Baru-baru ini, media sosial dihebohkan oleh beredarnya video singkat yang menunjukkan seorang pelajar menulis dengan posisi terbalik. Dan yang lebih mengejutkan lagi, pelajar tersebut menulis dengan tangan kiri alias kidal. Fenomena ini tentu mengundang perhatian banyak orang mengingat cara menulis pelajar tersebut dinilai tak lazim.

Diduga bahwa kegiatan menulis terbalik yang dilakukan oleh pelajar — yang belakangan diketahui berasal dari Indonesia Timur tersebut merupakan kemampuan langka. Bahkan, warganet pun berspekulasi bahwa kemampuannya tersebut adalah satu-satunya cara menulis unik di Indonesia yang hanya bisa dilakukan oleh pelajar videonya viral tersebut.

Bukan hanya terbalik dari kanan ke kiri, pelajar ini bahkan juga menulis dengan posisi kertas yang terbalik saat dibaca

Advertisement

Sebenarnya, menulis dengan posisi terbalik dari kanan ke kiri masih bisa dikatakan wajar. Cara menulis tersebut biasanya dilakukan oleh orang-orang yang menuliskan huruf Arab. Namun yang dilakukan oleh pelajar ini lebih dari itu. Ia tak hanya menuliskan huruf demi huruf dalam abjad Latin dari kanan ke kiri, tapi juga menggunakan tangan kiri alias kidal ditambah posisi kertas yang terbalik. Epic banget!

Viralnya video singkat tersebut berawal dari unggahan beberapa akun di media sosial seperti Instagram dan juga Twitter. Salah satunya adalah akun Instagram fakta.indo. Video yang diunggah di akun tersebut berhasil disaksikan lebih dari 100 ribu orang dan mendapat komentar yang juga tak kalah banyaknya.

Fenomena menulis terbalik ini mengundang beragam respon warganet, mulai dari terkejut sampai merasa terheran-heran

Respon warganet via www.instagram.com

Advertisement

Kemampuan unik yang belakangan diketahui merupakan kebiasaan dari pelajar tersebut pun akhirnya mengundang berbagai respon warganet. Banyak dari mereka yang terheran-heran saat melihat apa yang dilakukan oleh pelajar tersebut. Bahkan, beberapa di antaranya juga mengungkapkan keuntungan dari cara menulis yang demikian. Salah satunya, bakal susah untuk dicontek oleh teman lainnya. Benar juga, ya?

Kemampuan menulis terbalik ini pun rupanya bukan hanya sekedar mencari sensasi dan atensi publik. Pasalnya, pelajar yang menulis dengan skill tingkat dewa itu melakukannya dengan lancar dan tanpa merasa kesulitan sedikit pun. Hal tersebut menambah keyakinan publik bahwa apa yang dilakukannya memang telah menjadi kebiasaannya.

Meski terdapat indikasi perbedaan proses berpikir di otak, kejadian tersebut tak selalu bisa disebut gangguan disleksia

Dugaan disleksia via nasional.okezone.com

Setelah viralnya video tersebut, banyak orang yang akhirnya menghubungkan kemampuan menulis terbalik ini dengan gangguan disleksia, atau dalam bahasa awamnya adalah gangguan pada kemampuan bahasa akibat terdapat perbedaan proses berpikir di otak. Namun, berdasarkan lembaga nirlaba Understood yang fokus pada anak dengan gangguan belajar, dalam ulasan Detik menyebutkan hal yang berbeda.

Menulis huruf terbalik atau mirror writing menurut Understood belum tentu merupakan tanda disleksia. Memang tak menutup kemungkinan ada pengidap disleksia yang memiliki masalah dengan hal ini, namun tak banyak persentasenya. Mereka juga menjelaskan lebih lanjut bahwa seorang anak berusia di atas 7 tahun yang masih menulis dengan cara tersebut, bisa jadi ada penyebab lain di luar disleksia. Seperti misalnya memiliki masalah pemrosesan visual yang membuat anak tersebut kesulitan membedakan bagaimana gambar berbeda atau arah visual.

Namun terlepas dari kondisi yang dialami pelajar tersebut, kemampuannya untuk menulis terbalik patut kita acungi jempol. Nggak banyak orang yang mampu dan terbiasa, kan?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya