Biaya Kuliah di 5 Negara Ini Jauh Lebih Murah daripada Kampus Swasta Favorit Indonesia. Wah~

Negara dengan biaya kuliah murah

Banyak orang bermimpi untuk bisa kuliah di luar negeri. Mulai dari yang memang murni ingin belajar di sana, sampai yang mungkin cuma ikut-ikutan aja. Sekolah di negeri orang memang terlihat menggiurkan, entah karena sistem pendidikannya yang lebih oke, dosen-dosennya yang lebih profesional, atau suasana kampus yang sangat nyaman dengan sederet fasilitas ciamik.

Namun sayang, biaya yang tinggi kerap jadi halangan mereka yang ingin menimba ilmu di luar negeri. Belum lagi biaya kehidupan sehari-hari, seperti makan dan sewa tempat tinggal yang harganya cukup mencekik. Meskipun sekarang ada banyak sekali beasiswa yang bisa dicari. Tapi karena tingginya persaingan dan sedikitnya kuota yang ditetapkan, mendapat beasiswa jadi nggak segampang yang dibayangkan. Namun sebenarnya, ada lo beberapa negara yang justru menawarkan kuliah gratis di institusi tertentu. Dan kalaupun kudu bayar, setelah dihitung-hitung masih jauh lebih mahal kuliah di kampus swasta favorit di Indonesia! Wah, negara apa aja ya yang biaya kuliahnya murah?

ADVERTISEMENT

1. Sudah bukan rahasia lagi kalau kuliah di Jerman itu murah banget. Malah ada beberapa institusi yang nggak memungutย tuition feeย lo!

Biaya Kuliah di 5 Negara Ini Jauh Lebih Murah daripada Kampus Swasta Favorit Indonesia. Wah~

Kuliah di Jerman via www.educations.com

Jerman termasuk negara yang loyal banget sama mahasiswa. Soalnya banyak universitas di sana yang nggak memungut biaya kuliah alias gratis. Kalau pun ada biaya yang harus dibayar, masih jauh lebih murah dibandingkan biaya kuliah di universitas swasta bergengsi di Indonesia. Apalagi untuk jurusan tertentu kayak kedokteran, biayanya bisa mencapai ratusan juta! Sedangkan di universitas-universitas di Jerman biayanya hanya berkisar 8-15 juta rupiah per tahun! Ini karena pemerintah Jerman memang mengalokasikan dana khusus buat pendidikan.

Kuliah sih bisa gratis, tapi gimana dengan biaya hidup di sana? Tentu kalau dibandingin sama di Indonesia jelas lebih mahal di sana. Tapi semua itu bisa ditutup dengan mengambil kesempatan kerja paruh waktu untuk mahasiswa internasional.

Beberapa universitas di Jerman yang biaya kuliahnya nggak lebih dari Rp20 juta adalah:

  1. RWTH Aachen University
  2. University of Bremen
  3. University of Cologne
  4. Goethe University Frankfurt

ADVERTISEMENT

2. Selain Jerman, biaya kuliah di Spanyol juga terbilang murah lo. Mirip-mirip lah sama kampus negeri di Indonesia

Biaya Kuliah di 5 Negara Ini Jauh Lebih Murah daripada Kampus Swasta Favorit Indonesia. Wah~

University of Barcelona, Spanyol via www.usnews.com

Meski mungkin nggak sepopuler Jerman yang jadi negara favorit orang Indonesia melanjutkan studi, tapi ternyata banyak kampus di Spanyol yang menawarkan biaya kuliah murah meriah lo. Kisarannya antara Rp10-21 juta per tahunnya, tergantung tingkat gelarnya. Sedangkan untuk biaya hidupnya nggak jauh beda sama banyak negara Eropa lain, yakni sekitar Rp13-18 juta per bulannya.

Beberapa universitas di Spanyol dengan biaya kuliah terjangkau adalah:

  1. University of Barcelona
  2. Autonomous University of Madrid
  3. University of Granada

ADVERTISEMENT

3. Turki bisa jadi pilihan lain buat kalian yang mau lanjut studi ke luar negeri, karena biaya kuliahnya nggak terlalu beda sama di Indonesia

Biaya Kuliah di 5 Negara Ini Jauh Lebih Murah daripada Kampus Swasta Favorit Indonesia. Wah~

Bahcesehir University, Turki via turkeydiscoverthepotential.com

Turki nggak melulu dikenal karena tujuan wisatanya. Banyak universitas di Turki yang juga dilirik para mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi. Estimasi biaya kuliahnya adalah 4-15 juta rupiah per tahunnya.

Beberapa universitas di Turki dengan biaya kuliah murah adalah:

  1. Bosphorus University
  2. Bahcesehir University
  3. Selcuk University
  4. Middle East Technical University

ADVERTISEMENT

4. Negara Norwegia menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik. Meski begitu, ternyata biaya kuliah di sana gratis lo!

Biaya Kuliah di 5 Negara Ini Jauh Lebih Murah daripada Kampus Swasta Favorit Indonesia. Wah~

Kuliah di Norwegia via medicine.unimelb.edu.au

Negara-negara Skandinavia memang dikenal punya sistem pendidikan terbaik, salah satunya Norwegia ini. Tak heran kalau Norwegia juga ramai jadi destinasi studi mahasiswa internasional. Walau banyak jadi tujuan belajar, tapi pemerintah di sana malah memberikan biaya kuliah gratis! Siswa internasional cuma disuruh bayar izin tinggal siswa yang kalau dirupiahkan kisaran Rp8,2 juta per tahun. Tetep lebih murah dibanding di sini ya~

Beberapa universitas di Norwegia yang bisa jadi tujuan studi adalah:

  1. Norwegian University of Science and Technology
  2. University of Oslo
  3. Norwegian University of Life Sciences

ADVERTISEMENT

5. Terakhir ada Rusia. Biaya kuliah di negara ini relatif terjangkau, nggak lebih dari 20 juta-an rupiah per tahunnya. Wow, kok menarique~

Biaya Kuliah di 5 Negara Ini Jauh Lebih Murah daripada Kampus Swasta Favorit Indonesia. Wah~

Kampus di Rusia via www.google.com

Pendidikan tinggi di Rusia relatif terjangkau karena biaya masuknya yang murah. Kisarannya hanya 5-17 juta per tahun. Selain biayanya yang ramah di kantong, pemerintah Rusia juga menyediakan beasiswa dan pertukaran pelajar bagi masyarakat dunia yang ingin mempelajari budaya Rusia.

Beberapa universitas di Rusia dengan biaya kuliah terjangkau adalah:

  1. Kemerovo State University
  2. Volgograd State Socio โ€“ Pedagogical University
  3. Belgorod State University of Art and Culture

Sebenarnya masih banyak lagi pilihan universitas di negara-negara di atas yang menawarkan biaya terjangkau, nggak cuma yang sudah disebutkan aja. Kalau kalian memang minat untuk melanjutkan studi di luar negeri, sebaiknya dipersiapkan sejak berbulan-bulan sebelumnya. Soalnya buat nyari kampus dan jurusan yang sesuai minat aja tuh butuh waktu yang nggak sebentar lo. Nah, gimana, sudah siap โ€œbertempurโ€? ๐Ÿ˜€

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE