Vina Muliana Menangkan Challenge #TauGaSih TikTok Indonesia Lewat Konten Seputar Dunia Kerja 

Challenge #TauGaSih TikTok Indonesia

Belakangan TikTok jadi perhatian anak muda yang gandrung kreasi konten video segar, menghibur dan edukatif. Durasi pendek yang ditawarkan platform ini jadi keunggulan utama karena pengguna nggak perlu menonton video yang panjang untuk mendapatkan informasi. Selain itu, TikTok juga sering mengadakan challenge yang membuatnya makin menarik. Kalau kamu pengguna setia TikTok pasti sudah nggak asing.

Advertisement

Seperti baru-baru ini, TikTok Indonesia mengadakan challenge #TauGaSih sejak tanggal 6-13 Desember 2021 untuk mendukung generasi muda Indonesia jadi lebih positif. Dalam challenge ini para konten kreator ditantang untuk membuat konten video edukatif dan informatif dari sebelas pilihan kategori topik, dengan menjadikan artikel media partner seperti Hipwee sebagai sumber referensinya.

Sukses diselenggarakan, TikTok Indonesia pun telah mengumumkan 10 kreator yang menjadi pemenang untuk hadiah senilai total Rp140 juta. Salah satunya adalah Vina Muliana, kreator TikTok yang aktif membuat konten edukatif seputar dunia kerja. Kira-kira seperti apa ya, konten edukatif dari Vina Muliana sehingga berhasil memenangkan challenge dari TikTok Indonesia?

Vina Muliana merupakan pegawai BUMN yang aktif membuat konten video seputar dunia kerja di TikTok

Kreator TikTok Vina Muliana | Credit via @vmuliana on TikTok

Vina Muliana adalah perempuan berusia 27 tahun. Di TikTok, ia dikenal sebagai salah satu kreator dengan nama pengguna @vmuliana yang konsisten memproduksi konten tips dan trik serta edukasi seputar dunia pekerjaan, khususnya dalam lingkup BUMN. Berdomisili di Jakarta,  Vina memang berprofesi sebagai pegawai BUMN di bidang pertambangan.

Advertisement

Dalam sesi wawancara eksklusif, Vina mengaku konsisten membuat konten edukasi di TikTok karena ingin membantu para job seeker dan fresh graduate dari berbagai tingkatan pendidikan untuk mendapatkan informasi seluas-luasnya mengenai dunia pekerjaan dan karier.

Berkaca lewat pengalaman saat bekerja dan mendapatkan banyak ilmu serta pengalaman dari para senior di kantor, Vina menyadari kalau nggak semua orang punya kesempatan mendapatkan pengalaman seperti dirinya. Terlebih di masa pandemi ini ia melihat banyak pekerja yang terpaksa kehilangan mata pencahariannya. Berangkat dari hal tersebut, Vina memutuskan untuk membantu lewat konten video seputar karier.

Advertisement

“Awal mula aku terjun jadi kreator TikTok yaitu saat melihat banyak sekali para lulusan pendidikan di Indonesia yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi. Berbekal ilmu dan pengalaman yang aku dapatkan selama bekerja, aku memutuskan untuk membantu mereka lewat konten edukatif seputar karier dan pengembangan diri,” terang Vina mengenai awal mula kiprahnya di TikTok, Senin (27/12).

Nggak hanya membuat konten dengan pola komunikasi satu arah, di TikTok Vina juga terbuka dengan beragam pertanyaan dari audiens. Hal ini berkaitan dengan profesi Vina sebelum menjadi pegawai BUMN, yaitu seorang wartawan untuk kanal ekonomi dan bisnis. Ia mengatakan bahwa konten videonya saat ini merupakan bentuk lain dari tulisan-tulisan yang pernah dibuatnya ketika menjadi wartawan dulu.

Untuk challenge #TauGaSih dari TikTok Indonesia Vina  mengunggah tujuh video edukatif dan informatif seputar karier

Kreator pemenang challenge #TauGaSih | Credit @vmuliana on TikTok

Kiprah Vina di TikTok cukup bikin kagum. Semua nggak lepas dari konten yang ia buat. Belum genap satu tahun membangun kanal TikTok miliknya, Vina telah dinobatkan sebagai Top Fastest Growing nomor dua dari TikTok Indonesia. Kini, ia bahkan berhasil menjadi salah satu pemenang challenge #TauGaSih dari TikTok Indonesia.

Untuk challenge ini Vina mengunggah tujuh video dengan topik seputar edukasi dunia pekerjaan. Karena saat ini dirinya masih bekerja sebagai pegawai BUMN, Vina biasanya memaksimalkan waktu akhir pekan untuk memproduksi konten mulai dari proses ideation, menulis skrip video, serta melakukan shooting dan editing video untuk diunggah rutin di hari Senin hingga Jumat.

Punya kompetensi dalam pembuatan konten, Vina pun membeberkan beberapa tips untuk para kreator yang juga ingin berkecimpung membuat konten di platform TikTok. Berdasarkan apa yang selalu ia lakukan, Vina menekankan pentingnya untuk membuat hook di awal video agar dapat menarik penonton.

“Hal yang paling penting saat membuat konten video adalah bagaimana cara kita mengkomunikasikan isi konten dengan kata-kata yang mudah diterima. Aku selalu berusaha untuk membuat hook video di awal agar mendapatkan engage user di 3-8 detik pertama. Selain itu, kita juga harus memiliki niche yang tepat dan konsisten serta membuat konten yang praktikal,” tukas Vina.

Tak hanya itu, Vina juga mengatakan perlu bagi para kreator memilih platform yang tepat untuk kontennya. Bagi Vina, TikTok adalah platform yang tepat karena durasi yang ditetapkan relatif pendek, sehingga nggak menyita waktu untuk membuat konten bagi dirinya yang memiliki kesibukan lain sebagai pegawai BUMN.

Ke depannya, Vina berencana terus mengembangkan konten serta membangun komunitas dan ekosistem media sosial yang lebih sehat

Dalam kesempatan wawancara eksklusif Vina juga menceritakan beberapa tantangan yang kerap dihadapinya saat membuat konten video, seperti kesulitan menyusun kalimat yang mudah dipahami. Hal ini karena topik yang kerap ia bawakan sering memiliki kata-kata “asing”. Hal ini juga harus jadi perhatianmu ketika ingin membuat konten apapun untuk dikonsumsi masyarakat luas.

Selanjutnya, Vina mengatakan akan menjadikan kemenangannya dalam challenge #TauGaSih ini sebagai momentum untuk makin konsisten mengembangkan konten. Ia juga mengungkapkan keinginan untuk membangun komunitas media sosial yang lebih sehat agar bisa jadi sumber referensi dan inspirasi bagi banyak orang.

Nggak hanya itu, ke depannya Vina juga mengatakan ingin melakukan kolaborasi bersama para kreator lainnya di TikTok agar konten miliknya menjadi lebih beragam dan berwarna. Wah, menarik untuk dinanti, nih!

Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan informasi seputar dunia kerja dan tertarik dengan konten edukatif yang dibuat oleh Vina, bisa langsung mengunjungi kanal TikTok @vmuliana, atau mengetik tagar #TauGaSih di kolom pencarian untuk menyaksikan konten video Vina untuk challenge #TauGaSih TikTok Indonesia.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE