10 Soal Matematika yang Sempat Menghebohkan Dunia Maya. Kamu Cerdas Kalau Bisa Menjawabnya!

Pernah melihat soal-soal matematika yang jawabannya mengundang perdebatan di media sosial? Netizen berbeda pendapat soal jawaban dan cara pengerjaan soal-soal viral tersebut. Padahal soal itu merupakan soal yang diberikan untuk anak-anak sekolah dasar.

Advertisement

Kali ini Hipwee sudah mengumpulkan 11 soal viral itu dan menantangmu untuk menjawabnya. Kalau kamu ngaku cerdas kamu wajib lulus menjawab semua soal ini!

1. Kamu yang ngaku cerdas, baca soalnya nggak usah berulang-ulang ya! Sekali doang harus langsung ngerti… 😀

Soal 1

Soal 1 via meredeka.com

Selama musim panas Calvin dan teman-temannya berlibur ke Taman Bermain ‘Ten Flags’. Di sana, ada 10 wahana roller coaster yang “wajib” dicoba. Saat hari sudah malam, Calvin dan teman-temannya hanya bisa mencoba lima dari 10 wahana tersebut, karena antri. Ada 2 orang yang sempat menaiki 2 roller coaster yang sama. Berapa jumlah rombongan yang ikut ke taman bermain bersama Calvin hari itu?

2. Coba dihitung dengan bener, jawabannya “00” apa “56”? Masih inget ‘kan aturannya gimana?

Soal 2

Soal 2 via merdeka.com

3. Jangan pusing dulu kalau lihat huruf “n” di soal Matematika. Ini gampang kok, eh kayaknya sih…

soal 3 (BTW bisa ngartiin bahasanya kan ya?)

soal 3

Advertisement

4. Ini cuma soal logika, kamu yang ngaku udah dewasa malu deh kalau nggak bisa menyelesaikannya. Hehehe…

Albert dan Bernard berkenalan dengan Cheryl dan mereka ingin tahu hari ulang tahunnya. Cheryl lalu memberikan 10 kemungkinan tanggal ultahnya, yaitu: 15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus dan 17 Agustus

Cheryl memberi bocoran tersebut secara terpisah kepada mereka berdua. Lalu muncullah pernyataan berikut ini:

Albert : Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi saya yakin Bernard tidak mengetahuinya juga.

Bernard : Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cheryl, tetapi saya sekarang tahu.

Albert : Berarti saya juga tahu ulang tahun Cheryl.

Jadi, kapan sih tanggal ulang tahun Cheryl?

5. Jawabannya 66! Ngerjainnya kayak gimana coba? Sejenis permainan Sudoku, kamu pasti pernah mainin ‘kan?

6. Yang ini kamu pasti udah pernah lihat di media sosial, coba kerjain sekali lagi. Lupa nggak tuh caranya?

7. Sumpah ini gampang banget, tapi hati-hati jangan sampai terkecoh! Jawabanmu berapa coba?

soal 7

soal 7

8. Kalau kamu tahu kemana uang $ 1 -nya, kamu benar-benar cerdas! Hati-hati pusing ya pas coba mengerjakannya.

9. Yang ini juga udah terkenal nih! Waktu itu ngerjainnya pakai aljabar atau pakai akal-akalan?

soal 9 via rumuspintar.com

10. Cuma pecahan ini, masa nggak berani nyoba. Katanya udah 17+ nih, masa nggak bisa? Hihihi…

11. Ini kejadian sehari-hari, coba hitung sambil bayangin, kata guru matematika jawabannya 46, kalau kamu berapa?

Advertisement
soal 11

soal 11 via twitter.com

Ada beberapa orang di dalam kereta. 19 orang turun di pemberhentian pertama dan 17 orang naik. Sekarang di dalam kereta ada 63 orang. Ada berapa banyak orang saat kereta diberangkatkan?

Nggak usah ribut dan berdebat jawaban yang benar apa, karena kebenaran hanya milik Tuhan semata. Sudah berusaha menghitungnya hingga kepala berputar, cukup membuktikan kalau kamu pekerja keras. Tapi kalau kamu berbagi jawaban-jawabanmu di kolom komentar, kayaknya seru juga nih… 😀

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Ceritagrammer

17 Comments

  1. Andre di'Rimdius berkata:

    Untuk soal no 8, itu soalnya yang gak benar. Kenapa harus ditambahkan sisa utang dengan sisa uang. Sama aja soalnya kaya, pinjam 50 dari A dan 50 dari B, lalu membeli baju seharga 97rb, jadi sisa kembaliannya 3rb. Uangnya jangan dulu dikembalikan jadi utang maaih tetap 50rb ke A dan 50rb ke B. 50+50 = 100. Jadi ditambah dengan 3rb yg ada pada kita totalnya 103rb. Ajaib ada tambahan 3rb. Jadi intinya, kenapa bisa ada tambahan 3rb itu atau kenapa 1 dolar bisa hilang, jawabannya adalah "karena pikiran para penghitung terikut cara yang salah dan menjebak".

  2. Muhammad Fauzi berkata:
  3. Fitra Wahyudi berkata:

    aku juga punya soal bikin bingung nih aku kasih soal 7000/200000-2000000

  4. Fabio Wendo berkata:

    No.2 jawabannya 50 (7+7÷7+7×7-7=7+(7÷7)+(7×7)-7=7+1+49-7=50

  5. Mpe Situmorang berkata:

    Soal 10
    9 – 3 ÷ 1/3 + 1 = ?
    9 – 3 × 3 +1
    9 – 9 + 1
    = 1

  6. Mpe Situmorang berkata:

    Soal no. 2
    Versi simple
    7 + 7 ÷ 7 + 7 × 7 – 7 = ( ? )
    Jawaban =
    1 + 49
    = 50 �

  7. Sandhika Yudha berkata:

    No. 11
    Dikarenakan turun 19 lalu naik 17, dapat dikatakan yg turun cuma 2 orang, dan sisanya 63 orang,
    Brrti 63 + 2 = 65
    Jdi jumlah org sbelumnya = 65
    Kurang logis klo jwbannya 46
    Kan lucu klo 46 – 2 = 63
    Peace….

  8. Apel=30/3=10
    Pisang=(18-10)/2=4
    Kelapa=4-2=2
    Kelapa+pisang+apel=2+4+10=16

  9. Azi Farishi berkata:

    No. 9
    1 + 10 + 3 = 14

CLOSE