14 Januari 2016, akan jadi salah satu hari yang akan terus diingat oleh masyarakat Indonesia. Terutama mereka yang tinggal di Jakarta. Sebuah serangan bom terkutuk terjadi di pusat perbelanjaan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat mengagetkan warga yang sedang beraktivitas di sekitarnya. Setelah beberapa kali bom meledak dan terjadi baku tembak antara pelaku terorisme dengan aparat kepolisian, netizen pun ramai-ramai menyebarkan hastag #JakartaBerani, #KamiTidakTakut, dan banyak hastag lainnya yang bernada positif. Banyak juga yang berlomba mengirimkan simpatinya untuk para warga sipil yang turut menjadi korban. Kalau kamu salah satunya, nggak usah nge-share foto korban ya. Jangan!

Namun dibalik keprihatinan kita atas tragedi ini, Indonesia tetaplah negara yang punya ciri khas tersendiri. Di negeri seribu pulau ini, selalu ada hikmah dibalik peristiwa yang terjadi. Alih-alih terus larut pada kesedihan, rakyat Indonesia justru mengirimkan pesan balik kepada para peneror. Bahwa apa yang mereka lakukan di Jakarta kemarin, tidak akan pernah membuat rakyat Indonesia gentar. Beberapa hal di bawah ini justru menunjukkan kalau kita berani dan serangan gagal total. Ketakutan memang ada, tapi kita memilih untuk tidak takluk kepadanya.

1. Ini khas Indonesia banget. Dimana ada keramaian, disitu ada pedagang asongan. Serangan bom tak menyurutkan para pedagang ini mengais rezeki.

te..sateeee… via www.facebook.com

Advertisement

Foto ini mendadak viral di media sosial. Dua jam setelah penyerangan terjadi di sekitar Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, seorang penjual sate dengan santainya menjajakan sate dagangannya di tempat yang hanya berjarak 100 meter di lokasi kejadian. Diliat dari fotonya, bapaknya santai aja tuh bakar-bakar sate yang jadi pesanan pembelinya. Sudah dipastikan, yang kayak begini cuma terjadi di Indonesia. Si bapak mungkin lebih takut dagangannya nggak laku daripada sama teroris.

Masih nggak percaya kalau kita nggak gentar sama serangan kemarin? Foto selanjutnya ini buktinya. Sambil nunggu polisi nangkepin teroris, yaudah jajan dulu aja deh ~

yang kopi yang kopiiii via www.facebook.com

yang penting dagangan laku via www.facebook.com

Dan sementara itu…..

Pak tentara laper juga… via twitter.com

Advertisement

Tentara juga manusia. Mereka juga pasti punya naluri untuk jajan. Apalagi kalau ada pedagang manisan ini, siapa sih yang bisa nolaaak.

2. Mayoritas masyarakat Indonesia itu rasa ingin tahunya sungguh tinggi. Ketika para polisi bersembunyi dari serangan, mereka malah penasaran apa yang sedang terjadi.

berasa nonton shooting film The Raid 3! via www.elaenews.com

Warga sipil yang kemarin berada di sekitar lokasi serangan, memang patut diacungi jempol. Alih-alih memilih menyelamatkan diri, mereka malah ingin semakin mendekati area kejadian. Tujuannya sih satu, biar bisa liat baku tembak yang terjadi. Bingung juga sih, mereka ngiranya ini shooting film The Raid 3 kali ya. Hehehe..

ngga sadar penjahatnya di belakang via jakartaglobe.beritasatu.com

Saking asyiknya nontonin polisi yang lagi baku tembak, sampai nggak sadar kalau pelakunya ada di belakang mereka. Mungkin inilah percakapan yang terjadi antara dua pelaku itu.

“Itu kok orang-orang kok malah ngga takut ya? Kan kita uda disini. Pegimane sih mereka. Malah asik nonton yang lain,”

“Tau tuh, gagal deh kita dandan garang begini. Mana uda bawa pistol yang berat pula. Besok males ah nyerang disini lagi. Ga asiiik,”

Om-om teroris, yaudah terima aja yaa. Serangan kalian kemarin memang gagal total. Soalnya kami memang jagonya kalau PHP-in orang. Gebetan aja diPHP-in, apalagi teroris…

3. Kalau cuma nonton langsung nggak cukup memuaskan batin. Peristiwa serangan ini pun harus diabadikan lewat foto selfie dan video. Lagi-lagi khas Indonesia!

yuk pose dulu via nasional.tempo.co

Pak polisi minggir dikit, kami mau ambil gambar yaaa…

4. Nah kalau ini pasti bikin para penyerang merasa gagal jadi teroris. Fokus para wanita Indonesia langsung teralihkan begitu ada polisi ganteng tertangkap kamera. Pak Polisi ganteng, kami naksir!

Pak Polisi, tembak hati kami Pak.. via m.sooperboy.com

yang ditengah, jangan sampai lolos via jakartaglobe.beritasatu.com

Salah satu personil polisi yang kemarin juga turut dalam penangkapan pelaku penyerangan, mendadak menjadi terkenal di kalangan para netizen. Wajahnya yang ganteng dan dandanannya yang stylish membuat para kaum hawa dibuat meleleh hatinya. Pak Polisi yang belakangan diketahui bernama Rino Soedarjo ini pun mendapatkan pujian dari desainer kenamaan Indonesia, Ivan Gunawan. Kata Ivan, Rino adalah polisi Indonesia yang paling keren gayanya. Duh tembak hati kami, Paaaaak.

5. Dari yang sebelumnya hastag dukungan untuk pemberantasan terorisme bertebaran, langsung dengan cepat berganti menjadi #KamiNaksir. Siapa lagi kalau nggak naksir Pak Polisi ganteng!

kami lemah diteror asmara.. via Dok.pri

Kita pun nggak mau lama-lama bersedih. Kalau kata Mbak Albhertiene Endah, kita sih lebih takut teror asmara dibandingkan teror bom.

6. Daaan OOTD Pak Polisi ganteng langsung ngetren. Mau bergaya kayak dia? Japri aja sis!

PO bisa siis.. via path

Selain ganteng, gaya Pak Polisi ganteng saat bertugas ini juga jadi menginspirasi banyak orang. Dengan modal wajah yang udah ganteng banget, penampilannya semakin sempurna dengan model rambut klimis dan sepatu serta tas branded. Hal ini pun menginspirasi sebagian orang untuk membuka peluang bisnis baru. Japri aja ya sis kalau mau bergaya kayak Pak Polisi ganteng. 😀

Setelah melihat respon warga Jakarta pasca-penyerangan yang ternyata cukup di luar dugaan, mungkin komandan yang jadi otak penyerangan kemarin kapok kali yaaa. Karena rencana mereka gagal total! Hal-hal yang terjadi di atas, memang membuktikan bahwa Indonesia memang negara kuat.

Pada akhirnya, kita harus terus bersatu agar serangan dari luar bisa dicegah. Banyak doa yang akan selalu dipanjatkan. Semoga kondisi ini bisa segera kembali kondusif, semoga mereka yang tak bersalah dan menjadi korban segera dipulihkan, serta bagi warga sipil yang tewas dalam serangan ini – semoga bisa mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. #JakartaBerani #KamiTidakTakut #IndonesiaTetapBahagia dan #KamiNaksir Pak Polisi ganteng!

Bonus:

yah…tuh kaan! salah koordinasi

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya