Lagi seru-serunya belanja online? Hari ini adalah hari yang tepat buat membelanjakan sejumlah uang dan melengkapi kegiatan akhir tahunmu untuk menikmati diskon besar-besaran dari berbagai situs belanja online. Namun seperti kata pepatah antah berantah, belanja sebenarnya pun ada seninya. Nggak bisa sembarang pilih dan bayar.

Apalagi soal belanja online, selagi semua orang hampir kalap lihat harga barang yang terjun bebas, ada saja oknum-oknum nakal yang memanfaatkan keadaan ini untuk meraup keuntungan pribadi dengan cara merugikan orang lain. Mentang-mentang hari belanja online nasional, jangan sampai semua barang diskon kamu sikat ya. Cek bahayanya berikut ini kalau kamu nggak hati-hati. Baca uraian Hipwee News & Feature berikut sampai tuntas dong!

Akan banyak situs e-commerce palsu yang bahkan namanya mirip-mirip dengan situs resminya, penipuan dengan modus jualan online sangat sulit terlacak lho

Biasanya browser akan berikan peringatan via www.trishtech.com

Advertisement

Saat ini sudah banyak brand-brand lokal dan toko online yang mulai punya situs mandiri untuk bertransaksi. Hati-hati, banyak situs kw yang bisa saja akan meminta uangmu, tapi mengirimkanmu barang yang tidak sesuai. Sudah banyak lho kasusnya pesan sepatu dikirimi roti sobek :(. Cara menghindari penipuan ini adalah dengan menengok kredibilitas toko, melihat akun media sosial toko atau situs tersebut, hingga mencocokkan kontak yang tertera. Kemudian lihat testimoni atau komentar pembeli, ini juga bisa didapatkan di media sosial.

Sama halnya jika kamu membeli barang lewat situs belanja, di mana ada banyak sekali toko yang menjajakan barang. Jangan hanya mudah tergiur dengan harganya yang sangat miring, cek juga berapa kali toko tersebut berhasil melakukan transaksi dan bagaimana komentar pembeli.

Baca baik-baik jika situs meminta data pribadimu, bisa-bisa dimanfaatkan lho

Jangan sembarang kasih password via theconversation.com

Seperti dilansir juga melalui Kompas, biasanya, sebelum melakukan registrasi kamu akan diperlihatkan mengenai syarat dan ketentuan dari situs tersebut. Nah, jangan sampai kamu klik setuju jika ada tulisan yang menyatakan kamu bersedia jika data pribadimu diberikan kepada pihak lain. Kalau transaksimu menggunakan kartu kredit atau debit online, bisa jadi bahaya lho. Data pribadi saat ini bisa lebih berharga dari uang segepok. Gimana tidak, informasi siapa dirimu, apa pekerjaanmu, dan info kegiatan perbankanmu bisa terlacak lho.

Advertisement

Mungkin kamu juga mengenal istilah phishing yaitu penipuan dengan kedok menyamar sebagai situs online. Tujuannya untuk dapat informasi sandi emailmu. Kalau sudah ketahuan, kerugian yang kamu dapat bisa bermacam-macam. Mulai dari akun media sosialmu yang diambil alih, hingga lagi-lagi data perbankan yang terkoneksi dengan email akan bocor. Baiknya secara rutin kamu ganti sandi, atau hati-hatilah terhadap situs yang meragukan.

Minimal PC harus punya antivirus, serangan hacker dan spammer sudah nggak terbendung

Sistem keamanannya yang baik ya via www.praim.com

Sebagai alat tempur harbolnas, PCmu haruslah punya antivirus. Bahkan akan lebih baik jika spyware dan firewall terpasang dengan baik. Ini aan mencegahmu bertransaksi dengan situs robot yang isinya malware dan ransomware. Malware dan ransomware bisa mencuri datamu dan ‘menyelami’ data-data di dalam PC. Masih ingat kasusnya wannacry ‘kan? Kurang lebih datamu bisa dicuri bahkan kamu bisa diperas kalau nggak hati-hati. Jangan asal klik situs mencurigakan makanya!

Jangan lupa, bandingkan harga dan cek di toko sebelah. Pertimbangkan juga garansi dan jaminan pengembalian

Barang sama di 3 situs berbeda via lifestyle.kompas.com

Terkadang ada toko yang memasang diskon hingga 75% dengan menaikkan dulu harga dasar baru menurunkannya. Kalau sudah begini sbeagai pembeli kamu perlu tahu persis harga asli suatu barang yang hendak kamu beli di pasaran. Paling tidak, kamu perlu mempelajari kelebihan dan kekurangan suatu produk. Nggak ada ‘kan yang pengen bangga beli diskonan tapi ternyata harganya nggak jauh beda sama di pasaran?

Terakhir, jangan lupa matikan PC setelah transaksi, buat mempersempit kemungkinan oknum nakal mengoperasikan malware

Garong-garong online meraja lela via www.lifewire.com

Jangan malas buat restart atau matikan PC-mu setelah selesai belanja. Malware yang sudah tertanam di PC-mu bisa dimanfaatkan hacker untuk melakukan transaksi lainnya lho. Apalagi jika kamu menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, bakalan jadi sasaran empuk deh.

Hari belanja online nasional memang sayang banget kalau nggak kamu manfaatkan. Tapi cara pemanfaatannya juga harus cerdas dong. Melakukan belanja online tentu sangat berbeda dengan membeli langsung ke gerai atau toko. Selain kita tidak bertemu langsung dengan penjual, variasi penipuan hingga skenario virus sudah dipersiapkan oleh berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab. Selamat belanja!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya