Bos Amazon Jeff Bezos, alias orang terkaya sedunia, baru saja mengumumkan perceraiannya lewat akun pribadinya. Publik pun terkejut, soalnya Jeff dan istrinya, Mackenzie ini hampir selalu terlihat baik-baik saja. Di setiap foto atau pertemuan, berasa tidak ada masalah kompleks yang menimpa. Kalau melansir dari pernyataan Jeff, keduanya sudah mencoba berbagai cara untuk mempertahankan hubungan. Tapi ujung-ujungnya, perpisahan tetap jadi kesepakatan.

Advertisement

Yang menariknya, publik justru terbelalak dengan harta gono-gini yang akan Mackenzie dapatkan. Wanita 48 tahun itu kabarnya berhak atas setengah dari kekayaan Jeff. Maka dari itu, perceraian mereka digadang-gadang bakal jadi perceraian termahal di dunia. Bagaimana kisah selengkapnya? Mari simak bersama Hipwee News & Feature.

Istri Jeff Bezos, Mackenzie, dilaporkan berhak atas setengah dari nilai kekayaan perusahaan Amazon milik Jeff Bezos. Nilainya itu lo, mahal banget!

Sejak pengumuman perceraiannya Rabu 9 Januari 2019 kemarin, banyak banget orang yang jadi membahas harta gono-gini pasangan miliarder ini. Kalau jadi bercerai, Mackenzie yang menikahi Jeff tahun 1995 ini berhak atas setengah dari nilai total perusahaan Amazon, yang saat ini jumlahnya mencapai 137 miliar dolar AS. Itu berarti Mackenzie berhak atas 66 miliar dolar AS, atau sekitar Rp924 triliun!

Kenapa Mackenzie berhak mendapatkannya? Itu karena mereka menikah setahun sebelum Amazon didirikan dan Mackenzie punya andil besar di sana

Jeff Bezos jadi orang terkaya via finance.yahoo.com

Dikutip dari CNBC, negara bagian Washington tempat Jeff dan keluarganya tinggal, menerapkan kebijakan yang menganggap semua kekayaan yang dihasilkan selama pernikahan harus dibagi secara adil antara keduanya, jika suatu hari memutuskan berpisah. Seperti yang kita tahu, Jeff dan Mackenzie menikah tahun 1995, setahun sebelum Amazon didirikan. Mackenzie sendiri waktu itu keluar dari pekerjaannya dan memutuskan membantu Jeff mendirikan Amazon. Jadi wajar saja kalau ibu 4 anak itu berhak menerima setengah dari kekayaan Jeff.

Untuk bisa membayar uang dari ketentuan gono gini itu, Jeff Bezos diperkirakan harus menjual sahamnya di Amazon. Itu bisa melemahkan kendali CEO ini dalam perusahaannya sendiri

Amazon diprediksi melemah kalau Jeff Bezos tidak ikut andil via www.indiatoday.in

Advertisement

Keputusan Bezos buat menjual atau menjaminkan saham miliknya di Amazon disinyalir bisa melemahkan kendalinya terhadap perusahaan. Padahal ini bertolak belakang dengan keinginan Mackenzie yang ingin perusahaan keluarganya itu tetap bisa tumbuh meski keduanya bercerai, seperti kata Jeffrey Fisher, pengacara perceraian di West Palm Beach, Florida. Padahal sejumlah pihak pesimis Amazon bisa tumbuh tanpa campur tangan Bezos di dalamnya. Intinya, kalau Bezos menjual sahamnya, Amazon bakal melemah. Dan ini tidak sejalan dengan keinginan Mackenzie.

Perceraian orang super kaya rumit banget ya. Bukan cuma masalah perasaan, tapi juga melibatkan salah satu perusahaan terbesar di dunia. Hmm, jadi apakah harta gono-gini itu tetap akan dibayarkan?

Sebenarnya, perceraian Jeff dan Mackenzie ini bukan satu-satunya perceraian mahal di dunia. Sebelumnya juga banyak orang kaya bercerai dan harus menggelontorkan dana tidak sedikit

Rupert dan Anna Murdoch via www.cnbc.com

Sebut saja, Mel dan Robyn Gibson, Dmitry Rybolovlev dan Elena Rybolovleva, Steven dan Elaine Wynn, Adnan dan Soraya Khashoggi, Rupert dan Anna Murdoch, atau Alec dan Jocelyn Wildenstein. Deretan orang tajir melintir itu harus membagi kekayaan dengan mantan istrinya ketika bercerai. Jumlahnya sama-sama fantastis, kisarannya antara 400an juta dolar sampai miliaran dolar, dilansir CNBC. Kalau dikonversikan ke rupiah ya miliaran sampai triliunan.

Selain harus membayar harta gono-gini ke mantan istrinya, orang-orang kaya itu juga biasanya harus menyanggupi untuk menghidupi anak-anak mereka sampai lulus sekolah. Wah, kalau miliarder di Indonesia bercerai, bakal semahal itu juga tidak ya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya