5 Peluang Bisnis Minim Modal yang Bisa Dicoba di Tengah Pandemi. Dapetnya Lumayan lo~

Peluang bisnis di tengah pandemi

Di tengah situasi tak menentu seperti sekarang ini, kondisi ekonomi juga jadi nggak kalah gambling.¬†Banyak orang terpaksa harus kena PHK karena perusahaannya kehilangan pemasukan. Ada juga yang dirumahkan untuk sementara, tanpa digaji, dan kembali dipekerjakan saat situasi sudah kembali pulih ‚Äďyang entah kapan juga sih. Nggak sedikit para pemilik usaha yang tak kalah pusing memikirkan cara untuk tetap bisa bertahan di tengah wabah kali ini. Intinya, situasi saat ini bukan situasi yang mudah bagi semua orang.

Advertisement

Selama ini, banyak orang atau perusahaan terpaksa banting stir ke hal lain yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya. Kayak misal yang awalnya punya bisnis penginapan atau vila, jadi beralih ke jualan makanan. Atau yang awalnya bekerja di industri pariwisata, jadi beralih ke jualan masker. Dan masih banyak contoh lainnya. Nah, buat kamu yang mungkin ingin mencoba peluang usaha di tengah pandemi ini, tapi bingung mau jualan apa, coba simak yuk rangkuman Hipwee kali ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi~

1. Buat kamu yang hobi menulis, kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu itu untuk menjadi penulis lepas atau istilah kerennya freelance writer

Freelance writer via www.bernas.id

Saat ini, banyak situs di internet yang mengandalkan artikel untuk menjadikan situs mereka masuk ke deretan halaman pertama Google. Biasanya mereka punya target harus mengunggah sekian artikel berkualitas. Makanya, mereka kerap mencari penulis lepas untuk bisa memenuhi target tersebut. Kadang mereka punya beberapa kategori, misalnya ada kanal khusus teknologi, ekonomi, tren, fashion, dan lain-lain.

Nah, kalau kamu punya kemampuan di bidang tulis-menulis, coba deh manfaatkan kesempatan ini. Kamu bisa mendaftar di situs pekerja lepas seperti Sribulancer, Projects.co.id, dan masih banyak lagi. Setiap tulisan biasanya dihargai Rp25.000 hingga Rp500.000 tergantung kualitas dan panjang tulisan.

Advertisement

2. Ada juga situs-situs di internet yang bersedia membeli foto-foto hasil jepretan kita. Nggak perlu modal kamera mahal kok, mereka tetap menerima walau fotonya pakai kamera HP

Jual foto via www.hipwee.com

Situs-situs seperti Shutterstock atau Getty Images sering menerima foto-foto dari penggunanya untuk dijadikan stok foto di sana. Kita cuma perlu mendaftar akun lalu mengunggah foto hasil jepretan kita di sana. Biar kelihatan lebih profesional, kamu bisa mengedit foto-fotomu terlebih dulu, walau cuma diambil pakai kamera HP. Biasanya mereka membutuhkan foto-foto pemandangan, suasana, atau potret kehidupan seseorang.

3. Kalau kamu bergelut di dunia desain grafis, kamu bisa membuka jasa desain lo! Saat ini banyak orang maupun perusahaan yang membutuhkan desain buat berbagai kepentingan

Desainer grafis via m.tribunnews.com

Desainer grafis adalah profesi yang saat ini sedang naik daun. Biasanya mereka dicari saat ada yang pengin bikin logo, karikatur, atau kepentingan akademis. Buat kamu yang lihat utak atik aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Corel, dan lainnya, kamu bisa mendaftarkan diri di situs pekerja lepas kayak yang udah disebut di atas. Atau bisa juga memasarkan jasa desain di media sosialmu sendiri.

4. Jual pulsa, paket internet, atau paket langganan layanan streaming mungkin bisa juga kamu coba, mengingat saat ini banyak orang bekerja atau sekolah dari rumah, dan mereka butuh banyak kuota

Jual paket langganan via twitter.com

Saat ini memang banyak marketplace yang menjual pulsa dan paket internet. Ada juga orang yang memilih membelinya langsung di provider masing-masing. Tapi nyatanya nggak sedikit orang yang masih mengandalkan beli pulsa lewat toko atau konter konvensional. Kamu bisa lo memanfaatkan kesempatan ini, apalagi kalau orang-orang di lingkunganmu masih rela bolak-balik konter cuma buat beli pulsa. Selain pulsa atau paket internet, kamu juga bisa lo menawarkan paket langganan Netflix, Spotify, atau layanan hiburan lainnya, mengingat saat ini makin banyak orang butuh tontonan biar nggak bosan di rumah aja.

Advertisement

5. Meski mungkin agak mainstream, tapi nggak ada salahnya untuk mencoba jualan makanan lo. Apalagi kalau kamu punya referensi kuliner yang luas

Jual bahan makanan online via www.popmama.com

Saat ini memang sudah banyak orang yang mendadak jadi jualan makanan, di tengah pandemi kayak gini. Tapi nggak ada salahnya untuk tetap mencoba lo. Kamu bisa mencoba jual produk yang masih jarang dijual. Kalau bisa yang punya nilai praktis dan unik. Atau sekalian jual bahan-bahan makanan kayak sayur, daging, atau buah-buahan yang bisa dipesan online. Soalnya sekarang orang juga pada lebih memilih masak di rumah daripada makan di warung atau resto. Kamu bisa menerapkan sistem PO dan bayar dimuka supaya nggak butuh modal banyak.

Nah, gimana, adakah peluang bisnis yang menarik minatmu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE