini adalah organ inti di dalam tubuh kita. Meski kelihatannya nggak mungkin hidup tanpa otak, tapi faktanya manusia masih bisa hidup meskipun cuma punya 1/2 bagian otak aja. Hal ini bisa terjadi pada orang yang menderita radang otak atau sindrom Sturge-Weber. Atau kondisi langka ketika 1/2 bagian otak lebih besar dari yang lain. Dalam beberapa kasus seperti itu, dokter akan menyarankan mengangkat bagian otak yang terpapar penyakit. Meski sangat berisiko, faktanya 50-70% pasien masih bisa hidup dengan catatan separuh tubuhnya biasanya lumpuh.

2. Limpa pada tubuh manusia memang punya peran penting. Tapi ternyata manusia masih bisa hidup meski tanpa organ satu ini

Peran limpa masih ada penggantinya via www.softilmu.com

Organ limpa pada dasarnya memang mudah rusak karena letaknya yang berada di sisi kiri tubuh, tepatnya di bawah tulang rusuk dan dekat tulang punggung. Lokasi ini membuat limpa rawan terganggu terutama jika manusia mengalami cedera tulang rusuk. Seringkali dokter menemukan kasus kerusakan limpa yang nggak ditangani dengan tepat di awal dan akhirnya menyebabkan komplikasi. Hal ini kadang mengharuskan doker mengamputasi limpa agar tak menyebar dan memperparah kondisi pasien. Ternyata, meskipun limpa udah nggak berfungsi, manusia masih bisa beraktivitas seperti biasa lho. Ini karena peran limpa bisa digantikan oleh liver dan jaringan limfoid yang menyebar di sumsum tulang belakang.

3. Lambung berfungsi untuk mencerna makanan sebelum masuk ke usus. Tapi dalam dunia medis, manusia masih bisa tetap hidup meski tanpa lambung. Bahkan pernah ada yang mengalaminya!

Sakit lambung sering dialami tiap orang via www.vebma.com

Secara teknis, lambung merupakan salah satu organ penting untuk proses pencernaan. Tanpa lambung proses pencernaan dalam tubuh akan terhambat. Tapi ternyata, manusia masih bisa hidup meski lambungnya telah diangkat. Hal ini seperti yang dialami seorang wanita di Inggris yang harus kehilangan lambungnya setelah minum koktail yang mengandung nitrogen cair. Hal ini menyebabkan kerusakan lambung di hampir seluruh bagian. Ajaibnya, wanita tersebut masih bisa bertahan pasca operasi pengangkatan lambung. Meski begitu, ia diharuskan mengonsumsi obat-obatan selama sisa hidupnya.

4. Dalam tubuh manusia terdapat dua bagian paru-paru, kanan dan kiri. Ternyata kita masih bisa hidup tanpa salah satunya lho

Paru-paru via newatlas.com

Advertisement

Penyakit atau gangguan kesehatan tertentu membuat manusia kadang harus kehilangan salah satu atau kedua paru-parunya. Sebagai organ yang berfungsi membantu oksigen yang kita hirup masuk ke sel darah merah, rasanya nggak mungkin kita bisa hidup tanpanya. Tapi faktanya banyak kasus yang menyebabkan manusia harus kehilangan salah satu paru-parunya. Jika begini, paru-paru yang masih bertahan akan membentuk alveoli baru. Meski sendiri ia bisa mengerjakan 70-80% pekerjaan keseluruhan paru-paru.

5. Kantong empedu berfungsi untuk menampung empedu yang dihasilkan oleh hati yang berguna untuk pencernaan. Tapi manusia bisa bertahan tanpa organ satu ini

Kencing batu juga sering dialami bagi sebagian orang via www.vivoinsalute.com

Banyak kasus dalam dunia medis yang menyebabkan diangkatnya kantong empedu seseorang. Tanpa organ ini ternyata manusia masih bisa bertahan dan menjalani aktivitas. Proses pengangkatan kantong empedu disebut cholecystectomy. Prosedur ini cukup populer, pasca operasi pun pasien bisa pulih kembali setelah masa pemulihan yang cukup panjang. Meski masih bisa hidup seperti biasa, orang tanpa kantong empedu harus rutin minum obat-obatan.

6. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang operasi pengangkatan salah satu ginjal. Nyatanya kita memang sebenarnya bisa hidup dengan satu ginjal saja

Penderita ginjal nggka melakukan aktifitas berlebihan via www.winnetnews.com

Ginjal punya beragam fungsi, seperti menyaring darah dari bahan-bahan residu yang berbahaya, merawat keseimbangan elektrolit, serta menjaga kadar pH darah. Ginjal juga berfungsi mengolah sisa-sisa cairan yang nggak lagi dibutuhkan tubuh dan membuangnya melalui urin. Kamu tentu tahu kalau kita punya 2 ginjal. Dalam sehari, sepasang ginjal bisa menyaring 150 liter darah untuk memproduksi 1,5 liter urin. Uniknya, meski cuma ada 1 ginjal, tubuh masih bisa berfungsi sama, karena setelah kehilangan pasangannya, ia justru bertambah besar.

Tapi ingat ya, meski faktanya tubuh masih berfungsi dengan baik tanpa organ-organ di atas, bukan berarti kita bisa hidup bebas tanpa menjaga kesehatan. Karena meski masih bisa hidup, mereka yang kehilangan organ-organ di atas harus mengonsumsi obat-obatan sepanjang sisa hidupnya, atau bahkan harus kehilangan beberapa fungsi tubuh. Tetep aja ribet, ‘kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya