Maia kritik Joan suntik steroid

Ajang pencarian bakat Indonesian Idol emang selalu menyediakan kejutan-kejutan spesial tiap minggunya. Bukan cuma soal siapa yang lolos ke babak berikutnya atau penampilan spektakuler para peserta aja, komentar juri-juri yang suka menohok tapi menghibur biasanya juga jadi highlight acara yang telah berlangsung sejak tahun 2004 itu. Nah tapi satu komentar dari Maia Estianty pada salah satu kontestan Joanita Veroni atau yang akrab disapa pada babak ‘Road to Final’ kemarin (9/4), mengundang banyak tanda tanya dan rasa penasaran.

Dikutip dari laman Kompas, selain mengkritik suara Joan yang menurutnya tidak stabil, Maia juga mengkritik kebiasaan Joan suntik steroid setiap minggu untuk atasi masalah vokalnya. Suntik steroid? Sebuah istilah yang mungkin bagi kita orang awam, terdengar asing dilontarkan di acara lomba menyanyi. Tapi ternyata suntikan steroid yang dimaksud Maia telah menjadi salah satu ‘obat rahasia’ penyanyi profesional untuk selalu tampil 100%. Apa sih suntik steroid itu? Kenapa juga penyanyi membutuhkan suntikan tersebut? Buat yang penasaran, yuk simak ulasan spesial Hipwee News & Feature ini!

1. Steroid memang jauh lebih terkenal di bidang olah raga sebagai salah satu bentuk doping. Tapi ternyata obat dengan konsep yang sama juga dimanfaatkan oleh penyanyi yang sedang mengalami masalah vokal

Kalau ketahuan doping atau mengonsumsi obat peningkat performa, atlet bakal dikualifikasi via sport.dziennik.pl

Advertisement

Dilansir dari CNN, steroid merupakan zat sintetis yang berfungsi untuk meningkatkan pembentukan masa otot, membantu atlet tak mudah cepat lelah serta mempercepat proses penyembuhan setelah mengalami cidera. Karena fungsinya bisa meningkatkan performa secara signifikan, penggunaan steroid dalam pertandingan olah raga itu dianggap sebagai kecurangan dan dilarang. Begitu kasus Joan Indonesian Idol ini mencuat, mungkin banyak orang yang baru tahu jika steroid juga bisa digunakan untuk mengembalikan pita suara yang mengalami luka. Sehingga suara yang tadinya tak bisa dihasilkan, bisa kembali dikeluarkan beberapa saat setelah proses penyuntikan steroid.

Nah kalau dalam dunia tarik suara, khususnya dalam penyelenggaraan kontes seperti Indonesian Idol, gimana ya peraturannya? Mungkin boleh-boleh aja kali ya, soalnya tiap peserta ‘kan memang diharapkan bisa tampil maksimal tiap minggunya. Kasihan juga kalau suaranya habis dan tidak bisa tampil…

2. Selain lewat obat, ternyata ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk memasukkan zat ini ke dalam tubuh. Salah satunya ya lewat suntikan langsung ke area yang bermasalah

Disuntik langsung ke organ tubuh via www.youtube.com

Sebelumnya steroid juga mungkin lebih sering dibayangkan sebagai obat yang dikonsumsi dengan cara ditelan, tapi steroid khusus penyanyi ini biasanya justru disuntikkan. Menurut National Health Service (NHS), steroid bisa juga dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan langsung ke organ tubuh yang bermasalah, seperti otot, sendi, serta tulang belakang. Suntikan yang terkenal sering dipakai oleh penyanyi profesional atau artis musikal adalah suntikan Cortisone, sejenis obat steroid. Namun semua prosedur penyuntikan ini wajib hukumnya di bawah pengawasan dokter spesialis. Sebab akan ada beberapa efek samping yang menyertai.

Advertisement

Maka dari itu, suntikan steroid ini tidak dianjurkan dan sebaiknya benar-benar hanya digunakan ketika tidak ada jalan lain. Penyanyi profesional yang harus tampil di hadapan ribuan orang tiap harinya, akhirnya sering memilih jalan ini karena tidak mau mengecewakan fans yang telah menunggu dan membeli tiket. Dikutip dari laman Kompas, Joan sendiri mengaku baru mengenal dan melakukan suntik steroid ini setelah mengikuti ajang Indonesian Idol.

3. Efek samping dari suntik steroid ini nggak main-main. Kalau berlebihan, bukannya menyembuhkan tapi menimbulkan gangguan kesehatan yang lain

Salah satu efek samping adalah nyeri di bagian yang sebelumnya disuntik via www.spine-health.com

Hampir sama seperti obat-obatan yang lain, suntik steroid ini juga disertai beberapa efek samping. Dikutip dari nhs.uk, efek samping yang bisa ditimbulkan seperti rasa tidak nyaman, adanya nyeri pada bagian yang disuntik selama beberapa hari, wajah memerah dan bengkak, hingga naiknya tekanan darah yang menyebabkan sakit kepala. Menurut Jeffrey Chew, seorang ahli bedah ortopedik Rumah Sakit Mount Elizabeth mengatakan bahwa suntik steroid ini baiknya tak dilakukan berulang kali. Bahkan dia menyebutkan bahwa suntikan hanya boleh diberikan sebanyak 3 kali seumur hidup.

4. Lalu apa ada pengobatan selain suntik steroid untuk para penyanyi yang mengalami radang pita suara ini?

Singer’cure, salah satu cara alami untuk meredakan hilangnya suara saat peradangan terjadi via www.youtube.com

Kamu yang mungkin berprofesi sebagai penyanyi atau hobi menyanyi mungkin belum banyak mengetahui. Bahwa ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk meredakan radang pita suara ini. Salah satunya seperti apa yang disebut Singer’s Cure oleh Dr. Berg ini. Dilansir dari Takelessons, Dr. Berg menyebutkan melakukan latihan pada leher dan kepala mampu meredakan peradangan di area pita suara dan tenggorokan. Caranya dengan melakukan penekanan pada leher bagian belakang serta dahi secara berlawanan secara berulang-ulang. Cara lain adalah dengan mengonsumsi bahan-bahan alami, seperti jahe atau bawang putih. Cara yang terakhir adalah dengan melakukan langkah ‘Silence is golden’ yaitu dengan mengurangi kegiatan yang berpotensi mengeluarkan suara serta memperbanyak istirahat.

Suntik steroid memang cara instan untuk meredakan rasa nyeri, terlebih untuk para penyanyi yang tengah mengalami radang di bagian vital seperti pita suara. Namun dengan melihat efek samping jika dilakukan secara berlebihan, apa nggak takut justru akan menyebabkan gangguan kesehatan yang lain?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya