[Review] MSI Stealth GS66, Laptop Tipis dengan Performa Gaming yang Buas!

Simpel dan elegan, laptop ini hadir hampir tanpa cela untuk memenuhi kebutuhan gaming tingkat tinggi

Selepas seharian bekerja, salah satu cara pilihan saya untuk melepas penat adalah dengan bermain video game. Mau itu lewat smartphone, console, atau laptop, bermain game sudah jadi bagian integral dalam hidup saya. 

Nah sebagai pencinta game, kali ini saya dibuat terpesona sejak pandangan pertama oleh laptop gaming MSI Stealth GS66. Desainnya yang elegan bikin saya jatuh hati, padahal kondisi laptop masih belum nyala dan bahkan belum dibuka.

Desainnya simpel dan elegan untuk ukuran laptop gaming dengan performa tinggi

Fitur yang lengkap! | dok. Hipwee

Desain yang elegan menjadi salah satu daya tarik laptop MSI Stealth GS66 12UHS-218ID yang kali ini saya jajal. Desain laptop ini nggak menonjol untuk ukuran laptop gaming. Hanya body metal berwarna hitam polos dengan logo MSI pada casing yang menarik perhatian karena keeleganannya.

Belum lagi kalau bicara ukuran, laptop MSI Stealth GS66 ini jauh dari ciri khas laptop gaming yang tebal dan berat. Body laptop satu ini cukup tipis untuk performa garang yang ditawarkan. Ketebalan laptop ini cuma 19,8 mm, dengan berat cuma 2,1 Kg. Cukup enteng kalau mau dibawa ke mana-mana.

Apa cuma itu keistimewaan desainnya? Oh, tentu tidak~

Backlit keyboard yang keren! | dok. Hipwee

Itu tadi cuma casing tampak luarnya saja. Sekarang mari kita buka laptopnya. Pandangan saya langsung tertuju pada susunan keyboard-nya yang cakep. Nggak memiliki barisan “numpad” bikin susunan keyboard MSI Stealth GS66 yang saya jajal ini jadi terasa luas dan nyaman untuk dipakai ngetik atau bermain game.

Yang bikin makin keren, keyboard-nya dilengkapi dengan RGB backlit dari SteelSeries yang tentu saja semakin memperkuat kesan gaming di laptop ini. Menariknya lagi, RGB keyboard ini juga dapat di-customizable lewat software SteelSeries GG, loh.

Layar laptop ini mantap, mata saya serasa dimanja saat bermain game

Kualitas layar yang nggak kaleng-kaleng! | dok. Hipwee

Untuk mendukung pengalaman gaming, laptop MSI Stealth GS66 ini dibekali layar anti-glare 15,6 Inch dengan kualitas QHD. Nah, yang bikin layar laptop ini beda dari yang lain adalah kecepatan refresh rate-nya 240Hz! Ini adalah jaminan kenyamanan buat main game, apalagi cuma nonton video atau kerja biasa.

Warna yang dihasilkan layar dengan panel IPS Level ini vibrant dengan DCI-P3 100%. Nggak heran kalau nyaman banget di mata, terutama ketika dipakai main game open world dengan visual yang keren seperti God of War, Assassin’s Creed series, Elden Ring, atau game dengan warna yang cerah seperti Genshin Impact.

Nggak hanya itu, layar laptop gaming MSI ini juga spesial karena bisa di-customizable. Saya bisa menyesuaikan kenyamanan dan kebutuhan penggunaan lewat software MSI True Color. Buat yang hobi main game FPS seperti PUBG atau CSGO, laptop ini juga punya fitur OSD Crosshair-nya, lho! Posisi dan warnanya lagi-lagi bisa diatur lewat software MSI True Color.

Performa laptop ini ngebut. Salah satunya dipastikan oleh prosesor Intel i9 generasi ke-12

Dari penjelasan soal desain dan layar di atas saja, saya dapat menyimpulkan kalau laptop MSI Stealth GS66 ini bukan perangkat sembarangan. Kesimpulan saya makin matang saat mengintip dapur pacu laptop ini. 

Dimulai dari prosesor, laptop MSI Stealth GS66 dibekali Alder Lake Intel i9 generasi ke-12 terbaru yang sudah terbukti powerful. Prosesor ini punya 14-core yang terdiri dari 6 P-Core (Performance) dan 8 E-Core (Efficiency). 

P-Core laptop ini punya Max Turbo Frequency 5.0GHz, sementara E-Core-nya punya Max Turbo Frequency mencapai 3.8GHz. Perpaduan 14-Core tersebut jelas membuat performa laptop ini ngebut!

Urusan graphics juga nggak perlu dipertanyakan lagi. Laptop MSI Stealth GS66 12UHS-218ID yang berjalan dengan OS Windows 11 Home ini dilengkapi GPU NVIDIA GeForce RTX 3080Ti Laptop GPU 16GB GDDR6. Kartu grafis ini mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi tetapi juga efisien akan daya, loh.

Laptop yang saya jajal ini juga dilengkapi RAM bawaan sebesar 32GB DDR5 dual channel yang bisa di-upgrade hingga 64GB. Meski bisa di-upgrade, rasa-rasanya 32GB untuk saya saat ini udah lebih dari cukup.

Untuk urusan storage, laptop MSI Stealth GS66 12UHS-218ID dilengkapi dengan 2TB SSD M.2 NVMe PCIe Gen 4 yang ikut memastikan performa ngebut. Sedangkan soal daya tahan, perangkat ini dilengkapi baterai 4 cell 99.99Whr.

Terus buat gaming gimana? Nyaman di rata kanan!

Nyaman rata kanan! | dok. Hipwee

Spesifikasi laptop MSI Stealth GS66 ini membuat saya nggak sabar untuk membuktikan performa gaming-nya. Singkat kata, performanya ciamik! Main game AAA seperti God of War atau Assassin’s Creed Valhalla nggak ada gangguan sama sekali. 

Jangan salah, saya coba bermain tidak dengan setting low atau medium, ya. Saya mencoba kedua game tersebut dengan graphic setting yang diatur rata kanan. Hasilnya, performanya tetap kencang dan stabil di kisaran 60-80 FPS.

Sewajarnya laptop yang digunakan untuk gaming dalam waktu lama, suhu casing laptop MSI Stealth GS66 terasa hangat. Meski begitu, suhunya nggak sampai di taraf mengganggu dan masih dalam batas wajar. 

Lagi pula, saya nggak perlu khawatir perkara suhu panas, karena laptop MSI Stealth GS66 ini sudah dilengkapi teknologi Cooler Boost Trinity+ dengan bilah kipas 0,1 mm tertipis di dunia untuk memastikan pembuangan panas yang optimal. 

Fitur lain yang dimiliki MSI Stealth GS66 nggak kalah keren, lengkap!

Kalau bicara laptop kelas atas, tentu saja sudah harus memiliki sederet fitur nomor wahid. Nah, soal konektivitas, laptop MSI Stealth GS66 punya beragam fitur yang lengkap, seperti satu yang terpenting adalah WiFi 6E untuk kecepatan lebih ngebut dan latensi lebih rendah.

Selain itu laptop MSI Stealth GS66 juga dilengkapi port konektor Ethernet RJ45 dan konektor USB Type A, konektor USB type C dan juga port Thunderbolt 4 yang bisa difungsikan untuk charging laptop, loh. Lengkap banget kan?

Sedangkan untuk fitur keamanan, laptop ini dibekali sensor finger print dan infrared yang bisa digunakan untuk membuka akses laptop. Selain itu laptop MSI Stealth GS66 juga sudah mendukung fitur Windows Hello yang memungkinkan pengguna login via finger print dan face recognition dengan lebih cepat dan aman. 

Berkaitan juga dengan pengalaman gaming, laptop MSI Stealth GS66 mendukung sistem audio yang nyaman di telinga lewat fitur Dynaudio. Main game yang punya audio keren seperti The Witcher III – Wild Hunt tanpa headphone dapat dipastikan cukup nyaman. Terlebih performa audio laptop ini juga bisa di-customizable lewat software Nahimic. Keren lah.

Kesimpulan

Kesempatan menjajal laptop gaming MSI Stealth GS66 12UHS-218ID telah melengkapi bagian integral dalam hidup saya yang gandrung akan game. Laptop ini hadir hampir tanpa cela untuk memenuhi kebutuhan gaming tingkat tinggi, apalagi sekadar untuk keperluan sehari-hari saya sebagai seorang penulis. 

Meski didedikasikan untuk para gamers, laptop ini dapat memuaskan kebutuhan siapa saja, termasuk para content creator dan profesional lainnya berkat desainnya yang elegan dan sederet fitur pendukung. 

Dengan kata lain, laptop ini bisa jadi opsi perangkat dengan performa tinggi untuk kamu yang ingin menikmati pengalaman tingkat tinggi dalam menggunakan laptop, atau untuk kamu yang butuh perangkat gaming tapi nggak mau terlalu kelihatan gaming.

Nah, buat kamu yang ingin membuktikan sendiri performa terbaik laptop MSI Stealth GS66 12UHS-218ID, perangkat ini sudah bisa didapatkan secara offline melalui https://msi.gm/stealthgs66hipweeoff atau secara online melalui https://msi.gm/stealthgs66hipweeon, dengan banderol harga Rp62.999.000. Untuk setiap pembelian sudah termasuk bonus laptop backpack yang stylish juga, loh

Bagaimana? Tertarik untuk meningkatkan pengalaman gaming dengan laptop MSI Stealth GS66? Untuk informasi lebih lanjut mengenai laptop MSI Stealth GS66 12UHS-218ID ini kamu dapat mengakses https://msi.gm/stealthgs66hipwee. So, happy gaming, fellas!

Spesifikasi MSI Stealth GS66 12UHS-218ID

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor