Beberapa saat lalu, tentu kamu masih ingat bagaimana Presiden Joko Widodo mengemukakan keinginannya untuk membuat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khusus dengan jurusan vlog alias video blogger. Pasti banyak orang yang berpikiran wah unik banget ya rencana pengembangan pendidikan kreatif ini. Nah yang nggak kalah kreatif itu ternyata ada wacana baru yang datangnya dari Korea Selatan untuk membuat sekolah khusus K-Pop. Bukan akademi atau lembaga kursus, tapi beneran institusi sekolah. Wow!

Perusahaan entertainment terbesar di Korea Selatan, S.M Entertainment berencana membuat K-Pop International School di Seoul dalam waktu dekat. Rencananya sih sekolah ini khusus dilengkapi kurikulum yang bakal mempersiapkan siswanya jadi selebriti, seperti pelajaran musik, balet, dan seni peran. Sebenarnya sekolah khusus musik maupun seni bukanlah hal yang baru, tapi yang benar-benar mengarahkan siswanya jadi calon bintang K-Pop mungkin inilah yang pertama. Targetnya ternyata juga bukan siswa dari Korea Selatan lho, S.M Entertainment justru mengharapkan 70% internasional. Ada yang tertarik?

Advertisement

Kemajuan zaman juga tampaknya berdampak pada pembaharuan konsep pendidikan yang kita kenal selama ini. Sekolah kejuruan atau yang menawarkan kurikulum khusus, sudah tak seharusnya lagi dipandang sebelah mata. Bukankah bagus jika generasi muda bisa lebih cepat menentukan jalur hidup dan konsentrasi pendidikannya? Dibandingkan lulus cum laude tapi tetap bingung menentukan arah ke depan?  Selain vlog maupun K-Pop, sebenarnya banyak lho sekolah khusus yang unik banget. Cek sendiri deh!

1. Sebenarnya sebelum merebaknya gelombang K-Pop, kiblat dunia hiburan sepenuhnya mengacu ke Amerika. Ada LaGuardia High School, sekolah impian anak muda yang bermimpi jadi artis

Keren nih

Banyak alumni terkenal via www.nytimes.com

Mungkin konsep ini juga yang akan ditiru S.M. Entertainment untuk membentuk sekolah K-Pop milik mereka. Selain mengajarkan pelajaran umum seperti matematika, sastra dan sains, murid-muridnya juga diajari kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi artis ternama. Mau itu menari, akting, menyanyi hingga belajar soal alat musik di sini bisa. Sekolah ini menjadi legendaris karena alumni-alumninya yang terkenal, dari Jennifer Aniston sampai Nicki Minaj ternyata jebolan sekolah ini.

2. Jika cita-citamu jadi pemadam kebakaran profesional, di New York kamu bisa mulai serius mempelajari ilmunya sejak SMA yaitu di FDNY High School for Fire and Life Safety

Kamu akan dilatih a la pemadam kebakaran

Sudah jadi ahli menghadapi bencana sejak usia sekolah via www.fdnyfoundation.org

Kalau di Indonesia, mungkin bagi yang ingin jadi petugas pemadam kebakaran atau petugas SAR masih suka bingung mencari jalan pendidikan. Sebenarnya profesi seperti ini juga masih kurang diapreasiasi sehingga seringkali hanya jadi pilihan kesekian ataupun gara-gara ‘kesasar’. Tapi di New York, pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana tampaknya dianggap sangat penting sampai ada sekolahnya sendiri. Ada sekolah setingkat SMA khusus untuk mereka yang ingin serius mempelajari ilmu-ilmu menanggulangi bencana. Pastinya alumni dari sekolah ini punya kualifikasi yang luar biasa jika dibandingkan mereka yang baru mempelajarinya dalam short course atau pelatihan singkat.

3. Vail Ski and Snowboard Academy merupakan sekolah khusus buat mereka yang serius ingin jadi atlit musim dingin. Tak perlu lagi pusing menyeimbangkan sekolah dan pelatihan

Satu-satunya sekolah publik untuk olah raga musim dingin

Satu-satunya sekolah publik untuk olah raga musim dingin via fasterskier.com

Advertisement

Anak muda yang memiliki bakat menjadi atlit seringkali menemukan kesulitan menyeimbangkan tanggung jawab sekolah dengan waktu berlatih. Nah sekolah khusus atlit olah raga memang bukan konsep baru, tapi sekolah yang terletak di Coloradi Amerika Serikat ini satu-satunya yang menawarkan program khusus atlit olah raga musim dingin seperti snowboard dan ski. Tapi ya murid yang ingin mendaftar di sana harus terlebih dulu membuktikan komitmen dan track record-nya sebagai atlit. Tidak semua bisa sembarangan masuk.

4. Ada juga Brooklyn Free School yang mendalami konsep kebebasan belajar sebebas-bebasnya. Masuk kelas itu hanya pilihan, bahkan seringkali murid juga saling mengajari satu sama lain

Sekolah dimana belajar apapun

Bebas belajar apapun dari siapapun via www.buzzfeed.com

Sekolah ini merupakan model sesungguhnya proses demokrasi dalam belajar. Segala sesuatunya ditentukan sendiri oleh para murid melalui sistem musyawarah dan voting. Mulai dari lama waktu bermain, lama waktu belajar, sampai kebijakan sekolah mereka pikirkan sendiri dengan menimbang baik buruknya bagi diri sendiri dan orang lain. Tapi seiring dengan kebebasan yang sangat besar ini, mereka juga diajari untuk bertanggung jawab atas segala pilihan yang dibuat sendiri.

5. Kalau sekolah satu ini yang istimewa bukan kurikulumnya, tapi cara dan jam belajarnya yang terbalik. Sejak tahun 2010, murid Clintondale High School mengerjakan PR di pagi dan belajar malam hari

Metode unik ini berani diterapkan setelah melihat kinerja siswa dan guru yang sebenarnya jauh lebih efektif jika jam belajarnya dibalik. Jika biasanya kita berangkat sekolah untuk mendengarkan dan belajar dari guru lalu pulang untuk mengerjakan tugas rumah, semua itu dibalik di sekolah ini. Pembelajaran hanya dilakukan malam hari via online, sedangkan para murid pergi ke sekolah di paginya untuk mengerjakan PR dan berdiskusi dengan para guru masalah PR tersebut. Metode ini terbukti efektif meningkatkan peringkat sekolah yang sebelumnya masuk kelompok lima terbawah di distriknya lho.

6. Saking banyaknya korban bully, sekolah ini didirikan khusus untuk menampung mereka yang merasa terpinggirkan supaya bisa fokus belajar. Namanya The Alliance School

Korban bully biasanya memiliki sejarah kelam di masa-masa sekolah. Maka dari itu seringkali mereka tidak bisa berkonsentrasi belajar bahkan banyak yang enggan masuk ke sekolah. Dengan latar belakang tersebut sebuah sekolah di Milwaukee Amerika Serikat khusus didirikan untuk mereka yang merasa selalu jadi korban bully. Dalam perkembangannya, sekolah ini sekarang dipenuhi mereka yang identitas dirinya seringkali diolok-olok seperti gay, transgender, maupun kelompok LGBT lain.

7.  Nggak melulu soal pelajaran serius atau misi khusus, ada lho sekolah yang berdedikasi melestarikan tradisi unik. Contohnya sekolah elf atau peri di Islandia

Unik nih

Unik nih via youtube.com

Ya emang sih ini rada gila dan unik. Namun ternyata ada loh sekolah yang mengajarkan soal Elf kepada murid-muridnya. Mulai dari cara hidup sampai budaya Elf diajarkan di Elf School, Islandia. Yah, mungkin ini akan sangat berguna bagi mereka-mereka yang ingin menyelami dunia fiksi dan sastra di masa depan nanti.

8. Mau belajar soal dunia sihir? Di Amerika sana ada loh sekolah khusus Witch dan Wizard

Kalau di Indonesia jadi sekolah perdukunan

Kalau di Indonesia jadi sekolah perdukunan via nytlive.nytimes.com

Kalau kamu mau belajar dunia sihir yang hubungannya sama ilmu hitam, kamu bisa belajar di Witch School di Salem, Massachusets, Amerika. Tapi kalau kamu lebih ke “Harry Potter”, kamu bisa belajar di The Grey of Wizard School yang terletak di California. Kalau di Indonesia, karena kita hal-hal mistis masih dipercaya, bisa nih jadi salah satu mata pelajaran pilihan.

Menurut kamu gimana? Cocok nggak kira-kira konsep dan pelajaran di sekolah-sekolah itu diterapkan jika di negara kita?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya