Yuk Pahami Protokol Kesehatan Saat Kurban Iduladha, Mulai dari Menyembelih sampai Bagi-bagi Daging

Protokol kesehatan Iduladha

Sungguh tak disangka, ternyata Iduladha tahun ini dirayakan dalam kondisi berbeda akibat pandemi corona. Umat muslim memang masih bisa salat Id di lapangan saat pagi hari, tetapi jumlah jamaahnya lebih sedikit dan harus menjaga jarak. Proses penyembelihan hewan kurban juga berbeda dari biasanya.

Advertisement

Agar tetap aman, pemerintah menerapkan protokol kesehatan selama penyembelihan hewan kurban. Hal tersebut diatur dalam Surat Edaran Nomor: 0008/SE/PK.320/F/06/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Nonalam Corona Virus Disease (Covid-19) yang bisa dibaca selengkapnya di sini. Yuk kita simak poin-poin pentingnya agar lebih gampang dipahami!

Sebelum menyembelih hewan kurban, para petugas harus melakukan pengukuran suhu tubuh. Orang-orang yang sedang sakit nggak diperbolehkan masuk ke tempat penyembelihan

Hewan kurban via commons.wikimedia.org

Sebagai orang yang menangani hewan kurban secara langsung, para petugas harus memerhatikan kesehatan tubuhnya. Sebab kalau mereka sakit, bisa-bisa penyakit tersebut menular ke orang lain. Sebaiknya para petugas juga berasal dari lingkungan tempat tinggal yang sama dan nggak sedang dalam masa karantina mandiri. Selain itu, berikut beberapa aturan yang penting:

  • Penyembelihan sebaiknya dilakukan di tempat yang sudah mendapat izin dari pemerintah melalui dinas bidang kesehatan.
  • Setiap petugas melakukan pengukuran suhu tubuh di pintu masuk tempat penyembelihan.
  • Orang yang mempunyai gejala demam, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, atau sesak napas dilarang masuk ke tempat penyembelihan.
  • Sebelum masuk dan keluar lokasi, petugas harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.
  • Penanggung jawab mengedukasi para petugas untuk menghindari menyentuh wajah terutama area mata, hidung, telinga, dan mulut.

Saat penyembelihan, petugas wajib menjaga jarak agar tetap aman. Orang yang bertugas untuk menyembelih dan menangani daging juga harus dibedakan

Kegiatan Iduladha via commons.wikimedia.org

Biasanya penyembelihan hewan kurban berlangsung ramai karena ditonton banyak warga. Tetapi saat pandemi, hanya petugas yang boleh berada di tempat penyembelihan. Jumlah mereka juga harus dibatasi agar bisa saling menjaga jarak. Selain itu, berikut aturan yang penting:

  • Petugas yang menyembelih hewan kurban dan petugas yang mengelola daging atau jeroan harus dibedakan.
  • Setiap petugas harus memakai Alat Pelindung Diri (APD), minimal masker.
  • Petugas yang melakukan pengulitan, penanganan, dan pencacahan daging serta jeroan harus memakai APD yang lebih lengkap. Seperti masker, face shield, sarung tangan sekali pakai, apron, dan penutup alas kaki atau sepatu.
  • Para petugas dianjurkan saling menjaga jarak 1 meter dan nggak saling berhadapan.
  • Setiap orang menghindari berjabat tangan atau kontak langsung lainnya. Serta memerhatikan etika batuk, bersin, dan meludah.

Kebersihan tempat penyembelihan harus diperhatikan agar daging yang diterima warga aman dikonsumsi. Petugas juga diimbau menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer 

Advertisement

Daging kurban yang sudah dimasak via commons.wikimedia.org

Agar daging yang dibagi-bagi bersih, kondisi tempat penyembelihan dan pemotongan daging wajib dijaga. Petugas perlu membersihkan tempat itu baik sebelum maupun sesudah kegiatan berlangsung, serta menyediakan fasilitas kebersihan yang memadai. Proses pembagian daging juga perlu diperhatikan. Berikut peraturan lengkapnya:

  • Penanggung jawab menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.
  • Tempat penyembelihan dan pemotongan wajib dibersihkan setelah kegiatan selesai. Kotoran atau limbah juga harus dibuang ke tempat yang semestinya.
  • Setelah penyembelihan, pemotongan, dan pengemasan daging selesai; petugas mengantarkan daging ke rumah warga dalam kondisi tubuh yang bersih.
  • Setiap petugas juga harus membersihkan diri sebelum melakukan kontak langsung dengan keluarga di rumah.

Itulah berbagai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah selama penyembelihan hewan kurban. Dengan mematuhinya, semoga kegiatan Iduladha bisa berjalan lancar dan kita semua tetap sehat. Selamat makan-makan daging!

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE