Pemandangan Tak Biasa Sekaligus Menakjubkan, Seorang Pasien Jalani Operasi Otak Sambil Main Biola

Operasi otak sambil main biola

Bagi banyak orang, ruang operasi dianggap sebagai salah satu tempat menyeramkan, sebab di sanalah hidup dan mati seseorang kerap ditentukan. Nggak cuma bagi orang biasa aja, mungkin ruang operasi juga bukan tempat yang cukup bersahabat buat para ahli medis, karena di sana mereka dituntut untuk berjuang sekuat tenaga agar operasi berjalan lancar dan pasien bisa hidup kembali.

Advertisement

Sedikit berbeda dengan suasana operasi pada umumnya, yang biasanya penuh dengan ketegangan. Di King’s College Hospital, London, ruang operasi berubah jadi layaknya pertunjukan musik klasik. Seorang pasien bernama Dagmar Turner menjalani operasi otak sambil bermain biola dengan indahnya. Para dokter yang menangani tampak sibuk membedah otaknya. Mereka hanya dipisahkan semacam plastik tebal transparan. Keputusan itu diambil bukan untuk mencairkan ketegangan yang sering muncul di ruang operasi. Bukan juga biar viral aja. Tujuannya lebih dari itu…

Bisa dibilang, mungkin operasi yang dijalani Dagmar Turner ini jadi operasi paling santuy sedunia. Gimana nggak, pas operasi aja Turner berbaring sambil main biola kok~

Operasi tersantuy via www.euroweeklynews.com

Turner adalah seorang pemain biola berusia 53 tahun. Ia didiagnosa menderita tumor otak sehingga dokter merasa perlu mengambil tindakan operasi untuk mengangkat tumornya tersebut. Namun sebelumnya, dokter bilang kalau kemungkinan operasi itu akan memengaruhi kemampuannya bermain biola. Turner terancam kehilangan bakatnya yang berharga itu. Padahal ia sendiri telah bermain biola sejak usianya masih 10 tahun. Biola adalah passion-nya dan sudah jadi bagian hidup Turner.

Tapi kekhawatiran Turner berubah ketika seorang dokter bernama Dr. Keyoumars Ashkan punya ide cukup brilian, “Gimana kalau u main biola sambil w operasi?”

Ini dilakukan karena letak tumor yang sangat dekat saraf motorik via cancer.trendolizer.com

Ide dokter Ashkan itu disambut semangat 45 oleh Turner. Kata dokter ahli bedah saraf tersebut, ide briliannya itu bisa membantu mengaktifkan sel-sel otak yang memengaruhi kemampuan Turner main biola. Jadi ia nggak sampai salah langkah saat mengangkat tumor dalam otaknya karena tahu mana sel-sel yang aktif dan berjasa besar untuk karir Turner sebagai musisi. Lagian, tumor Turner terletak di lobus frontal bagian kanannya, dekat sekali dengan area otak yang bertanggung jawab mengoordinasikan gerakan-gerakan tangan saat bermain biola. Bahkan di beberapa tempat, jarak tumor dengan area itu cuma setipis kartu kredit!

Advertisement

Kabar gembiranya, operasi itu dinyatakan berhasil lo! Dan Turner boleh pulang tiga hari setelah prosedur operasi menakjubkan tersebut

Turner dan suaminya via readsector.com

Operasi yang memakan waktu beberapa jam itu akhirnya dinyatakan berhasil. Dokter berhasil mengambil lebih dari 90% bagian tumor di dalam otak Turner tanpa merusak saraf motoriknya. Wanita beruntung itu pun diperbolehkan pulang hanya 3 hari setelah prosedur operasi dan berencana kembali ke pertunjukan orkestranya secepatnya.

Abhishek Prasad via epilepsyu.com

Ternyata bermain musik sambil menjalani prosedur operasi bukan hal baru dalam dunia medis lo. Tahun 2017 lalu di India juga pernah ada kejadian serupa. Bedanya si pasien sambil bermain gitar. Pasien bernama Abhishek Prasad ini menderita yang namanya musical dystonia. Beberapa jari di tangan kirinya tiba-tiba nggak bisa digerakkan saat bermain gitar. Hal ini dikarenakan ada masalah di sejumlah saraf otaknya. Selama 20 bulan ia harus menerima kondisi itu. Namun ajaibnya, hanya beberapa detik saja setelah dokter membenahi otaknya, jari-jari Prasad langsung bisa kembali normal.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE