Peringati Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2020, Pepsodent Hadirkan Layanan Konsultasi Gratis via WhatsApp

Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2020

Sejak pandemi melanda, pergi ke dokter gigi merupakan satu kegiatan yang bikin deg-degan. Hal ini karena mulut bisa jadi bagian paling berpotensi menularkan infeksi Covid-19. Dengan alasan yang sama, praktek serta layanan kesehatan gigi dan mulut juga banyak yang tutup, kecuali jika ada pasien butuh penanganan segera.

Advertisement

Tapi sebagaimana masyarakat Indonesia cenderung awam dengan kesehatan gigi dan mulut, kita kadang bingung kapan seharusnya menemui dokter untuk sebuah persoalan. Dalam hal masalah gigi dan mulut, kita nggak tahu kondisi seperti apa yang masih bisa ditangani sendiri, dan sebaliknya harus segera dapat perawatan medis. Nah, untuk itu Pepsodent dalam peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2020, bekerja sama dengan PDGI dan AFDOKGI, mengoptimalkan sebuah layanan konsultasi gratis yang bisa diakses masyarakat lewat WhatsApp.

Layanan Tanya Pepsodent jadi solusi untuk kondisi pandemi dan persoalan distribusi dokter gigi yang belum merata

Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian RI, drg. Tritarayati, SH, MH.Kes dalam konferensi pers virtual Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2020 via Zoom, Kamis (12/11/2020) (dok. tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Pengoptimalan layanan yang diberi nama Tanya Pepsodent ini, selain menjawab kebutuhan di masa pandemi, sekaligus juga menjawab persoalan belum meratanya distribusi dokter gigi di Indonesia. Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian RI, drg. Tritarayati, SH, MH.Kes, menyampaikan berdasar hasil Riskesdas tahun 2018, beberapa Puskesmas di Indonesia masih ada yang belum memiliki dokter gigi. Dengan fakta ini, masyarakat yang mendapatkan layanan kesehatan gigi dan mulut sudah pasti cukup rendah.

“Oleh karena itu, diperlukan peran pemerintah dan pihak swasta agar bisa mendistribusikan tenaga kesehatan gigi dan mulut secara merata. Apalagi pemerintah punya target “Indonesia Bebas Karies 2030”, dan karenanya kita perlu dukungan semua stake holder termasuk swasta,” kata drg. Tritarayati dalam konferensi pers virtual Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2020 via Zoom, Kamis (12/11/2020).

Advertisement

Tanya Pepsodent mudah diakses dan sejauh ini sudah melayani 7.000 konsultasi

Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation, drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent.,MDSc (dok. tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation, drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent.,MDSc, mengatakan bahwa platform Tanya Pepsodent sudah diluncurkan sejak bulan April 2020, dan sudah berhasil melayani sekitar 7.000 konsultasi. Dalam praktiknya, ia mengatakan bekerja sama dengan 26 Fakultas Kedokteran Gigi di seluruh Indonesia. Nah, selain mengoptimalkan platform tersebut, peringatan BKGN 2020 juga disemarakkan dengan penyelenggaraan serangkaian webinar dengan beragam topik menarik, dengan tujuan mengedukasi masyarakat.

“Selain mengoptimalkan konsultasi online, di BKGN 2020 Unilever juga menyelenggarakan serangkaian webinar bersama PDGI dan AFDOKGI dengan tema pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi di masa pandemi. Meski dilaksanakan di tengah pandemi, kita tetap ingin melakukan edukasi kepada masyarakat dan esensi BKGN nggak berubah,” kata drg. Mirah.

Rangkaian layanan BKGN 2020 (dok. tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Nah, untuk bisa memanfaatkan layanan konsultasi gratis Tanya Pepsodent, drg. Mirah mengatakan langkah yang harus dilalui masyarakat cukup mudah. Pertama, kamu hanya perlu menghubungi Official WhatsApp Tanya Pepsodent di nomor: 0878-8876-8880, lalu kamu akan diminta mengisi data diri sebagai tahap screening awal. Setelah itu kamu akan tersambung dengan tim dokter gigi untuk berkonsultasi atau mengirimkan file terkait keluhan. Nantinya tim dokter akan memberikan saran serta rekomendasi terkait permasalahan yang kamu alami. Dengan ini diharapkan kamu bisa memutuskan apakah masalah gigi dan mulut yang dialami bisa ditangani sendiri, atau butuh mengunjungi dokter.

Advertisement

Dengan layanan ini, masyarakat setidaknya bisa mendapatkan rekomendasi tindakan jika terdapat masalah kesehatan gigi dan mulut

Ketua PB PDGI, drg. RM Sri Hananto Seno MM Sp. BM (dok. tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Ketua PB PDGI, drg. RM Sri Hananto Seno MM Sp. BM, sangat mengapresiasi solusi inovatif yang dihadirkan Pepsodent, karena dengan itu masyarakat bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait kesehatannya tanpa harus khawatir dengan risiko penularan Covid-19. Selain itu, ia mengatakan inovasi ini juga jadi solusi bagi para tenaga kesehatan gigi dan mulut untuk bisa tetap memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kami dari PDGI menyambut baik apa yang diupayakan Pepsodent dengan memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut melalui WhatsApp. Hal ini bisa jadi moda utama tenaga kesehatan melakukan tugas, dan masyarakat yang belum terjangkau dokter gigi bisa mendapatkan layanan. Minimal masyarakat bisa mendapatkan rekomendasi tindakan, sehingga permasalahan bisa diatasi,” terang drg. Seno.

Tasya Kamila (dok. tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Sementara itu, selebritis sekaligus ibu muda, Tasya Kamila, yang sudah mencoba layanan Tanya Pepsodent mengaku puas karena bisa diakses dengan mudah untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Sebelumnya selama pandemi Tasya mengatakan sempat ragu untuk ke dokter, karena bingung apakah persoalannya memang harus dapat penanganan medis segera.

“Aku udah coba (layanan Tanya Pepsodent) waktu nanya tentang gigi anakku. Dia kebetulan lagi rewel makannya, dan aku ragu apakah ini karena dia numbuh gigi. Jadi aku tanya lewat Tanya Pepsodent. Dokter yang melayani juga komunikatif banget, dan informasi yang diberikan sangat jelas. Aku jadi dapat gambaran kondisi dan tahu langkah apa yang harus aku lakukan,” aku Tasya.

Nah, kalau kamu kebetulan merasakan ada yang nggak beres dengan kesehatan gigi dan mulut, bisa banget manfaatin layanan Tanya Pepsodent. Selain gratis, kamu juga bisa akses kapan saja. Nggak perlu deg-degan atau menunda untuk dapat gambaran mengenai kesehatan gigi dan mulut.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE