6 Contoh CV Fresh Graduate Plus Pedoman Kirim Lamaran Kerja. Yang Pakai Bahasa Inggris Juga Ada

Contoh CV fresh graduate

Mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Tak cuma bagi fresh graduate saja, mereka yang sudah berpengalaman pun kerap merasa kesulitan mendapatkan pekerjaan. Padahal kalau dipikir, akses untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai kini cukup banyak lo! Bahkan, kita pun bisa mengirimkan lamaran pekerjaan via daring, baik itu email maupun website pencari kerja.

Advertisement

Nah, buat para fresh graduate yang masih awam, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan ketika mencari pekerjaan. Salah satunya ialah membuat CV atau daftar riwayat hidup. Sebenarnya banyak contoh CV pdf yang bisa ditemukan di internet, namun ternyata tak semua memiliki kriteria yang baik. Padahal bagi fresh graduate, CV merupakan kunci utama mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Untuk mempermudahmu, Hipwee Sukses coba ulas beberapa contoh CV fresh graduate yang barangkali bisa kamu sontek. Tapi, biar peluang diterimanya makin besar, kamu mesti tahu juga etika penting saat membuat maupun mengirimkan CV nanti.

Tips berikut bisa dijadikan pedoman awal untuk membuat contoh CV fresh graduate doc yang menjual

tips bikin CV via www.diedit.com

  1. Tampilan CV yang menarik bisa membuat HRD betah berlama-lama membaca isi data dirimu lo! Meski boleh menggunakan template CV yang ada di internet, tapi pastikan kamu sudah menyuntingnya dulu. Ya, barangkali template ini sudah sering dipakai dan bikin HRD bosan dengan tampilannya.
  2. Data diri dalam CV mesti kamu buat sesingkat dan sepadat mungkin dan tulis dengan bahasa yang mudah dipahami. Meski begitu, kamu tetap harus membuat isi CV kaya akan informasi.
  3. Buatlah CV jadi lebih menjual dengan memasukkan keahlian khusus yang kamu miliki. Boleh softskill maupun hardskill.
  4. Siapkan portofolio jika kamu melamar pekerjaan di bidang desain, seni, maupun industri kreatif lain. Sebab, lewat portofolio ini, kamu bisa membuktikan kompetensi diri melalui karya-karya yang dibuat.
  5. Jangan lupa, buat juga CV online, bisa pakai blog atau media sosial seperti LinkedIn.
  6. Terkadang, kamu juga perlu memasukkan referensi kontak kerja agar rekruter bisa mengonfirmasi keahlianmu dari pihak ketiga.
Advertisement

Nah, kalau kamu mencari contoh CV fresh graduate 2020 yang bagus di internet, pastikan di dalamnya memuat informasi penting berikut

harus ada di CV via www.karyaone.co.id

Ya, sebab informasi-informasi ini merupakan hal penting yang rekruter mesti tahu dari dirimu. Makanya, wajib dimasukkan ke CV.

  1. Identitas diri, cantumkan semua informasi dasar seperti nama lengkap, alamat domisili, nomor telepon, dan email agar rekruter tahu mesti menghubungimu ke mana.
  2. Riwayat pendidikan, baiknya jenjang pendidikan diurutkan dari yang baru lulus. Jadi, universitas dulu, baru SMA dan SMP, nggak perlu sampai SD nggak masalah. Pastikan kamu menuliskan jurusan atau konsentrasi yang kamu ambil di jenjang pendidikan tertentu agar bisa dijadikan bahan pertimbangan perusahaan. Untuk menambah nilai jual, IPK juga boleh dimasukkan lo!
  3. Keterampilan atau skill, di kolom ini, kamu bisa memasukkan skill yang relevan dengan posisi yang dilamar. Nah, kemampuan bahasa asing juga bisa kamu masukkan di sini.
  4. Pengalaman kerja atau internship atau magang, para fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja bisa memasukkan pengalaman magang. Kalau tak ada, boleh diganti dengan pengalaman organisasi. Meski terkesan tak penting, tapi jika mengikuti organisasi, biasanya rekruter akan menganggapmu bisa bekerja dalam tim.
  5. Hobi atau ketertarikan, jika kamu melamar di perusahaan informal, memasukkan informasi ini juga bisa membantumu mendapatkan pekerjaan lo! Apalagi, jika hobi dan ketertarikan sesuai dengan posisi yang dilamar. Misalnya, desainer grafis yang suka seni.

Sebagai seorang fresh graduate, kamu wajib mengetahui etika mengirim CV melalui email biar lamaranmu lebih dipertimbangkan

etika kirim CV via www.hipwee.com

Advertisement
  1. Pakailah alamat email profesional dengan nama yang formal. Banyak perusahaan menganggap kalau email formal merupakan bentuk profesionalitas seseorang yang dianggap sudah mampu terjun di dunia kerja. Contoh alamat email yang baik seperti lealyliana@gmail.com.
  2. Pastikan kamu juga mengisikan subjek email-nya. Tulislah subjek dengan jelas mulai dari nama hingga posisi yang dilamar agar HRD mudah saat menyortirnya nanti. Biar  lamaranmu juga nggak terlewat.
  3. Pada body email, kamu bisa menuliskan cover letter atau surat lamaran singkat. Biasanya, cover letter berupa perkenalan tujuan mengirimkan email. Buatlah sesingkat dan sepadat mungkin biar nggak terkesan bertele-tele.
  4. Sebelum melampirkan CV atau berkas pendukung lain, pastikan kamu sudah mengganti nama file jadi lebih profesional. Misalnya, CV Lea Lyliana atau Portofolio Penulis Lea Lyliana.
  5. Semua berkas lampiran bisa dijadikan ke dalam satu file pdf dan urutkan secara rapi. Baiknya, ukuran file tak lebih dari 3 MB agar memudahkan HRD saat mengunduhnya nanti.
  6. Terakhir, kirimlah email lamaran kerja di waktu yang tepat. Biasanya sih di jam kerja, yakni Senin sampai Jumat pukul 09.00 sampai 17.00.

Kalau tiga hal di atas sudah kamu pahami, carilah contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman doc agar bisa dijadikan referensi

Berikut Hipwee Sukses telah merangkum beberapa contoh CV fresh graduate yang bisa kamu sontek. Coba cek dulu!

1. Contoh CV fresh graduate tulis tangan

CV tulis tangan via www.mpssoft.co.id

Umumnya, CV tulis tangan hanya berisi perkenalan singkat. Makanya, kamu tetap harus mencantumkan daftar riwayat hidup yang lebih lengkap. Kalau ada portofolio, juga bisa kamu cetak dan lampirkan, ya!

2. Contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman

CV fresh graduate tanpa pengalaman via id.scribd.com

Nah, karena belum ada pengalaman, kamu bisa memasukkan pelatihan serta beasiswa maupun prestasi yang pernah diraih. Bisa jadi nilai tambah lo ternyata!

3. Contoh CV fresh graduate Bahasa Inggris

CV fresh graduate tanpa pengalaman Bahasa Inggris via keepcornwallwhole.org

Berhubung artikel ini ditujukan untuk para fresh graduate, maka Hipwee Sukses beri contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman Bahasa Inggris. Mengingat kebanyakan fresh graduate belum ada pengalaman kerja. Meski begitu, kalau kamu sempat bekerja paruh waktu atau freelance yang relevan dengan posisi yang dilamar, boleh dimasukkan sekalian.

4. Contoh CV fresh graduate SMA/SMK

CV fresh graduate SMA/SMK via www.redaksiweb.com

Di contoh CV fresh gradute SMK, kamu bisa memasukkan kemampuan yang dimiliki serta pengalaman praktik kerja. Bahkan, kamu boleh menuliskan pengalaman organisasi seperti OSIS maupun Pramuka. Agar lebih meyakinkan, kamu bisa melampirkan sertifikat sebagai berkas pendukung lamaran.

5. Contoh CV perawat fresh graduate

CV perawat via gawecv.com

Pada dasarnya, kualifikasi dalam CV bidan dan perawat sama saja. Mungkin cuma beda di bagian pelatihannya saja. Tak perlu khawatir mendesain CV meski kamu mau melamar pekerjaan sebagai perawat. Asal desainnya dibuat minimalis dan nggak pakai warna yang terlalu terang.

6. Contoh CV fresh graduate akuntansi

CV akutansi via mamikos.com

Kalau belum ada pengalaman kerja, bagian tersebut bisa kamu ganti dengan pengalaman magang atau praktik semasa SMK. Kalau mau lebih simpel, kamu bisa cari contoh fresh graduate word yang banyak tersedia di internet.

Percayalah, kekuatan CV ini sungguh dashyat. Satu lembar data diri ini, bisa menentukkan masa depan karirmu nanti lo! Contoh di atas, bisa kamu sontek pada bagian kualifikasinya, untuk desain bisa disesuaikan dengan seleramu dan tujuan melamarnya nanti. Tak perlu khawatir kehabisan ide CV sebab kamu bisa download CV fresh graduate doc Bahasa Indonesia di banyak situs yang ada di internet. Yuk, semangat upgrade CV, biar cepat dapat kabar baik!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE