Bintang Emon Bagikan Tips Membuat Konten Kreatif dalam Kegiatan “Nge-Zoom Bareng Bintang Emon” Kemkominfo dan Siberkreasi

Tips membuat konten kreatif di media sosial

Bagi yang berkarier di industri kreatif pasti akan sangat familier dengan ide. Yup, ide merupakan hal utama dalam proses pembuatan konten kreatif apapun bentuknya. Namun, ide bukan satu-satunya hal penting dalam sebuah proses kreatif. Ada banyak hal lainnya yang harus dilewati hingga sebuah konten bisa disajikan secara utuh. Semua tahapan sejak dari ide hingga menjadi konten harus terus dipelajari jika ingin sukses di industri kreatif kiwari yang berkembang sangat dinamis.

Advertisement

Syukurnya, mempelajari serba-serbi konten kreatif sesuai perkembangan industri kini sudah sangat mudah, karena ada banyak kegiatan virtual yang menghadirkan praktisi industri kreatif untuk berbagi pengalaman hingga tips dan trik, seperti kegiatan “Nge-Zoom Bareng Bintang Emon” yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi Sabtu (16/10) lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Bintang Emon membagikan pengalaman dalam membuat konten-konten kreatif di media sosial. Seperti diketahui, stand-up comedian satu ini cukup populer di jagat Instagram lewat konten-konten lucu yang terkadang cukup menohok.

Tahapan kreatif Bintang Emon saat membuat konten kreatif untuk diunggah ke media sosial

Proses pencarian ide ala Bintang Emon | dok. Siberkreasi

Bintang menjelaskan bagaimana ia bisa mempresentasikan ide dengan cara yang terstruktur dalam setiap konten media sosialnya. Ternyata, kepiawaian tersebut ia dapat saat belajar di komunitas stand-up comedy. Selama aktif di komunitas stand up comedy, Bintang mengaku banyak belajar tahapan kreatif mulai dari public speaking hingga cara menulis yang rapi dan terstruktur. Hal itu lah yang ia aplikasikan ketika membuat sebuah konten.

Advertisement

Bintang juga mengaku nggak bisa menyampaikan sebuah pesan dengan rapi saat berbicara langsung. Oleh karena itu, ia mengakali hal tersebut dengan cara meramu pesan yang ingin disampaikan ke dalam konten video. Melalui konten video, Bintang mengaku bisa lebih leluasa menyusun konsep, poin masalah dan juga argumentasi. Tahapan yang cukup panjang tersebut juga yang menjadi alasan mengapa konten videonya hanya muncul satu kali seminggu.

Dalam satu kesempatan lain, Bintang mengatakan kalau ia memperlakukan sebuah ide dengan tidak buru-buru. Ia menjelaskan, ketika sebuah ide dirasa belum sempurna untuk dieksekusi, lebih baik ide tersebut disimpan terlebih dahulu. Sembari ide tersebut disimpan, ia akan melakukan pencarian topik yang sesuai. Dalam mengeksekusinya nanti, Bintang mengatakan mood atau suasana hati pun akan memengaruhi perjalanan ide tersebut.

Advertisement

Bintang Emon melibatkan apa yang dirasakan masyarakat luas ke dalam konten kreatif

Dalam konten yang diunggah ke laman media sosial, Bintang nggak hanya tampil sebagai komedian tapi juga berpikir logis mengenai cara memecahkan permasalahan yang terjadi. Ia melibatkan apa yang dirasakan masyarakat luas terkait isu atau permasalahan terkini, sehingga pelaku atau orang yang dibahas bisa mengetahui keluhan yang dirasakan oleh masyarakat.

Dalam kesempatan ini Bintang juga mengingatkan kepada generasi muda agar cepat beradaptasi dengan zaman, dan harus semakin cakap digital agar tidak tertinggal perkembangan dunia.

Bagaimana, kamu sudah sedikit tercerahkan mengenai ide dan proses kreatif sebuah konten lewat rangkuman kegiatan “Nge-Zoom Bareng Bintang Emon” di atas? Kalau kamu masih butuh ilmu-ilmu lain terkait dunia digital, Kemkominfo bersama Siberkreasi punya sejumlah kegiatan dan kelas-kelas pelatihan terkait peningkatan kapasitas di bidang digital yang terbuka untuk umum dan gratis, loh. Informasi lebih lanjut terkait kegiatan-kegiatan tersebut bisa kamu akses melalui info.literasidigital.id.

Tag: media sosial, konten kreatif, konten digital, bintang emon

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE